The Diary Game Season 3 - Better Life 11 April 2021 : Tradisi Meugang

in Steem SEA3 years ago (edited)

Sahabat stemians...

Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya.

Minggu hari 11 April 2021 Masehi bertepatan dengan 28 Syakban 1422 H bermakna H-2 memasuki Puasa bulan Ramadhan. Di daerah kami khususnya atau aceh pada umumnya terdapat tradisi Hari Meugang. Meugang merupakan sebuah tradisi membeli daging sapi untuk dinikmati bersama keluarga atau kerabat maupun bersama anak yatim. Umumnya hari meugang ini adalah H-1 memasuki hari puasa. Tetapi di daerahku umumnya daging meugang sudah mulai dibeli oleh masyarakat menjelang H-2 puasa Ramadhan.


IMG_20210411_082537.jpg


Tak terkecuali aku, Jam 07.00 aku menuju ke pasar daging meugang di pasar kecamatan, banyak sekali masyarakat dari berbagai desa datang ke pasar daging. Aku membeli daging pada seorang teman yang sudah lama sekali berjualan daging di pasar pada hari meugang, kemudian membawa pulang untuk keluarga tercinta.

Disadari atau tidak, hari meugang menjadi ajang silaturahmi handai tolan sanak familily, mengapa tidak, banyak anak yang menjenguk orang tua sambil membawa pulang daging meugang, aku kakak menjenguk adiknya atau sebaliknya.


IMG_20210411_082500.jpg


Jam 10.00 aku pergi ke warung kopi syali yang lokasinya berdekatan dengan pasar meugang. Hari ini aku banyak sekali berjumpa dengan teman-teman yang jarang sekali bertemu. Salah seorang tersebut adalah @bukhairidin, ia adalah steemian yang sudah lama tidak aktif di steemit. Aku mengajaknya untuk ngopi menjelang siang hari ini. Dalam obrolan santai ini aku mengajaknya untuk kembali di steemit. Nampak antusiasme dan keinginan yang kuat untuk kembali berkarya di steemit. Namun ia menyampaikan dalam beberapa minggu masih fokus pada usaha yang baru saja dirintisnya. Insya Allah di pertengahan bulan Ramadhan ini ia akan kembali aktif. Beberapa waktu kemudian @gourdon juga ikut bergabung bersama kami.

Jam 11.00 @binjeclick yang merupakan steemian senior juga ikut bergabung bersama kami. Pembicaraan kami beralih ke topik perkembangan Crypto Currency. Tak waktu zuhur telah tiba. Jam 13.00 kami bubar dan pulang ke rumah masing-masing.


IMG_20210411_103023.jpg


Jam 16.30 setelah shalat ashar, aku pergi ke salah satu warkop yang terdapat di gampong tempat aku tinggal. Selain tidak kegiatan yang urgen, aku ingin bersilaturahmi dengan warga desa terutama dengan teman-teman yang pulang dari tempat perantauan. Ramai teman segampong yang ada di warkop ini, setelah obrolan santai tentang keadaan keluarga dan perkebambangan desa, jam 17.30 aku pamit pulang.


IMG_20210411_104008.jpgBersama @bukhairidin dan @gourdon


Jam 20.30, bakda isya aku kembali ke pasar meugang, malam ini di tempat kami adalah puncaknya pasar meugang. Setelah berkeliling melihat harga pasaran daging meugang, aku mampir di warkop kopi syali. Tak seperti malam sebelumnya, malam ini warkop ramai dan penuh. Aku hanya kebagian kursi cadangan dan bergabung semeja dengan teman-teman. Nampak @gourdon telah duluan hadir.
Kami kembali mengajak dormant @barindo dan anshar untuk kembali bergabung di steemit. Beliau menyampaikan kemungkinan akan mendaftarkan akunnya pada H1 ramadhan. Tak lama kemudian pesanan mie @anshar telah dihidangkan di meja. Tanpa menunggu lama segera menyantap mie aceh yang gurih ini. Jam menunjukkan pukul 23.45 ketika kami bubar untuk pulang ke rumah..

inilah diaryku hari ini. .

Ucapan terimakasih untuk @radjasalman, @heriadi, @el-nailul, @anroja, @ernaerningsih, @nazarul, @muzack1, serta teman-teman steemit lainnya

ABOUT ME

Follow Me @nadilchairi

Sort:  

Postingan yang mempunyai nilai history yang tinggi, Saluem Aneuk nanggroe

 3 years ago (edited)

Tradisi Meugang adalah tradisi Aceh dari jaman kerajaan Iskandar Muda. Padek sie meugang daerah Droen 1kg...?

Terimong geunaseh tgk. Harga bak kamo 1.3 SBD

 3 years ago 

Ha ha ha, jet pakai SBD. Mantap

 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63103.76
ETH 2556.80
USDT 1.00
SBD 2.82