#club5050 - The Diary Game {Minggu, 3 April 2022} | hari pertama melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan

in Steem SEA2 years ago

20220403_221538.png

Assalamualaikum sahabat steemit semuanya apakabar kalian semua semoga selalu dalam keadaan sehat selalu, kembali lagi dengan saya @munawar0 yang akan membagikan kisah keseharian ku di platform steemit yang sangat hebat ini.

Pada tanggal 03 April 2022 adalah hari yang paling istimewa bagi seluruh umat Islam karena pada hari ini adalah hari pertama melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan. Bulan suci Ramadhan adalah bulan keberkahan dan juga bulan di lipat gandakan pahalanya apabila berbuat kebaikan. Dan juga bulan suci Ramadhan kita melatih hawa nafsu dari berbagai macam seperti menahan diri dari makan dan minum,menahan diri dari berkata kepada orang lain dan banyak lainnya yang itu merupakan semua adalah untuk kebaikan.

Malam sahur pertama saya bangun pukul 3.50 wib langsung pergi kekamar mandi untuk mencuci muka dan sikat gigi tujuan untuk makan sahur bersama keluarga. Untuk makanan nya sudah di siap kan langsung oleh ibu saya sendiri, kami langsung memakan nya dan juga tidak lupa untuk berniat puasa Ramadhan sebelum masuk nya imsak, bunyi niatnya adalah : نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

IMG_20220403_112407.jpg

Dan setelah makan sahur bersama keluarga kami pun bersiap siap untuk pergi ke mesjid sholat subuh secara berjamaah, di bulan suci Ramadhan sholat subuh berjamaah sangat ramai orang karena habis sahur langsung pergi ke mesjid tidak langsung tidur. Setelah sholat subuh ada ceramah singkat sekitar 10 menit setelah itu baru pulang kerumah masing-masing untuk beristirahat.

Saya sampai rumah tidak langsung tidur tapi saya menonton sebentar, baru saya tidur adalah pukul 6.25 wib. Dan kembali terbangun di jam 11 siang, habis itu saya duduk sebentar sambil melihat ibu mengupas kulit pinang yang kami kutip kemarin di kebun. Dan jam pun sudah menunjukkan pukul 12 wib saya pun langsung mandi dan bersiap siap sholat dhuhur berjamaah di mesjid. Pas sampai di mesjid saya juga berjumpa dengan @teukuipul87 dan @siandi yang juga sholat berjamaah di masjid.

IMG_20220403_131952.jpg

Habis pulang sholat saya pun disuruh oleh abg untuk pergi ke toko atk untuk menggantikan abg saya yang istirahat sekarang. Saya pun duduk sampai jam 15.00 wib lalu Abang saya yang menjaga laginya. Saya mencoba istirahat tidur sebentar karena sangat mengantuk sekali.

Sorenya biasa kami jalan jalan dengan motor ngabuburit tapi sore ini tidak bisa karena faktor cuaca hujan. Tapi sangat bersyukur karena Allah menurunkan Rahmat hujan sehingga puasa berjalan lancar dengan suhu udara yang sangat dingin. Saya pun duduk di Keude dari siang sampai sore tidak pergi kemana-mana dan pukul 18.15 wib saya pun pulang kerumah karena hampir masuk waktu berbuka puasa.

Dan malam nya tidak lupa untuk sholat tarawih berjamaah di masjid dan setelah tarawih juga untuk bertadarus di masjid. Kita harus memperbanyak amal ibadah di bulan yang sangat mulia ini. Dan mungkin karena udah lama tidak posting saya gak kaku dalam penulisan mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mohon dukungan teman teman semuanya.

Ucapan terima kasih, saya ucapkan kepada seluruh Kakak admin @steem.sea serta semua teman-teman yang tergabung dalam komunitas yang luar biasa ini.

Terkhusus Kepada :
@steem.sea
@steemseacurator
@steem.amal
@anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58445.33
ETH 3158.42
USDT 1.00
SBD 2.22