The Diary Game | 14 April 2022 | Ramadhan Kareem - Bubur Kanji Rumbia

in Steem SEA2 years ago

Hallo sobat steemians semua,
Apakabarnyaa hari ini??
Semoga baik-baik saja dan di mudahkan segala aktivitasnya . . .

IMG20220414165122.jpg
Bubur Kanji Rumbia


Sebelum memejamkan mata untuk tidur, aku menyetel alarm sahur dan sempat mengscrol sosmed di smartphone, tidak terlalu lama, melainkan hanya beberapa menit dan tanpa kusadari mata pun terpejam begitu saja hingga terlelap tidur pulas.

Pukul 04.00wib, suara alarm begitu keras berbunyi, aku langsung bangkit dari kasur menuju ke kamar mandi mencuci muka. ibuku sudah bangun duluan mempersiapkan makanan sahur di dapur, aku membantu beliau dalam mempersiapkan hidangan sahur. kemudian, aku membangunkan anggota keluarga untuk makan sahur bersama. sebelum waktu imsak tiba, aku sempat meminum beberapa gelas air putih. adzan subuh sudah berkumandang dari toa mesjid, aku segera mengambil wudhu dan melaksanakan shalat subuh. sesudah shalat, membacakan Al-Qur'an hingga beberapa halaman,. dan mata mulai puyeng, langsung merebahkan diri ke atas kasur.

IMG20220414153904.jpg
timphan baloen

Pukul 1 teng, aku sudah terbangun dari istirahat pagi hingga siang. beranjak bangkit mengambil handuk menuju ke kamar mandi mencuci muka, membersihkan diri dan mengambil wudhu untuk melaksanakan shalat dzuhur. seperti biasanya, sesudah shalat mengambil al-quran dan membacakan lanjutan surah tadi subuh.

IMG20220414153901.jpg

Pukul 3, aku membantu saudara ku yang sedang membuatkan kue timphan, yang dimana nantinya kue ini sebagai cuci mulut lepas berbuka. proses pembuatan timphan ini lumayan mudah dan menguras tenaga, karena pengerjaan pertama ialah mengaduk-aduk adonan tepung dan beberapa resep lainnya. kemudian, mempersiapkan olesan selai sebagai perasa di dalam timphan, disini kami hanya memakai rasa srikaya. setelah semuanya beres, termasuk sudah di balut dengan daun pisang alami. saatnya menaikkannya ke atas kompor (proses masaknya ialah dikukus). mungkin sekitar 10 menitan atau lebih, sudah matang deeh timphan baloen.

IMG20220414165240.jpg
Mengambil Kanji Rumbia

Pada setiap sore ramadhan, di mesjid kampung ku pastinya sedang membuat bubur kanji. yang dimana ini menjadi tradisi khas setiap bulan ramadhan dan sudah menjadi cemilan cuci mulut juga hehe. aku segera mengambil balkon kecil untuk mengambil bubur kanji di mesjid. saat tiba di sana, kanji nya sudah mendidih sangatlah matang. beberapa orang sudah mengantri mengambil bubur kanji untuk dibawa pulang. aku juga menyempatkan singgah di penjual pinggir jalan membeli takjil berbuka.

Hidangan berbuka sudah di siapkan semua, kami sekeluarga duduk bersama menunggu waktu berbuka. teng..teng, pengumuman di mesjid sudah terdengar diiringi dengan bunyi serune. adzan magrib pun sudah berkumandang dari toa mesjid, sesudah siap makan berbuka, aku segera mengambil wudhu dan melaksanakan shalat.

IMG20220414003245.jpg
Trongkongan Malam

Setelah selesai shalat isya dan teraweh berjamaah serta berzikir di mesjid, aku segera pulang ke rumah mengganti pakaian. kemudian pergi keluar, tepatnya ke tempat nongkrong di terminal pidie jaya.

Sekian diary saya hari ini dan terimakasih untuk sobat steemians yang telah menyempatkan waktu luang untuk singgah serta membaca diary ini. 🤗 🤗

Salam @mrys

Sort:  
 2 years ago 
DescriptionAction
PlagiarismNo
Club100
Using BotNo
Verified UserYes
Steemexclusive TagYes
Country TagYes
DelegatorYes
Beneficiary RewardsYes

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 64970.70
ETH 3238.82
USDT 1.00
SBD 2.64