The Diary Game (10 April 2024) - Idul Fitri di Rantau

in Steem SEA2 months ago (edited)


WhatsApp Image 2024-04-11 at 05.57.27 (1).jpeg


Beberapa jam berlalu, Awal syawal dimulai hari ini. Aku baru saja terbangun dari tidurku. Biasanya aku menyantap makan sahur, namun pagi ini berbeda. Tidak ada lagi budaya sahur, karena Pagi ini aku ikut melaksanakan Idul Fitri di Kota Yogyakarta. Aku salat shubuh di Mesjid Syuhada. Jamaah tampak tak sebanyak saat Ramadhan. Mungkin sudah banyak yg pulang ke kampung halaman. Hanya 1 shaf sekitar 10-15 orang. Lalu, selanjutnya aku mandi terlebih dahulu karena sunnah sebelum melaksanakan Salat Ied untuk mandi dan makan ala kadar.

Aku berangkat menuju lapangan utama tempat pelaksanaan shalat Ied di Graha Sabha Pramana UGM. Tepat berada di samping Gedung rektorat UGM. Aku kesana bersama beberapa rekan asrama. Salat dimulai saat pukul 6.30 WIB. Tampak suasana lapangan sudah mulai dipadati oleh banyak orang terutama masyarakat Yogya yang umumnya dari kalangan akademisi. Ini momen pertama kali aku melaksanakan salat Ied di lapangan terbuka.

WhatsApp Image 2024-04-11 at 05.57.29.jpeg

Suasana Salat Ied di GSP

Pengisi khutbah pada salat Ied kali ini adalah Prof. Mahfud Md. Saya juga baru tau ternyata Md itu adalah Mahmudin. Sangat menarik terkait isi khutbah yang disampaikan oleh beliau. Mengenai teknologi dan Pendidikan. Ummat Muslim pernah mengalami masa-masa kejayaan pada abad pertengahan, Dimana pada masa itu banyak ilmuan-ilmuan muslim yang turut berkontribusi untuk perkembangan teknologi dunia. Salah satunya ada Al Khawarizmi yang telah menemukan logaritma dan bilangan sehingga memberikan sumbangsih terhadap teknologi computer saat ini. Algoritma itu sendiri diambil dari nama Al Khawarizmi yang di kemas dalam Bahasa barat. Ungkap Prof. Mahfud.

WhatsApp Image 2024-04-11 at 05.57.27.jpeg

Foto bersama rekan-rekan Aceh Asrama Ponco

Selesai melaksanan Salat Ied dan mendengarkan khutbah, aku menikmati euforia selesai salat di halaman GSP. Mengambil beberapa gambar dengan teman-teman sebagai kenang-kenangan lebaran di rantau. Bisa dibilang banyak juga mahasiswa Aceh yang ikut salat Ied di lapangan GSP. Tapi kondisi fisikku terasa hampir demam. Mungkin karena daya kejut dan pengaeuh psikologi yang membuatku ingat kampung halaman.

WhatsApp Image 2024-04-11 at 05.57.28.jpeg

Rekan-rekan kuliah satu Sumatera

Lalu aku kembali ke asrama untuk saling bermaaf-maafan dengan rekan-rekan asrama lain yang sudah lebih awal sampai. Kami saling menikmati hari bahagia layaknya keluarga sendiri saat di rumah. Sambil menikmati kue Khong Guan dan minuman. Kami saling sapa menyapa dan menikmati suasana lebaran di rantau.

WhatsApp Image 2024-04-11 at 06.00.12.jpeg

Bercerita sambil menikmati makanan & minuman

Taklama setelah itu, kami pergi ke Kinantan tempat makan lontong Medan yang sangat recommended terutama di kalangan mahasiswa Aceh. Walaupun kondisi fisik terus menurun, aku memaksakan untuk pergi ke sana. Tempat tersebut umumnya banyak dikunjungi oleh rekan-rekan Aceh yang lain dari tahun ke tahun setelah lebaran.

WhatsApp Image 2024-04-11 at 05.57.27 (1).jpeg

Menikmati Lontong Medan di Kinantan

Puas menikmati lontong, aku kembali ke asrama dan beristirahat hingga malam pun tiba. Tidak ada kegiatan yang kuagendakan malam mini. Lagipula aku juga sudah mulai demam dan flu. Selesai makan aku meminum obat yang telah kusediakan jauh-jauh hari jika keadaan darurat.

Sort:  
 2 months ago 
Club5050
DescriptionAction
Plagiarism-Free✅️
Bot-Free✅️
Verified User✅️
Beneficiary Rewards❌️
Support burnsteem25❌️
Voting CSI2.4

Terima kasih telah berbagi bersama di sini

 2 months ago 

Semoga ilmunya nanti berkah, walau pun harus berleberan yang jauh dari keluarga, namun dengan adanya persatuan antar mahasiswa bisa menjadi keluarga di perantauan. Semoga suasana perantau juga menjadi kenangan suatu hari nanti, dan terciptanya keluarga yang baru.

 2 months ago 

Aamiin terimakasih motivasinya pak @bahrol

 2 months ago 

Aamiin, sama-sama

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 65348.61
ETH 3557.74
USDT 1.00
SBD 2.45