The Diary Game 19 Maret 2022 Mengunjungi Kebun Bersama Ayah

in Steem SEA2 years ago (edited)

10% reward post ini didonasikan untuk @steem.amal

Halo semua

Pada kali ini saya akan berbagi cerita kegiatan saya pada hari Sabtu 19 Maret 2022 kemarin. Pada hari itu saya menghabiskan hari di rumah orang tua saya di kampung selama sehari. Selain mengunjungi beberapa keluarga atau kerabat, saya juga pergi ke kebun bersama ayah saya.
Di kebun tersebut, ada banyak sekali tanaman karena ayah saya menerapkan metode tumpang sari. Secara umum, tanaman utama di bagian tengah adalah tanaman jahe merah yang sekarang ini umurnya sudah hampir setahun. Selain jahe merah, tanaman lainnya ada cabe di sela-sela tanaman jahe tersebut. Hal tersebut memungkinkan karena lahannya ditutup dengan mulsa plastik sehingga gulma pun terhambat perkembangannya.

IMG20220319162522.jpg

Di bagian pinggir, ada tanaman bunga mawar yang setiap 1-3 hari dipanen. Tanaman tersebut umurnya sudah sangat tua, mungkin puluhan tahun. Akan tetapi dengan perawatan, pruning dan pemupukan teratur, maka tanaman masih produktif hingga sekarang dan bisa rutin panen bunga mawar, baik mawar merah maupun mawar putih. Biasanya mawar ini dipetik setiap pagi hari supaya kesegaraannya terjaga ketika dibawa ke pasar untuk dijual. Bunga mawar ini harganya naik setiap menjelang bulan puasa dan lebaran.

IMG20220319162410.jpg

Di beberapa titip, ditanam pisang, baik pisang ambon maupun pisang raja pendek. Pisang raja pendek ini keunikanannya adalah tingginya hanya 1,5-1,8 meter, sehingga sangat mudah memanennya. Sayangnya pisang raja ini memiliki tampilan yang kurang mulus sehngga tidak layak jual. Meskipun demikian, sebenarnya rasanya enak sebagai rasa pisang raja pada umumnya.
Akan tetapi tanaman yang sedang dirawat dengan sangat seksama adalah pohon alpukat. Pohon alpukat ini sudah berumur 2 tahun dan jumlahnya ada belasan pohon. Varietas yang ditanam adalah Wina dan Pluwang, yang merupakan jenis unggul karena buahnya berukuran besar. Saya dan ayah saya mengecek tanaman alpokat ini karena ada beberapa yang mati pada tahun lalu dan akhirnya ditanam ulang. Ada beberapa pohon juga yang perlu disambung pucuk untuk memperbaiki kualitas buahnya.

IMG20220319162337.jpg

Demikian tulisan saya ini. Terima kasih sudah berkenan membacanya.
Thanks to:
@anroja
@radjasalman
@ernaerningsih
@heriadi
@firyfaiz
@steemcurator08
@steem.sea

Regard @mesbakh

Sort:  

Happy every day, upvoted ,see you 😊! witnesses vote for me get daily upvote. Thank you for your support

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 58484.86
ETH 3100.06
USDT 1.00
SBD 2.40