Better Life The Diary Game Season 3 (Senin, 16 Agustus 2021) "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati"

in Steem SEA3 years ago (edited)

16 Agustus 2021
Bismillah


images (11).jpeg


Klik


كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ
“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.” (QS. Ali Imran: 185).

Semalam salah seorang anak didik ku menelepon ku. Dia mengabarkan bahwa ibu nya telah meninggal dunia. Aku berusaha menenangkan nya dan memberi nya nasehat agar dia tetap tegar menjalani hidup.

Seperti biasa di pagi senin aku pergi ke sekolah untuk mengajar Daring. Setelah rutinitas zikir selesai. Bapak pembina OSIS mengajak ku untuk pergi melayat ke rumah anak didik kami yang mendapat musibah yang sebelum nya kuceritakan tadi. Aku adalah wali kelas nya. Ku ajak juga dua siswa yang lain. Dan kami pun berangkat pada jam 10 kemudian.

Sesampai di rumah duka, kami mendapati banyak pelayat yang sedang berada disana. Kami menyalami ahli musibah yang tampak sedang bersedih dan kemudian kami duduk. Setengah jam kemudian kami berpamitan kepada keluarga dari anak didik kami untuk kembali lagi ke sekolah.


20210816_100657_copy_4000x3000.jpg

Suasana di rumah siswa ku

Di pertengahan menuju ke sekolah, HP ku berbunyi. Aku mengangkat nya dan menerima kabar bahwa kesehatan ayah ku sedang drop. Jantung ku rasa nya sakit, tapi aku berusaha tegar. Hampir seminggu yang lalu ayah ku memang mengalami stroke dan beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Dan sekarang beliau sedang di rawat di rumah sakit kabupaten sebelah. Ibu sambung ku yang selalu menjaga nya. Aku melanjutkan perjalanan ku ke sekolah untuk mengambil tas dan laptop ku, setelah nya aku berencana langsung menemui adik ku.

Belum lama aku sampai di sekolah, HP ku berdering lagi. Adikku menelepon, dia mengabarkan bahwa ayah ku sudah kembali pada yang kuasa. Aku tidak bisa menahan tangis ku dan terduduk di hibur oleh rekan rekan ku. Kemudian mereka mengantarkan ku ke rumah adikku. Kemudian kami berangkat ke rumah sakit berdua.

Sesampai nya di rumah sakit, jasad ayah ku sudah terbaring kaku. Aku mengungkapkan rasa sedih ku di samping nya dan berdoa untuk nya. Kemudian aku dan adikku segera mengurus prosedur agar jasad ayah ku segera bisa kami bawa ke rumah ayah ku yang lokasi nya cukup jauh dari rumah sakit.

Mobil kami menjadi pemandu ambulan yang membawa jasad ayah ku. Jalanan lumayan agak lenggang dan kami sampai di rumah ayah ku sekitar jam 3 sore. Banyak para pelayat yang sudah menunggu disana. Ayah kemudian di angkat turun dan di semayamkan di rumah nya.

Aku tidak perlu menceritakan bagaimana kesedihan yang ada di ruangan itu, cukup kami yang tau. Satu hal yang ada di benak ku semoga pelaksanaan fardhu kifayah ayah ku berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Ayah ku tidak bisa di shalat kan pada waktu Ashar, hal ini dikarenakan kuburan yang belum selesai di gali. Hujan dan kontur tanah berbatu juga menjadi alasan hal itu terjadi. Akhir nya ayah bisa dishalatkan pada waktu maghrib dan kemudian di bawa ke pemakaman.


20210816_200422.jpg

Pemakaman ayah ku

Selamat jalan ayah.. Walau banyak waktu yang tidak bisa kita lalui bersama. Kau tetap menjadi cinta pertama yang selalu ada di hati ku..

Hari ini aku menyaksi kan dua duka kematian. Semoga aku bisa mengambil banyak pelajaran


Special mention
@anroja @ernaerningsih @radjasalman @nazarul @heriadi


Wassalam,

@lianaayuliana

Sort:  

Semoga husnul khatimah

Amin Allahumma Amin

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Terimakasih banyak 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 65355.67
ETH 3525.27
USDT 1.00
SBD 2.47