Betterlife - Crafty Content : Tutorial Membuat Rak Bumbu Dapur Kayu Gantung

in Steem SEA3 years ago (edited)

50% payout dari post ini saya donasi untuk @steem.amal

Pada postingan kali ini saya akan mengajak kalian melihat proses pembuatan rak bumbu gantung yang saya buat selama proses pelatihan di BLKI Aceh Utara, bagaimana prosesnya, terus simak postingan hingga selesai.

17.jpg

Instruktur kami menyuruh membuat satu karya dan saya memilih untuk membuat rak bumbu seperti itu karena cukup banyak permitaan dari konsumen menurut yang saya baca di internet jadi merupakan satu peluang jika suatu saat membuat furniture sendiri.

Ukuran rak bumbu gantung ini adalah P = 85cm, L = 15cm, T= 60cm. Ini merupakan ukuran sedang untuk sebuah rak bumbu gantung, rak ini mempunyai 2 ambalan dan sebuah gantungan serbaguna di dasar rak, desain ini saya lihat di internet dengan memodifikasi sesuai dengan keinginan saya.

Sekarang kita masuk ke prosesnya.

Proses Pemotongan

Pada proses ini kita harus teliti dalam memotong komponen karena salah hitung sedikit saja akan berakibat pada ukuran furniture yang kita buat,disini saya perlu 8 komponen dengan ukuran 85cm=4 , 15cm =2 , 60cm=2, dan semua itu harus sesuai dengan ukuran yang telah di sepakati.

2.jpg

7.jpg

8.jpg

10.jpg

Disini saya juga membuat gantungan serbaguna menggunakan bor motiser /bor petak untuk melubangin kayu yang akan dipasang kayu gantung agar kokoh ketika digunakan.

Proses Perakitan

Setelah memotong komponen dilanjutkan dengan perakitan seluruh komponen, disini kita sudah bisa melihat sebuah bentuk dari furniture dalam hal ini rak bumbu gantung.

3.jpg

4.jpg

11.jpg

Proses Amplas

Proses ini menggunakan mesin amplas, tujuannya untuk menghaluskan serat kayu agar mudah ketika melakukan proses finishing.

12.jpg

Proses akhir yaitu Finishing

Ini adalah poses akhir untuk sebuah furniture, disana yang pertama saya lakukan adalah memberi wood filler atau dempul kayu, tujuannya menutupi pori –pori dan meratakan kayu, setelah di dempul saya harus mengamplas sekali lagi untuk menghaluskannya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengecatan furniture, kali ini saya memilih warna putih sebagai warna rak bumbu gantung, karena warna putih masuk ke segala jenis warna interior. Setelah itu jadilah sebuah rak bumbu gantung yang siap digunakan.

14.jpg

15.jpg

Itulah beberapa proses yang harus digunakan untuk menyelesaikan sebuah rak bumbu gantung yang saya buat dengan didampingi oleh instruktur kami di BLKI Aceh Utara. Semoga kalian menyukainya.

Thank you and see you on next Crafty Content.

@trafalgar
@stephenkendal
@etainclub

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61823.88
ETH 2390.97
USDT 1.00
SBD 2.57