BETTER LIFE THE DIARY GAME - JUM'AT, 04 JUNI 2021 : Si Abang, Saya dan Smartphonenya

in Steem SEA3 years ago (edited)

50% reward dari postingan ini diberikan kepada @steem.amal

Sudah hampir seminggu Si Abang tidak diberikan akses untuk menggunakan smartphonenya. Saya tidak secara khusus membelikannya smartphone. Smartphone yang biasa digunakan Si Abang adalah smartphone lama saya dan awalnya digunakan untuk kegiatan belajar dari rumah (BDR) yang dilakukan secara daring di awal masa pandemi tahun 2020 yang lalu.

Sebagai orang tua tentunya kami terus berusaha mengarahkan anak-anak untuk fokus menuntut ilmu dan membekali mereka dengan nilai-nilai kebaikan. Oleh karena itu, kami membuat aturan tentang pembatasan penggunaan smartphone bagi anak. Pembatasan penggunaan smartphone yang awalnya di Hari Sabtu dan Minggu saja sedikit demi sedikit bergeser menjadi hanya 2 jam atau lebih di setiap harinya. Namun sayangnya, tidak tahu persisnya kapan dimulai pembatasan itu menjadi sangat longgar dan kemudian menimbulkan ketegangan di dalam rumah. Pada saat itu saya benar-benar menyadari bahwa Si Abang sudah mulai kecanduan game online, meskipun dapat dikatakan levelnya berada di level *low intermediate*. Keadaan ini tentunya tidak bisa ditolerir.

Keputusan ini diambil dalam keadaan hati yang setengah bimbang dan setengah tega. Hampir saja saya tidak kuat melakukannya terlebih lagi saat Si Abang memberontak dan bersikap kasar karena sudah dicabut hak bermain game online yang telah menghipnotisnya. Saya kuatkan dan tegakan diri, saya hadapi pertentangan yang ditimbulkan, saya yakinkan diri dengan doa-doa berharap Si Abang kembali menjadi anak yang manis berakhlak, rajin membaca dan belajar juga tentunya beribadah, dan penuh kasih sayang. Saat dia sudah mampu bertanggungjawab terhadap kehidupannya, maka pada saat itu kami akan mengembalikan androidnya dan tentu masih dalam kontrol orang tua. Ini komitmen kami, semoga Allah memudahkannya. Aamiin..

WhatsApp Image 2021-06-09 at 17.49.15 (1).jpeg
Abang Syamil menjawab soal-soal matematika di website quizizz ( web permainan kuis interaktif).

Alhamdulillah ketegaan saya membuahkan hasil. Sedikit demi sedikit Si Abang mulai luluh hatinya. Dia mulai bersikap manis, banyak menghabiskan waktu bermain dengan adik dan bundanya, menjawab soal-soal latihan di buku ataupun website dan mulai kembali membaca buku-buku yang sudah pernah dibaca bahkan sampai berkali-kali. Ada satu buku berjudul Gober Bebek dengan jumlah ratusan halaman yang sudah berulang-ulang dibaca, kembali dibaca olehnya. Mungkin dia belum bisa move on sepenuhnya dengan game online, tapi dengan seiring waktu semoga dia bisa memiliki kontrol terhadap kehidupannya dan dipenuhi dengan tanggung-jawab. Aamiin..

WhatsApp Image 2021-06-09 at 21.36.30.jpeg
Buku Gober Bebek dengan ratusan halaman yang sudah lusuh sebab dibaca berulang-ulang oleh Bang Syamil dan Dek Maher.

Hari ini saya mengajak Si Abang ke Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk keperluan mendaftarkan kuliah program magister (S2) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa BPSDM Aceh. Pada awalnya saya merencanakan mendaftar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), namun karena pertimbangan jarak akhirnya saya mendaftar di Unsyiah. Si Abang mengiyakan.

Setelah mengambil nomor antrian dan mengisi memo pendaftaran, saya bergegas ke SDIT Bunayya untuk menjemput Si Adek yang sudah waktunya selesai mengikuti ujian akhir semester genap. Hari ini Si Adek mengikuti ujian mata pelajaran matematika saja.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 17.49.14 (1).jpeg
Saya menyelesaikan pembayaran uang pendaftaran program magister lewat teller Bank Syari'ah Mandiri.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 21.36.31.jpeg

Bank Syariah Mandiri berubah nama menjadi Bank Syariah Indonesia.

Dari SDIT Bunayya kami kembali ke Bank Syariah Mandiri. Saya sempat ragu apakah bank yang saya datangi ini adalah BSM karena tertulis pada bangunannya Bank Syariah Indonesia. Saya belum sempat bertanya pada pak Satpam atau karyawan bank sebelumnya karena saya diberitahu suami bahwa memang di sini letak BSM. Karena keraguan ini, saya mengajak anak-anak makan di warung Ayam Jago yang posisinya hanya selang satu bangunan dari BSM. Sambil memesan makan saya mencoba mencari informasi letak BSM di google map, di situ memang benar disebut posisinya adalah bank yang saya datangi.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 17.49.17.jpeg

Bersantap menu ayam jago bersama anak-anak.

Sudah yakin memang bank itu yang dimaksud, dari warung Ayam Jago saya dan anak-anak langsung menuju BSM. Pintu besi bangunan sudah ditutup menyisakan sedikit ruang agar nasabah dapat bisa masuk ke bank. Sekitar satu jam lagi akan tiba waktu shalat Jum'at, karena itu bank akan menghentikan segala transaksinya. Syukur saya masih bisa melakukan pendaftaran dengan nomor antrian yang sudah saya ambil sebelumnya. Alhamdulillah urusan saya Allah mudahkan. 😊

Pada sore harinya, saya menemani suami untuk berobat kembali luka benturan di kaki beliau. Tidak terlalu ramai pasien yang berobat di praktek dokter hari ini sehingga kami bisa cepat pulang dan membeli sate Sagobi kesukaan semua anggota keluarga. Rasa satenya mantap.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 17.49.14.jpeg
Menamani suami berobat.

WhatsApp Image 2021-06-09 at 17.49.13.jpeg
Menunggu pesanan sate Sagobi untuk makan malam

Sate Sagobi menjadi hidangan makan malam kami sekeluarga. Semua menyantapnya dengan khidmat, tidak ada perbincangan. Apakah karena dalam keadaan lapar atau memang karena makanannya yang terlalu sedap. Sepertinya karena dua-duanya. 😄


Sekian catatan harian hari ini. Terima kasih untuk sahabat Steemians semuanya..🤗


Salam Terbaik,

@irays

1621923125667.png

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 56456.73
ETH 2990.61
USDT 1.00
SBD 2.13