BETTER LIFE-THE DIARY GAME (06-JULI-2021). Jangan sia-siakan waktumu.

in Steem SEA3 years ago

IMG_20210702_184922.jpg

sore di dayah

Langkah demi langkah yang dilalui tak luput dari keseharian yang kita habiskan kan untuk melakukan berbagai aktifitas, baik itu bekerja atau cuma rebahan sambil main handphone, dan keseharian itu ada kalanya lebih baik kita pergunakan ke hal-hal yang lebih bermanfaat bagi kita sendiri dan bagi orang sekitar kita.

Di pagi yang cerah saya luangkan sedikit waktu untuk memulai aktifitas menjaga sebuah koperasi yang emang sudah tugas keseharian saya sebagai karyawan di sebuah koperasi dayah Ummul alAyman 3, dengan keadaan koperasi yang emang seadanya mengingat koperasi darurat jadi bagi pekerja harus menguras tenaga lebih gigih dalam segi penjagaan, yang emang koperasi tak dilengkapi dengan keamanan seperti dinding yang tebal, akan tetapi koperasi kami terbuka lebar bagi yang niat baik ya ambil barang tarok disitu lalu pergi, kalau bagi si yang ada niat jahat ambil barang langsung turun, jadi begitulah keadaan koperasi darurat kami yang mereka beri nama dengan koperasi terapung.

Berselang beberapa saat, dengan berganti nya jam maka bergantulah aktifitas yang tadi nya saya habis kan waktu di koperasi, sekarang sudah masuk kedalam kegiatan selanjutnya yaitu mengaji, murid-murid yang tadi nya berserakan di halaman dayah sekarang mereka pada berkumpul di sebuah ruangan yang ditetapkan kepada mereka menurut kelas masing-masing, ada juga yang dari mahasantri mereka pada berhamburan keruangan mereka untuk mengikuti mata kuliah yang tempat nya juga berada di sekitar komplek dayah.

Pengajian santri berlangsung dengan waktu satu jam setengah, dengan berbagai macam kitab, taapi kami fokuskan di kitab fiqh karena mengingat fiqh ini sangat rentan terjadi di kehidupan sehari-hari kita, seperti solat bersuci dan lain sebagainya, dan mereka juga belajar ilmu alat atau ilmu pembantu dalam mereka mempelajari kitab gundul seperti Nahu, saraf, bayan, balagah, dan lain sebagainya. sedangkan bagi mahasantri mereka belajar mata kuliah bersama dosen dari berbagai macam daerah, dikarenakan guru dayah Ummul Ayman tidak memiliki titel magister semua, jadi membuat kampus dayah kami harus menyewa jasa mengajar dari dosen luar.

IMG_20210706_112709.jpg

IMG_20210706_112701.jpg

kantin terapung

Setelah mengikuti belajar ditempat mereka masing-masing tepatnya jam 10:30 bagi santri mengikuti solat zuha secara berjamaah, mengingat kami dayah yang emang mengwajubkan solat zuha, dikarena kan manfaat yang begitu besar, terkhususnya di mudahkan akan segala rezeki kita oleh Allah dengan mengerjakannya, seuasi solat santri pun para berhamburan keluar dari mesjid dan mereka pun melanjutkan aktifitas mereka masing-masing, ada yang pulang kebileknya untuk tidur, ada pula yang berbelanja kebutuhan mereka, saya pun bertugas seperti biasanya menjaga atau duduk di koperasi sebagai karyawan.

Setebgah jam berlalu atau tepatnya jam 11:30 saatnya bagi santri untuk istirahat siang atau kailulah, saya pun pergi ke Bank Aceh untuk menyetor uang saya untuk saya tabung disana, saya melihat antrian yang sangat panjang membuat saya malas menunggu, dan saya pun ke brilink untuk menyetor disana.

IMG_20210706_175403__01.jpg

transfer

Sepulang dari Bank saya pun melanjutkan istirahat siang saya di bilek tercinta, sampai-sampai saya tertidur sebatang (bahasa Aceh) saya pun terbangun jam 4:35, membuat saya meninggalkan aktifitas belajar bersama waled, dan saya pun pergi ke tempat wuzu' untuk mengambil wuzu' dan melakukan solat asar dan kaza zuhur, dan sayapun pergi mencari makanan untuk mengisi perut saya yang kosong karena emang saya belum makan siang. sekian diary saya hari ini.


Salam @Murtaza97
📷 PictureSmartphone
ModelOnePlus3
Android9
Photographer@murtaza97
EditLightroom
LocationAceh, Indonesia
Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68140.53
ETH 3250.90
USDT 1.00
SBD 2.65