The Diary Game | Kamis, 16 November 2023 | Motor Hilang KompresisteemCreated with Sketch.

in Steem SEA8 months ago (edited)

Assalamualaikum,
Salam sejahtera untuk kita semua,

IMG20231116100725.jpg
di depan Snappy Setiabudi

Pagi ini cuaca begitu cerah, sekitar pukul 8 pagi setelah selesai aktivitas rutin saya membuka aplikasi SOBAT BPS karena hari ini adalah jadwal yang saya pilih untuk mengikuti tes uji kompetensi. Tes nya ada 30 soal dengan durasi penyelesaian selama 60 menit. Tak begitu sulit. Lebih banyak soal cerita matematika dasar. Sekitar 30 menit kemudian saya selesai mengerjakan semua soal dan semoga saja lolos.

IMG_20231116_200301.jpg
selesai menjawab tes kompetensi

Setelah itu saya mulai menyalakan aplikasi grabdriver dan pergi menuju SPBU untuk mengisi bahan bakar. Kemudian lanjut pergi menuju ke basecamp. Sekitar pukul 09:55, saat melintas di jalan HOS Cokroaminoto, masuk sebuah order grabbike dengan titik jemput di Adorama Menteng Central. Penumpang menggunakan dua lokasi tujuan, yang pertama ke Snappy yang ada di Setiabudi dan tujuan kedua kembali ke Adorama.

Saya harus sedikit melawan arah menuju ke Adorama karena lokasinya terlewat. Setelah sampai di Snappy saya menunggu beberapa menit kemudian kembali mengantarkan penumpang ke Adorama. Kira-kira 20 meter sebelum sampai Adorama motor tiba-tiba mati disaat jalanan sedang macet. Motor pun hidup kembali setelah cukup lama saya starter dan lanjut mengantarkan penumpang sampai Adorama.

IMG20231116102551.jpg
mogok🙃

Setelah menyelesaikan orderan itu saya melanjutkan perjalanan menuju ke basecamp. Saat di lampu merah Jl. Sutan Syahrir menuju ke Jl. H. Agus Salim motor kembali mati dan tak bisa dihidupkan. Dalam hati membatin "hhm.. kompresinya lagi sepertinya". Untung disebelah saya ada driver gojek yang mau men-stut motor hingga ke pinggir saat lampu sudah hijau. Saya menaikkan motor ke atas trotoar dan membuka tutup bensin.

Saya menghubungi Monik, seorang sepupu yang juga teman nongkrong, dulu pernah kerja bareng juga di salah satu bengkel resmi Yamaha di Bekasi dan dia sebagai kepala mekaniknya. Sekarang dia beralih profesi jadi driver grab dan shopee. Sambil menunggu mesin motor agak dingin saya mengobrol dengannya menceritakan kondisi motor, dan dia menyuruh saya untuk datang kerumahnya. Hampir 20 menit saya diamkan motor dengan kondisi tutup bensin yang terbuka. Kemudian saya coba nyalakan dengan starter sambil dibantu engkol juga. Alhamdulillah motor hidup kembali dan saya langsung menuju ke rumah Monik.

Sekitar pukul 11:30 saya sampai dirumah Monik. Setelah ngobrol sejenak dia mengajak saya untuk membeli part yang dibutuhkan. Kami menuju Bengkel Jaya Motor Kalimalang untuk membeli sil klep dan Oli mesin. Kemudian pindah ke Dunia Sepeda Motor untuk membeli paking, lalu pindah lagi ke Toko Biru Laut yang juga ada dijalan Kalimalang untuk membeli karbu cleaner. Setelah membeli semua barang itu saya kembali kerumah Monik dan dia mulai membongkar motor saya.

IMG20231116124400.jpg
Monik masih sedang melepas baut

IMG20231116130028.jpg

IMG20231116141616.jpg

Ribet juga memang kalo sudah turun mesin. Untungnya Monik punya peralatan cukup lengkap, dia memang berencana mau buka bengkel umum tapi masih terkendala modal. Setelah beberapa lama akhirnya mesin motor pun terbongkar dari posisinya. Jam sudah menunjukkan pukul 14:20 saat dia mulai membersihkan bagian-bagian mesin motor yang sudah di copot. Cukup lama juga prosesnya karena endapan lumpur sisa oli mesin yang cukup banyak menempel.

IMG20231116135250.jpg
setelah dibersihkan

Setelah semua bagian mesin bersih dia mulai menyekir klep motor. Hingga akhirnya semua proses selesai dan mesin pun kembali dipasang. Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore saat motor saya sudah rapih kembali. Tinggal satu proses lagi yang harus dilakukan, dan harus ke bengkel karena dia belum punya alatnya, diagnostic tool, untuk menyetel langsam gas motor. Setelan gas harus di reset karena terlalu besar. Suara saat dihidupkan seperti sedang di gas.

IMG20231116172620.jpg

IMG20231116173121.jpg
setting gas dengan diagnostik tool

Kami pun pergi menuju Galaxi Motor di Bekasi Selatan menemui Iwan, seorang teman yang juga seorang mekanik disana. Karena kondisi jalan yang cukup macet, kami tiba disana menjelang adzan mahgrib. Setelah Maghrib Iwan mulai menyalakan laptop dan kemudian dilanjutkan oleh Monik yang mulai memasukkan data ke aplikasi. Hanya beberapa menit saja setting langsam gas motor pun selesai. Kondisi motor pun kembali normal. Alhamdulillah.

Sekitar pukul 7 malam saya pulang kerumah dan langsung bersih-bersih dan berwudhu untuk sholat isya. Kemudian membuat segelas kopi hitam dan duduk santai di kamar sambil menulis diary hari ini.

@MULDOANG
20220118_132027.gif

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

You've got a free upvote from witness fuli.
Peace & Love!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57431.51
ETH 3085.99
USDT 1.00
SBD 2.35