Burnsteem25||The Diary Game ( September 18 2022 ) || Pulang Kampung Acara Duek Pakat

in Steem SEA2 years ago

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Konten ini disetting 10% for @steem.amal dan 25% for @null

Hai para steemians dimana pun anda berada tetap semangat selalu dalam mencapai impaian anda masing masing

Para steemian semoga selalu sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan tuhan yang maha Esa.

Akhir pekan ini saya ingin berbagi cerita bersama para steemians tentang kegiatan harian saya hari ini. Seperti biasanya aktifitas kita sebagai manusia normal yakni jika menjelang pagi maka mulailah aktifitas kita lakukan. Saat subuh tiba saya dibangunkan oleh isteri tersayang menyatakan bahwa waktu nya shalat subuh telah datang maka saya pun bergegas bangun menuju kamar mandi untuk melakukan wudhu untuk menunaikan shalat subuh. Setelah shalat subuh mata saya tidak bisa tertahankan untuk dipejamkan kembali karena kebetulan malamnya tidur saya agak telat dan saya baru bangun kembali sekitar jam 08.00 Wib itupun karena dibangunkan isteri untuk bersiap siap pulang kampung. Saya bangun mempersiapkan diri mulai dari mandi dan sebagainya, setelah itu saya sarapan bersama anak anak yang telah disiapkan isteri saya.

Jam 09.00 Wib setelah mobil saya panaskan mulailah kami sekeluarga berangkat untuk pulang kampung untuk acara " Duek Pakat " ( Duduk untuk mufakat ) acara ini sudah populer dikalangan masyarakat aceh pada umumnya khusus nya didaerah saya tinggal. Acara mufakat ini khusus untuk melakukan kenduri atau pesta peresmian linto baro dan dara baro atau ada juga mufakat untuk acara sunnatan. Pada acara ini lazimnya semua kerabat atau family akan diundang untuk menyatakan kapan akan dilakukan acara dan berapa tamu yang akan di undang.

Setelah melakukan perjalanan 2 jam sampailah kami pada rumah sanak keluarga kami tepat nya adalah paman dari isteri saya yang rencanya akan melakukan acara peresmian anak nya yang kedua. Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 02-10-2022 untuk intat linto dan acara dirumahnya preh dara baro pada tanggal 04-10-2022 hanya berselang 2 hari setelah intat linto. Saat kami sampai di sambut oleh paman kami dan isteri saya bersama anak anak langsung masuk ke dalam rumah sementara saya bersantai di luar bersama paman dengan menghabiskan dulu sebatang rokok untuk menghilangkan rasa letih saya, dalam kami duduk ngobrol ngobrol bersama paman banyak hal yang kami bicarakan. Setelah lama kami mengobrol tiba lah waktu nya makan siang dan kami rame rame melakukan makan siang bersama. Setelah acara makan siang selesai saya pamit untuk ke mesjid terdekat yakni mesjid kecamatan Tanah Pasir yang lokasinya tidak jauh dari kediaman paman kita karena sudah masuk waktunya shalat zuhur.

20220918_121952.jpg Mengobrol dengan paman

Setelah selesai shalat zuhur saya kembali ke keude tanah pasir untuk mencari seteguk kopi penghilang penat, disana saya banyak jumpa dengan kawan kawan saya dan kami saling mengobrol berbagai isu.

20220918_152933.jpg Menikmati kupi sareng tanah pasir

20220918_164609.jpg Menemani isteri belanja pecah belah

20220918_173347.jpg Kondisi keude Tanah Pasir sore hari

Saat lagi enak nya mengobrol bersama kawan saya, telpon saya berdering dan saya melihat isteri saya menelpon rupanya mengajak saya untuk pergi ke Keude Punteut untuk belanja bahan pecah belah yang sudah direncanakan dari rumah. Setelah pulang dari sana saya bersama isteri pulang kerumah mertua di Gampong Pande untuk istirahat sambil menunggu acara ditempat paman dimulai. Setalah mangrib saya bersama adik ipar dan istri kami pergi ketempat acara duek pakat dan setibanya disana rupanya sudah ramai sekali orang yang datang. Saya pun mulai membantu bantu menyiapkan makanan untuk para tamu yang di undang. Acara duek pakat ini setelah para tamu makan makanan yang disediakan mereka akan memberikan sedikit uang untuk membantu yang punya rumah untuk membuat acara resepsi peresmian putranya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat disini dan sudah menjadi kearifan lokal penduduk aceh.

Dokumentasi acara Duek Pakat

20220918_190652.jpg

20220918_192757.jpg

20220918_192805.jpg

20220918_193917.jpg

Mungkin ini secercah cerita yang dapat saya bagikan kepada para sahabat steemians saya semoga ada manfaatnya...

Amin yarabbal Alamin
Assalamualaikum wr wb.

Dari @ishakaceh

Terima kasih buat para mentor yang telah membantu mengajarkan saya dalam menulis walaupun tulisan saya belum sempurna....

Sort:  
 2 years ago 

Assalamualaikum pak @ishakaceh... Saya pernah dengar kampung pande, itu daerahnya dimana ya pak ? Salam dari saya pak, Firmansyah @wengayo di Depok...🙏

 2 years ago 

Kampung pande di Aceh Utara pak gampong pembuat parang dan pisau Kecamatan Tanah Pasir
Kapung pande di Banda Aceh Juga ada pak

 2 years ago 

Iya benar pak, karena yang saya tahu kampung pande yang di Banda Aceh, berarti kalau yang bapak maksud ini yang ada di Aceh Utara. Baik pak terima kasih atas konfirmasi nya, sehat-sehat dan sukses terus ya pak, Aamiin...🤲🙏

 2 years ago 

Amin.....

 2 years ago 
Your quality content qualifies the TEAM 5 guidelines.
Post InformationStatus
Steemexclusive✅️
Plagiarism free✅️
Verified User✅️
Bot free✅️
Club Status5050

Your post is upvoted using the @steemcurator08 account by @waterjoe. Continue making quality content for more support.

 2 years ago 

Terima kasih pak atas verifikasi dan up vote nya.....

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56768.45
ETH 2391.62
USDT 1.00
SBD 2.28