The Diary Game - 31 Oktober 2021 : Episode Baru belajar Bahasa Arab

in Steem SEA3 years ago

Assalamualaikum...

Selamat berakhir pekan, sahabat Steemian semua.

Saya ingin share hal yang sedang saya fokuskan. Yaitu belajar Bahasa Arab secara otodidak.

Saat ini saya belajar bahasa arab tanpa dibimbing guru secara khusus, tanpa ikut kursus. Secara saat ini mengambil paket Arabic, jauh lebih mahal ketimbang Kursus english.

Saya memilih sendiri topik yang ingin didalami dan mencoba-coba gaya belajar yang cocok untuk saya.

Karena tak mudah belajar otodidak bagi yang sudah berkeluarga. Menuntut ilmu secara khusus, sementara kepala mulai terpecah dengan berbagai beban dan tuntutan.

Dalam hal ini saya 2 apps di smartphone yang sangat membantu: Ling dan Lingbe

Aplikasi Ling membantu saya dalam meningkatkan mufradat. Disini dibagi berdasarkan level kemampuan : Beginner, Intermediate, advanced, dan expert. kemudian aplikasi menuntut penggunanya untuk menyelesaikan target harian.

Saya sendiri hingga hari ini telah memperoleh 4550 poin dengan pengusaan 116 kata dalam bahasa arab. misi yang telah saya selesaikan rata-rata hanya di hari jumat, sabtu, dan minggu

Screenshot_20211031-131520_Ling.jpg

Kosakata dalam aplikasi ini disesuaikan dengan konteks. Misalnya kita sedang di bandara, kosakatanya apa, di kafe, pakai kosakata apa saja. sangat-sangat membantu hingga hari ini.

Screenshot_20211031-131616_Ling.jpg

Kemudian saya juga berlatih dengan aplikasi Lingbe. Disini saya berbicara langsung dengan native, penutur asli berbahasa arab. langsung praktek dan diajarkan bagaimana pengucapan dan maksud dari yang saya ucapkan.

Screenshot_20211031-132254_Lingbe.jpg

Mudahnya, disini seperti menelpon. lalu diacak lawan bicara yang sedang online.

dan pula tersedia room layaknya aplikasi clubhouse. kalau kita belum jago-jago amat. lebih baik berposisi sebagai pendengar dulu.. kalau level Pede meningkat, bisa bertanya satu dan dua hal.

Baru dua hari ini saya aktif pakai ini aplikasi. langsung naik level 3. Saya berusaha sehari minimal 20 menit berbicara Bahasa arab. Disini rame dari Timur Tengah. Dari Maroko, hingga Meurake.

Bagi yang mau join, silahkan isi code dibawah.. untuk mendapatkan 100 koin lingos. Sangat bermanfaat untuk perbanyak interaksi.

SmartSelect_20211030-224347_Lingbe.jpg

Hingga saat ini, saya lebih tekankan belajar bahasa Arab pada melatih comprehension dan conversation, pemahaman dan percakapan.

Banyak mendengar dan membaca, akan meningkatkan Comprehension. banyak menulis dan berbicara, akan meningkatkan skill conversation. Orang lain akan mudah memahami yang kita utarakan. Kedua aplikasi ini sangat cocok untuk kedua hal tersebut.

Untuk aktifitas lain, hari ini saya sudah menghabiskan 5 video spongebob berbahasa arab, dan ber-subtitle arab, berdurasi 2 menitan. Saya ulang-ulangi video itu… sampai dengan mudah ketangkap meaning tentang yang dibahas. Baru pindah ke video lain.


Disini ada yang sedang belajar hal sama?

Semoga saya dan Anda mendapatkan hasil yang terbaik dalam berproses.

Salam Kenal
@kautsarmuhd


CC : @anroja @ernaerningsih @radjasalman @steemitblfog @nazarul

Sort:  

Semoga bahasa Arab nya lancar bg ya

Terima kasih.. semoga @fahmiam juga sukses setiap hal yg dikerjakan

Aamiin ya allah 🤲🙏
Terima kasih bg

Semoga bahasa Arab nya lancar bg ya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 60035.79
ETH 3187.54
USDT 1.00
SBD 2.45