The Diary Game - Betterlife (Rabu, 26 Mei 2021) - Khanduri Blang

in Steem SEA3 years ago

Hallo sahabat steemians,
Apakabarnyaa hari ini? Semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

IMG20210526193911.jpg
Menikmati Hidangan Khanduri Blang

Pagi ini aku bangun pukul 05.45, ke kamar mandi mencuci muka dan berwudhu untuk melaksanakan shalat subuh. selepas shalat aku tidak melanjutkan tidur lagi karena semalam tidur awal, jadi sudah sangat cukup nyenyak. lalu keluar rumah bentar untuk menghirup udara segar, serta sedikit melakukan gerakan senam dan jalan-jalan mengelilingi komplek.

Pukul 07.40

aku kembali ke rumah untuk istirahat sebentar, lalu pergi ke dapur memasak sesuatu untuk dapat sarapan di pagi hari ini. sehabis sarapan mencuci piring kotor bekas ku makan tadi dan mengelap dapur, seta membersihkan seisi rumah. oh iyaa, tadi terdengar suara dari toa meunasah yang berisi pengumuman khanduri blang (khanduri sawah) serta doa bersama yang akan dilaksanakan nanti malam di meunasah. Untuk diketahui, khanduri blang ini adalah adat budaya masyarakat aceh yang turun temurun dilakukan sebelum turun ke sawah untuk bercocok tanam.

IMG20210526104829.jpg
Membeli sayur-sayuran di pasar

Pukul 10.10

Aku disuruh oleh ibuku ke pasar membelikan keperluan untuk khanduri blang yang nantinya dimasak dan dibawa ke meunasah. lalu aku bersiap-siap mengganti pakaian dan tancap gas ke pasar dan tak lupa ku mengambil daftar belanjaan yang ditaruh oleh ibuku di atas meja. sampai di pasar, aku membeli daging ayam, sayur-sayuran, rempah-rempah, serta buah-buahan dan kue martabak selai.

IMG20210526110742.jpg
Membeli daging ayam

IMG20210526113935.jpg
Membeli martabak selai untuk dimakan sampek rumah

Pukul 12.15

Aku bawa pulang belanjaan yang tadinya ku beli di pasar untuk di masak oleh ibuku sambil juga membantu sedikit. waktu dzuhur sudah masuk dan adzan pun udah berkumandang dari toa meunasah, lalu aku bersiap-siap untuk shalat berjamaah. lepas shalat duduk sebentar sambil membaca quran, sekitaran 15 menitan aku baca quran. lalu bergegas pulang ke rumah makan siang bersama keluarga. sehabis makan, aku beranjak ke rumah kaka yang tak jauh dari rumahku hanya untuk melihat keponakan kecil dan bermain dengannya (heheh). Keponakanku ini namanya Arsyad, dia ini cukup lucu nan imut, walaupun laki akan tetapi selow kali (gak banyak merengek) malahan terdiam santai. setengah jam bermain dengan keponakan tetiba hujan pun turun, membuat ku merasa ngantuk tak karuan. lalu ku kasih kekasih ke mamanya dikarenakan mata ku sudah mulai tertutup ingin beristirahat dan tertidur pulas lah aku di kursi tamu.

IMG20210526135841.jpg
Keponakanku yang sangat selow 😂

Pukul 17.30

Hujan masih turun gerimis, aku terbangun dari tidur siang ku menuju sore. termenung beberapa menit dan teringat belum shalat ashar, kemudian aku pulang ke rumah, ke kamar mandi mencuci muka dan berwudhu untuk melaksanakan shalat. selepas shalat, ke halaman belakang untuk memberikan pakan ayam, karena sudah waktunya untuk memberikan anak-anak ayam makan. setelah itu, masuk kembali ke dalam rumah membersihkan diri dan bersiap-siap untuk ke meunasah sambil membawa rantang/hidangan khanduri.

IMG20210526174500.jpg
gerimis

Pukul 19.00

Setelah shalat magrib berjamaah, kami memanjatkan doa bersama yang di pimpin oleh tgk imum gampong. kurang lebih setengah jam berdoa, lalu melanjutkan makan bersama yang telah diwabawan tadi oleh masyarakat gampong.

IMG20210526191212.jpg
Doa dipimpin oleh Tgk Imum

Sehabis makan, membersihkan sisa makanan yang tercecer di lantai meunasah dan membersihkan piring kotor bekas makan sampai bersih. setelah membersihkan semuanya, duduk bentar di meunasah dan waktu isya sudah masuk di adzan kan oleh bilal meunasah. bergegas mengambil wudhu, lalu shalat berjamaah yang di imamkan oleh tgk imum gampong.

IMG20210526193908.jpg
Saat menyantap hidangan bersama

Pukul 20.35

Pulang ke rumah setelah shalat isya, tetiba dihubungi oleh @zaky.fuadi diajak ngopi di warkop asaina, lalu aku bersiap-siap dan go kesana. disini kami membahas banyak hal mengenai dunia steemit yang dimana banyak hal yang tidak tau menjadi tau.

IMG20210526212909.jpg
Ngopi bareng @zaky.fuadi, @isman.putra dan @dausmini

Pukul 23.00

Kami langsung bubar berangkat pulang ke rumah masing-masing, mengingat masih di berlakukan nya lockdown bagi warung kopi. yang dimana aktivitas berkurumunan di warkop hanya boleh dilakukan sampai pukul 23.00, jika malanggar maka akan kena saknsi. huhuhhu 😅😥😂🤣

Sekian diary saya hari ini dan terimakasih untuk sahabat steemians yang telah menyempatkan waktu luang untuk membacanya.

Salam @mrys

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57684.49
ETH 2343.76
USDT 1.00
SBD 2.36