❤️‍🔥 Folosofi Teras | Review Buku ❤️‍🔥

in Steem SEA3 years ago

Halo sahabat semua ....
Apa kabarnya hari ini ? Tentu saja kita berharap semua baik-baik saja, Kemarin saya memposting tulisan ini dalam bahasa Inggris, namun hari ini saya kembali memposting dengan menggunakan Bahasa Indonesia, baiklah dalam postingan kali ini saya akan merekomendasikan sebuah buku yang saya baca berjudul: "filosofi Teras" atau filsafat stoa/stoism yang ditulis oleh Henry manampiring, mari lihat apa isi bukunya?

Start

Cover Buku Folosofi Teras

Awalnya sambil menunggu hujan reda saya mencoba untuk membaca buku yang sudah lama saya beli, alasannya saya beli buku tersebut untuk mencari solusi kehidupan saat itu saya mengalami sedikit stress dengan keadaan namun keadaan berubah beberapa hari sehingga saya tidak sempat membacanya.

Image

Font Buku

Buku ini akan menjawab sedikitnya dan kekawatiran kecemasan, ketakutan yang kita alami sehari-hari apalagi dalam keadaan suasana di zaman sekarang ini menariknya walaupun filsafat stoa ini ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu filusuf yunani tetapi kalau kita lihat konsepnya masih relevan dengan kehidupan hari ini salah satu kutipan yang saya suka di dalam buku ini yaitu:

if you leave according to what other thinking you will never be rich - Seneca

Jika kamu hidup dengan pikiran orang lain maka kamu tidak akan pernah kaya - Saneca

Itulah salah satu kutipan yang ditulis dalam buku tersebut, lebih kurang bisa saya pahami, "Jika kita hidup dengan pikiran orang lain maka kita tak akan mencapai kekayaan" bukan hanya kekayaan namun kebahagiaan juga akan terenggut, misalnya dalam buku tersebut memberikan contoh kongkrit "seorang perempuan yang sedang menjalin hubungan pacaran, cowoknya menginginkan cewenya berambut pendek sementara perempuan tersebut inginnya berambut panjang, dua hari pacaran si perempuan mengajak tidur dengan cowoknya sementara si cowok bersikeras untuk mempetahankan kesucian sang cewek akhirnya si perempuan hamil dan cowok lari sehinggga meninggalkan perempuan dengan rambut dan perut bunting, tentunya contoh ini adalah salah satu bagaimana hidup dengan pikiran orang lain justru membuat kita jauh dari kebahagiaan.

Nah kembali lagi, buku ini terdiri dari 312 halaman dengan memiliki 12 bab pembahasan dimana bab satunya itu lebih berbicara tentang masalah kekuatiran dalam bab ini bab pwrtama yang udah saya baca di sini lebih kepada bagaimana kita melatih diri mengatasi emosi jangan menariknya si penulis buku ini justru menceritakan keadaan yang dialami dalam hidupnya yang sudah menerapkan falsafah teras sehingga dia bisa keluar dari kekhawatiran, kecemasan ketakutan yang berlebihan serta emosi yang tidak terkontrol.

20210927_130354.jpg

Konten Buku Filosofi Teras

Buku ini langsung memaparkan masalah realitad dalam kehidupan contoh: ketika kita berkendaraan di jalan kemudian kendaraan kita disalip oleh orang serta merta kita emosi dan marah marah bahkan sampai mengejar peneyerobot tersebut padahal kita itu naik skuter sedangkan yang menyalip naik ferrari ....

image

Illustrasi

Saya membeli buku ini setahun di Gramedia dengan harga sekitar Rp. 80 ribuan kalau saya enggak silap. Saya sangat merekomendasi buku filosofi teras ini walaupun saya belum sempat membaca semuanya hanya beberapa bab membaca sangat menarik karena memang menyentuh pola kehidupan kita sehari-hari menyikapi permasalahn sehari-hari yang kita jalani dan saya pikir filsafat teras ini juga berbeda dengan konsep berpikir positif yang coba mengelabui atau menipu apa yang kita rasakan sementara filosofi teras ini lebih kepada bagaimana kita mencoba untuk hidup realistis menyikapi sesuatu berdasarkan realita yang ada sehingga tidak ada ungkapan bahwa kita menipu kita sendiri.

20210927_130535.jpg

📸 picture🎬 Photography
ModelSamsung A50s camera
Android10+
Camere usedHandphone
LocationAceh
Photographer@jasmadiyunus

Nah, itulah postingan saya kali mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada sahabat semua apa beda ada ada sesuatu yang mau ditanyakan ataupun kita diskusikan silakan diberikan komentar di bawah dan jangan lupa kalau misalkan potingan ini menarik silakan diberikan upvote dan terima kasih!

Thank's.png

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 57320.16
ETH 2472.81
USDT 1.00
SBD 2.31