The Diary Game 28-05-2024| Daun Rumbia Sebagai Atapnya Kehidupan Mahluk

in Steem SEA4 months ago (edited)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


IMG20240527103650.jpg
IMG20240527103542.jpg
Proses mengayam daun rumbia untuk atap kandang
IMG20240527103538.jpg

IMG20240527103520.jpg


Salam sukses selalu kepada seluruh pengiat postingan di blog steemit khususnya di Indonesia, Malam kembali tiba Tampa terasa hari Selasa 28-05-2024 telah berlalu, yang mana kepadatan kegiatan saat itu saya telah jalani proses kehidupan dari semenjak sadar bahwa saya masih diberikan kehidupan dipagi itu oleh Allah Subhana Huwata'ala, seyogianya Tidur itu kita dimatikan kesadaran kapan kita sadar lagi saat terbangun di pagi ataupun pada waktu tertentu. Aktivitas selanjutnya setelah selesai rutinitas bisa, pada jam 09,12 Saya belajar lagi mengayam atap daun rumbia sudah 2hari sejak setelah pohon rumbai dipotong, saya mengayam dibantu oleh ibu mertua, daun rumbia telah saya ambil kemarin saat mengambil sagu kemarin, ada 3pohon rumbai Yang telah dipotong. Mengayam atap dari daun rumbia tinggal dua atap lagi yang belum dianyam, setelah selesai semua dianyam, pada dasarnya mengayam atap daun rumbia tidak lah sulit caranya sangat gampang ambil daun nya yang sudah sangat tua dan juga ada yang kecil serta lebar jadikan dalam satu gulungan, daun rumbia kita isi dengan tiga atau empat helai daun dengan kita tindihkan satu dengan lainnya dan digulung dengan dilipat tegak lurus pada gangang bambu yang telah dibelah belah, seterusnya di ikat secara anyaman dengan rutan , bagi yang sudah terbiasa satu hari bisa siap sampai 15 lembar bahkan lebih, bagi yang belum mahir kita bisa lihat begitu sulit pertama kita ambil dulu daunnya dari pelepah sinipun kita merasa sulit lantaran pangkal dan ujung daun rumbia harus sama, saat mengumpulnya tangan kita akan tertusuk dengan duri harus pada daun rumbia juga sangat sulit saat mengayam disaat kita tusuk rotan selalu ada yang patah ujung rotannya.


IMG20240528105451.jpg
IMG20240528105214.jpg
Proses saat memasang atap kandang
IMG20240528100646.jpg
IMG20240528100237.jpg


Setelah salat Zuhur dan sarapan saya istirahat sejenak lalu saya lanjut dengan memasang atap pada kandang bebek, saya memasang dulu atap yang sudah agak kering, disini juga kita harus teliti dalam menata atap agar sejajar dan rapi, jam sudah pukul 14,30 sejenak saya tunda dulu kegiatan ini lantaran harus kembali Selasa dan Rabu itu giliran saya dalam mengajar anak-anak santri dibalai pendidikan agama Islam Al-Fatih yang sudah 4tahun berdiri di dusun ujung Gampong Mns meucat Nisam. Jam 15.00 aktivitas mengajar dimulai sampai waktu 'ashar setelah sholat baru anak diberikan izin pulang.


IMG20240528161816.jpg
Aktivitas dibalai setelah selesai belajar
IMG20240528161744.jpg


Dengan selesai sholat 'ashar saya sudahi tulisan postingan ini mohon maaf jika ada kata atau kalimat yang tidak bisa dimengerti saya akhiri dengan ucapan terima kasih wassalam hormat Saya @hasinbadir.

Sort:  
 4 months ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Beneficiary
burnsteem25No
Status ClubClub75
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 61949.37
ETH 2415.67
USDT 1.00
SBD 2.65