Contest: Daily Cash Book Game 7th Edition // Belanjaanku Hari Ini Dan Membuat Roti Balaok Enak

in Steem SEA8 months ago (edited)

Assalamualaikum

Hai steemian's!!

Halo, teman-teman steemianku! Hari ini saya akan kembali mengikuti kontes The Daily Cash Book Game di komunitas Steem Sea. Terima kasih Pak @waterjo, atas kontes yang sudah anda selenggarakan ini, sebagai tempat kami untuk berkreasi.

Untuk kontes kali ini saya akan belanja kebutuhan bahan makanan yang sudah menipis, sekaligus belanja untuk bahan roti balaok. Roti balaok yaitu camilan khas Tanjungpinang, terbuat dari tepung terigu yang mempunyai isian di dalamnya.

Saya juga akan membagikan resep dan cara pembuatannya. Untuk isian-nya, bebas ya! Kalian bisa memakai abon ikan, abon sapi, abon ayam, atau bahkan sayuran. Sesuaikan dengan selera masing-masing! Sedangkan untuk isian-nya di sini saya memakai Abon ikan yang sudah saya buat sendiri.

Ini adalah belanjaan saya hari ini di minimarket terdekat :

1 kg tepung terigu segi tiga biru harganya IDR 12.000/2.85 steem, 1/2 papan telur seharga IDR 28.000/6.66 steem, 1 sket ragi instan IDR 5.000/1.19 steem, di sini saya memakai fermipan. Blueband IDR 10.000/2.38 steem. Jadi, total belanja saya hari ini IDR 55.000/13.09 steem.

Pengeluaran saya hari ini hanya sedikit saja, karena tidak banyak yang saya perlukan. Tetapi saya masih bisa mencicipi camilan enak, sehat dan mengenyangkan.

Sampai di rumah saya segera menyiapkan peralatan dan perlengkapan pembuatan roti balaok.

IMG_20230619_095049.jpg

Ini adalah bahan-bahan roti balaok :

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 50 gram margarine/blueband
  • 1/2 saset ragi instan
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya untuk menguleni




Cara membuat :

Campur semua bahan-bahan di atas, kemudian ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan (semacam adonan donat). Lalu adonan kita tutup menggunakan lap basah dan didiamkan selama 1 jam, agar nantinya adonan bisa mengembang.

Perhatian!

  • Di sini saya hanya menggunakan "kuning telur saja", supaya rasa roti yang dihasilkan nanti "lembut".

Setelah adonan mengembang, kita uleni lagi sebentar saja, untuk mengeluarkan udara yang masih terperangkap di dalam adonan. Selanjutnya adonan kita bagi menjadi beberapa bagian, menjadi bulatan-bulatan kecil (layaknya donat). Lalu kita pipihkan dan diisi dengan isian-nya. Cetaknya sesuai selera saja ya, teman-teman!

Setelah selesai dicetak, kemudian roti balaok kita goreng dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Goreng hingga berwarna coklat keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Roti balaok siap untuk disajikan.

IMG-20230613-WA0001.jpeg

Ini tampilan roti balaok yang saya buat

O, iya, teman-teman! Roti balaok bisa juga dijadikan ide usaha rumahan, loh! Rasanya enak, gurih di dalam dan lembut di luar. Sangat rekomended! 👍

Demikianlah partisipasi saya minggu ini! Semoga bermanfaat. Saya akan mengundang @safridafatih, @khairiani @jal08, @wirdahanum untuk partisipasi di sini

Sort:  
 8 months ago 
DescriptionActionScore
#club100✅️1
Plagiarism-Free✅️1
Bot-Free✅️1
Verified User✅️1
#steemexlusive✅️1
Markdown on writing✅️1
GPT✅️1
Quality Content2
Total Score9
Period18 Agustus 2023 ke 18 November 2023
Transfer to Vesting112.986 STEEM
Cash Out0 STEEM
Voting CSI17.6%
Support burnsteem25❌️

Terimakasih telah berpartisipasi di Kontes The Daily Cash Book Game

 8 months ago 

TEAM 5

Congratulations! Your post has been upvoted through steemcurator08. Good post here should be..

Screenshot_20231101_062609_Picsart.jpg

Curated by : @waterjoe
 8 months ago 

Terima kasih banyak 🙏

 8 months ago 

Wow enak banget cek roti nya. Insyaallah cek akan segera kami berpartisipasi di kontes ini.

 8 months ago 

Terima kasih sudah mampir
Ditunggu partisipasi mu, segera meluncur ya 👍

 8 months ago 

Sama-sama cek. Alhamdulillah sudah meluncur partisipasi kami cek 🤭💪

 8 months ago 

Alhamdulillah 👍

 8 months ago 

Roti apa itu dek

 8 months ago 

Roti Balaok khas Tanjungpinang, kk
Terima kasih sudah singgah

 8 months ago 

Oo ..iya sama-sama dej

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 62853.43
ETH 3013.11
USDT 1.00
SBD 2.50