The Diary Game 14 Jan 2023 || Mengantar Linto Baro Dari Aceh Jaya ke Aceh Tamiang

in Steem SEA2 years ago

Assalamualaikum wr wb

Hai sobat....!!!
Salam dengan lafazh assalamualaikum wr wb buat semua sahabat tercinta dimana pun anda berada.

20230114_095719.jpg

Sahabat ku yang baik hati hari ini saya ingin kembali berbagi kepada kalian tentang perjalanan saya antar linto baro dari aceh jaya ke aceh tamiang tepat nya di kecamatan seruway aceh tamiang.

Dimulai dari beberapa hari sebelumnya kami di beritahukan oleh adik saya yang menetap di Lamno Aceh Jaya bahwa tanggal 14 Januari 2023 akan pergi ke Aceh Tamiang bersama rombongan untuk antar linto saudara suaminya dan kami juga diajaknya, pas dengan moment tersebut kebetulan pun saya tidak ada kegiatan lain sehingga kami memutuskan juga ikut bersama. Tanggal 13 Januari 2023 mereka mulai berangkat dari Lamno sekitar jam 10 pagi ditanggal tersebut.

Jam 1 malam memasuki tanggal 14 Januari 2023 mereka khusus 1 mobil rombongan adik saya tiba di bagok, saya bersama keluarga disini tentunya sudah menunggu di rumah dengan persedian apa adanya saja karena dalam rombongan tersebut ada beberapa keluarga saudara adik ipar saya juga.

Malam itu mereka memutuskan untuk istirahat dulu di rumah saya dan besok pagi baru akan kembali melanjutkan perjalanannya, saat mereka sampai kami menjamunya seperti lazimnya adat istiadat orang aceh dengan menyediakan minum kopi dan teh kepada tamu yang baru datang. Kemudian kami banyak sekali mengobrol dengan mereka sampai jam 2 pagi baru kami istirahat.

Tepat jam 4.30 pagi istri saya sudah bangun juga bersama adik perempuan saya untuk membuat aneka masakan untuk sarapan paginya. Jam 05.00 mereka sudah bangun semuanya dan membersihkan diri dengan mandi secara bergantian di rumah saya karena kamar mandi hanya 1 yang diluar sedangkan 1 kamar mandi lagi di kamar privat saya. Setelah selesai semua mereka dan saya juga sarapan bersama sambil ngobrol - ngobrol bersama mereka.

Setelah kami siap sarapan azan pun sudah berkumandang kemudian kami menunaikan shalat subuh. Kami berencana akan berangkat jam 06.00 pagi secara bersama - sama, oya dalam rombongan mobil saya kebetulan kakak saya juga ikut bersama jadi kami pas satu mobil dua keluarga dengan jumlah personilnya mencapai 8 orang termasuk anak - anak kami.

Jam 06.00 tepat kami mulai ngegas mulai kami melakukan perjalanan arah ke aceh tamiang tempat dimana kami akan mengantar linto baronya. Dalam perjalanan ini banyak juga rombongan lainnya yang malam nya mereka istirahat di langsa dan ada juga yang istirahat di kota idi. Jarak yang akan saya tempuh dari bagok ke tempat pesta nya sekitar 120 KM jadi kira - kira akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai kesana.

20230114_090515.jpg

20230114_091244.jpg

Tepat jam 08.00 pagi kami sampai di simpang opak aceh tamiang kemudian kami akan melanjutkan perjalanan masuk ke jalan perkampungan bukan lagi di jalan utama Medan - Banda Aceh. Saya langsung belok ke kiri dari simpang opak kemudian saya telphon adik saya karena mereka masih di belakang kami dan mereka minta agar kami bisa menunggu nya, beberapa menit kemudian mereka pun sampai menyusul kami sehingga kami satu rombongan 2 mobil secara beriringan mengikuti jalan menuju ke kecamatan seruway ke tempat pesta berlangsung.

Dalam mencari alamat rumah yang akan kami tuju pemilik rumah ada mengirim link alamat geogle maps nya sehingga kami menuju ke sana dengan menggunakan peta tersebut hingga sampai di rumah tujuan. Kami sampai disana sekitar jam 08.20 rupanya para rombongan lain juga sudah sampai disana. Kemudian sekitar jam 09.00 pagi acara aqad nikahnya dimulai dengan dipandu oleh KUA setempat dan kami juga hadir disana di ruang akad nikah dilaksanakan.

Screenshot_20230114-090037_Samsung Internet.jpgAlamat rumah menggunakan aplikasi what3words

Setelah aqad nikah selesai kemudian kami kembali ke sebuah rumah yang khusus disewakan oleh linto baro untuk istirahat rombongannya yang dari aceh jaya. Kami istirahat disana sampai dengan jam 12.00 kemudian baru acara intat linto nya dimulai dan acara pesta nya juga dimulai. Kemudian kami bersama para rombongan mulai mengantar lintonya dengan jalan kaki karena jarak nya hanya sekitar 30 meter saja dari rumahnya dara baro.

20230114_095732_001.jpg

Saat acara penerimaan linto baronya kami disambut dengan adat istiadat mereka dimana acara penyambutan linto baro nya dengan sahut menyahut pantun diantara kedua belak pihak antara pihak linto baro dan pihak dara baro.

20230114_114526.jpg

Setelah proses ini hampir berjalan 40 menit kemudian kami baru dipersilahkan menikamati hidangan yang disajikan pemilik rumah di meja makanan. Kami langsung menuju ketempatnya untuk menikmati hidangannya dan linto baro langsung masuk ke rumah untuk mengikuti berbagai agenda adat istiadat setempat sampai dengan makan bersama dengan kerabat kedua mempelai.

20230114_114523.jpg

Tepat jam 02.00 siang kami pulang kembali ketempat kami dengan personil di dalam mobil saya ikut adik saya dan 2 anaknya karena mereka akan mampir lagi di rumah saya. Kemudian jam 3 sore kami sampai dilangsa, saat sampai di langsa anak - anak minta pergi ke water boom di kota langsa. Sementara kami tidak membawa baju ganti untuk anak - anak serta pakaian untuk berenang. Kemudia kami berinisiatif untuk membelinya di toko di kota langsa. Sambil saya menyetir saya melihat dimana ada toko yang menjual pakaian untuk anak - anak dan akhir saya berhenti di salah satu toko untuk mencari pakaian buat anak - anak untuk berenang nantinya.

20230114_134726.jpg

Setelah kami membeli semuanya kebutuhannya barulah adik saya menelpon suaminya bahwa kita akan ke waterboom dulu sebelum pulang, nanti kami pulang menyusul dan bertemu kembali di rumah kemudian adik ipar saya bilang tidak sempat lagi karena mereka harus segera pulang ke lamno jadi langsung pulang saja.

Jadi kami pun membatal kan rencana ke waterboom dan langsung pulang, di dalam mobil rupanya anak - anak benar - benar kecewa karena tidak jadi ke waterbbomnya ada yang nangis dan ada juga yang merepet dimobil. Kemudian saya tetap melanjutkan perjalanannya untuk pulang ke bagok. Dijalan tidak lama kemudian anak - anak sudah pada tidur semuanya dan saya sampai di rumah sekitar jam 05.00 sore.

Setelah kami turun dan masuk ke rumah beberapa menit kemudian baru sampai rombongan adik ipar saya. Setelah mereka sampai langsung mereka pun mengambil barang - barang nya yangbtidak dibawa kesana paginya dan menyiapkan diri untuk segera berangkat lagi melanjutkan perjalannya.

Setelah mereka berangkat saya pun kembali masuk rumah untuk istirahat di depan tv, kemudian saya terjaga karena dibangunkan istri saya karena sudah waktunya mangrib kemudian saya mandi dan menunaikan shalat magrib kemudian saya makan dan istirahat lagi sampe pagi.

Ini lah kisah perjalanan kami hari ini yang dapat saya utarakan dalam tulisan ini semoga ada manfaatnya. Terima kasih buat semua rekan - rekan yang sudah singgah dan menyempatkan diri membaca setiap postingan saya.

Wassalamualaikum wr wb

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
 2 years ago 
Club100
DescriptionAction
Plagiarism-Free✅️
Bot-Free✅️
Verified User✅️
Beneficiary Rewards✅️
Support burnsteem25✅️
Voting CSI11.8

Terimakasih telah berbagi bersama disini.

 2 years ago 

Menu pesta sangat enak,di barengi secangkir kopi hitam..

 2 years ago 

Ia tentu apalagi kopi hitam khasnya aceh tamiang...
Terima kasih sudah singgah di postingan saya kawan.