The Diary Game. Better Life (Kamis, 29 April 2021) : Bermain Sambil Belajar Lebih Asyik!

in Steem SEA3 years ago (edited)

Assalamu`alaikum.Wr.Wb

Halo Sahabat Steemians semuanya. Semoga kita sekeluarga selalu dalam keadaan sehat dan terus bersemangat berbuat kebaikan dalam hidup. Aamiin..

Di postingan kali ini, saya ingin berbagi aktivitas menjadi pemateri dalam kegiatan pendidikan Ramadhan yang diadakan di sekolah saya sendiri. Bagaimana saya merencanakan dan mempersiapkan dengan sungguh-sungguh agar kegiatan lebih bermakna bagi anak didik saya. Ini bukan hal yang luar biasa, tentunya dilakukan oleh guru-guru secara umumnya sebagai bentuk kesungguhannya sebagai seorang pendidik.

Sehari Sebelumnya

Menjadi pemateri untuk kali kedua dalam kegiatan pendidikan ramadhan membuat saya lebih tertantang. Saya ingin menyampaikan materi dengan sesuatu yang berbeda, jangan dengan cara atau strategi yang begitu-begitu saja, pikir saya. Bagaimana menghadirkan suasana yang lebih menyenangkan, siswa menjadi termotivasi dan aktif saat penyampaian materi. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah siswa mendapatkan ilmu sekaligus ilmu tersebut tersimpan baik dalam memori siswa, paling tidak mereka dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan.

IMG_20210502_144317.jpg

Saya mencoba mereka-reka, memasukkan semua ide ide kegiatan dalam imajinasi agar dapat menghasilkan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan tidak menoton. Saya memikirkannya dengan keras, saat berada di sekolah untuk mengecek beberapa agenda kurikulum yang belum selesai pelaporannya, saat sedang beristirahat, menyiapkan makanan berbuka, melakukan pekerjaan rumah. Duh! Benar-benar mengusik pikiran saya, saya ingin yang terbaik untuk penyampaian materi besok. Bukannya saya tanpa persiapan, tapi panitia baru saja menelpon bahwa besok saya mengisi materi dengan tema Keutamaan Ramadhan untuk menggantikan kegiatan persiapan lomba yang akhirnya ditunda untuk minggu selanjutnya.

Baiklah, saya tidak menolak. Apalagi di bulan ramadhan, semoga menjadi amal kebaikan yang berlipat-lipat ganjarannya. Bismillah. Awalnya saya ingin menyampaikan materi dengan powerpoint saja, cara yang paling umum namun tentunya dapat menarik interest siswa apalagi powerpoint tersebut diberikan animasi-animasi yang menarik. Kemudian saat saya berpikir keras untuk menghadirkan suasana yang berbeda, saya teringat kenapa tidak gunakan strategi pembelajaran yang sering saya gunakan saat mengajarkan materi Bahasa Inggris. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran adalah ciri pembelajaran di era digital ini. Lalu, teknologi seperti apa yang akan digunakan dan cocok untuk menyampaikan materi keagamaan tersebut?

Intinya, seharian saya hanya bergulat dengan ide ide yang menari-nari di dalam pikiran akan seperti apa penyampaian materi esok harinya. Mulailah saya menemukan titik terang. Di awal, saya akan melakukan sedikit penyegaran atau ice breaking untuk membuat siswa lebih santai dan siap menerima materi. Dilanjutkan dengan penyampaian materi menggunakan media powerpoint. Dan pada kegiatan akhirnya, saya akan menguji kemampuan siswa dalam memahami materi. Saya akan menggunakan kotak-kotak yang berisikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan materi keutamaan ramadhan beserta dengan jawabannya. Sedikit lega, akhirnya saya tahu harus mempersiapkan dan melakukan apa untuk besok.

IMG_20210501_174339.jpg

IMG_20210501_174316.jpg

IMG_20210501_174207.jpg
Siswa mengikuti aktivitas dengan penuh antusias. Diawali dengan ice breaking, menyimak materi dari powerpoint dan bermain game di www.educandy.com

Konsep sudah saya temukan. Untuk mengeksekusi konsep tersebut, saya merencanakannya besok pagi saja, setelah shalat subuh. Malam semakin larut. Waktunya beristirahat bersama dua anak muda saya.

Pagi Hari, Kamis 29 April 2021

IMG_20210502_101405.jpg
Saya sedang berselancar di google mencari inspirasi game edukatif dan ice breaking.

Pagi-pagi sekali, saya membuka laptop dan mulai mencari website penyedia game-game edukasi. Saya mencoba beberapa game edukatif yang cocok sampai akhirnya saya memilih website www.educandy.com. Ada banyak pola game yang disediakan dan untuk satu item design game edukatif dapat dimainkan dalam beberapa pola game pula. Sungguh mengasyikkan. Saya membuat 16 pertanyaan berkisar bulan suci ramadhan beserta jawabannya. Sekitar 45 menit, game edukatif ini pun selesai dan siap dibagikan ke siswa melalui link yang dapat diakses saat sesi materi nanti.

20210502_150952.jpg
website educandy.com memberikan pola game yang beragam. Patut untuk dicoba oleh guru agar menghadirkan suasana belajar yang asyik.

Saya melihat ke jam dinding, waktu terus bergerak dan saya harus cepat menyelesaikan semuanya. Ice breaking yang akan diberikan pun belum ada. Youtube menjadi andalan saya mendapatkan inspirasi. Saya ketik kata kunci ice breaking, beragam video muncul. Saya mencoba memilih satu inspirasi ice breaking yang seru untuk digunakan nanti. Alhamdulillah akhirnya persiapan penyampaian materi dari mulai inspirasi ice breaking, materi dalam bentuk powerpoint dan game edukatif sudah lengkap siap semua. Saya tersenyum menunjukkan kepuasaan saya. Semakin percaya diri saya menyampaikan materi untuk hari ini.

15 menit lagi jadwal pemberian materi. Saya berberes-beres dan bergegas menuju ke sekolah. Sesampai di sekolah, saya langsung menuju ke ruangan. Ups! Saya telat 10 menit dan meminta maaf ke panitia. Ada rasa malu karena telat, namun harus bagaimana lagi karena semua persiapan penyampaian materi sangat terburu-buru dikerjakan di pagi hari itu juga. Jadi pembelajaran bagi saya untuk ke depan supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi, terutama dalam menjaga kedisiplinan waktu.

Penyampaian materi yang 30 menit melewati waktu yang ditentukan itu pun berjalan dengan lancar. Siswa terlihat bahagia dan sangat aktif mengikuti materi. Di akhir sesi, saya mencoba bertanya-tanya kembali soal-soal yang muncul dalam game edukatif sebelumnya. Wah! Hampir semua siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Syukur alhamdulillah.

Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca kisah saya ini.
Sukses untuk kita bersama.

Salam Terbaik,
@irays

Sort:  
 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Firyfaiz

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66649.04
ETH 3352.77
USDT 1.00
SBD 2.70