THE DIARY GAME - 30 MEI 2021 : Lesung padi (Jeungki Bahasa Aceh) Peninggalan jaman dulu dari nenek moyang.

in Steem SEA3 years ago

50% PAYOUT FOR @steem.amal

(thank you for helping so many people in distress)

Assalamualaikum...
hy sahabat Steemit/SteemSEA,apa kabar?
saya doakan semoga semuanya sehat-sehat saja...
Aminnnn....

Hari ini setelah ngopi pagi saya mulai beraktivitas dengan menaiki jungkat jungkit alias jeungki (bahasa aceh sobat) atau dalam bahasa indonesia di sebut lesung padi,namun orang tua saya menggunakan jeugki untuk menumbuk beras menjadi tepung.
Hari ini saya bersama mama saya mulai menumbuk beras tersebut,saya yang berada di ekor jeunkinya untuk menumbuk beras tersebut sedangkan mama saya duduk di ujungnya,untuk menyaring tepung tersebut menjadi halus dan lembut.

IMG_20210530_102355_323.jpg
Saya sedang menaiki jeugki,sedangkan mama saya sedang membersihkan bagian pinggir lesung nya agar tak keluar tepung dari lesung nya.

IMG_20210530_101421_635.jpg
Mama saya sedang menyaring tepung agar halus.

Setelah tepungnya di saring dan halus tepung tersebut lalu di jemur biar gak kusam dan busuk,setelah di jemur tepung tersebut baru bisa di jadikan sebagai adonan kue.

IMG_20210530_101351_440.jpg
Tepung yang sudah disaring.

IMG_20210530_102416_928.jpg
Tepung yang sedang di jemur.

Hari terlihat begitu cerah dan terasa begitu panas serta membut kami begitu gerah,setelah pekerjaan kami selesai,mama saya pun mengambil Buah Naga yang disimpannya di lemari es,dan memisahkannya dari kulit,setelah itu di masukan ke dalam blender serta menyuruh saya untuk membeli beberapa susu sachet untuk di buatkan jus buah naga tersebut,disaat mama saya sedang menunggu saya bawa pulang susunya,lalu abg saya pun pulang bersama istrinya dan jus naga yang tadinya mau di buat 4 gelas harus di tambah 3 lagi karna juga ada adek-adek saya,jadi kami bisa menikmati jus naga bersama-sama hasil dari pohon naga sendiri.

IMG_20210530_120338_435.jpg
Buah naga yang mau di jus.

IMG_20210530_121005_096.jpg
Buah naga yang sedang di blender.

IMG_20210530_121253_755.jpg
jus buah naga yang siap dinikmati.

Dan setelah menikmati jus naga tersebut saya pun ke kios/warkop untuk membeli rokok,karna gak ada rokok di kantong,di warkop pun saya bertemu kawan-kawan dan sejenak saya ngobrol-ngobrol bersama mereka dan juga membahas masalah steemit dengan mereka di saat mereka sedang asyik maen game.

IMG_20210530_153648_218.jpg
Potret bersama mereka yang sedang asyik memainkan handphonenya.

Dan setelah beberapa saat bercengkrama bersama mereka saya pun pulang untuk menunaikan ibadah shalat dhuhur dan setelah shalat saya pun istirahat.

Dan sekian diary saya hari ini,tunggu diary saya selanjutnya,dan terimakasih telah mengunjunginya.
Wassalam...


4i88GgaV8qiGEw1xifwYz2xp7RJEnNpBZq7dn2K5yycpwdzTCHR84rnLsNLCHCm9wHw23JoquJVS2kn7oK8Xo78thStkgUx6PNioekeEzgXKSFJ4gxBvkDgHYh.gif

@hassanul

Sort:  
 3 years ago 

droun hayeeeeeeeeeeeuuu... na pohon naga sendiri, kalau hawa tinggal petik, di sini yum nya 10rb/kg, kadang2 bisa 25rb per-buah, kakeus, kita beli yang sudah dijus aja, cuma 5rb. hahaha

tepungnya buat keperluan di rumah saja kah?

Haha
biasa nyan kak @cicisaja cuma 2 bak sagai nyan pih nyena ji meuboh si buleun sigoe😁😁
Nye hna boh ken suwah blo yang klheuh di jus cit...

Klo masalah tepung,iya buat keperluan di rumah kak,krna mama adalah seorang pembuat kue teu wot,kalo na uereung peusan jadi hna suwah blo teupong le.
😁😁

 3 years ago 

sibueluen sigoe ji meuboh? Alhamduillah syit... loen pikee padum buleun sigoe. jadi ijih kon meu musem meunan ya?

Alhamdulillah na jeungki drou, jadi watee pereulee tepung, tinggai olah raga mantong aneuk muda nya

Nyan lon kureung meuphom cit kak pajan wate ji meuboh jih,krna yang lon peugah nyena jimeuboh sibuleun sigoe,nye hana berarti wate troh musem baro ji meuboh
😁😁

Nyankeuh,nyan geukheun melatih otot kaki dengan cara sederhana lheuh nyan wate meu wot melatih otot tangan teman,pokok jih kamo lengkap alat fitnes dirumoh
😁😁😁

 3 years ago 

pokok jih kamo lengkap alat fitnes dirumoh

hana suwah jak u Gym apalagi bayar iuran, hahaha

Jelas nyan kak @cicisaja
Haha

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57960.12
ETH 2482.73
SOL 155.31
SBD 2.43