Amanah yang dititipkan wajib dijaga / steemit penggerak kebaikan bagi kita.

in Steem SEA3 years ago

Anak-anak itu tidak salah kita yang lalai dalam menjaga, membakar mercon yang dilemparkan ke arak bebekku menyebabkan beberapa bebek setres.

اسلام عليكم ؤرحمت الله وبركته

Dengan rahmat allah dan salamnya Allah atas Nabi kita Muhammad swa, semoga kita semua terjaga dari hal yang di benci oleh agama,, Amiiin.

Sudah 2bulan dari semenjak pertama sekali saya memelihara bebek pada tangal30 bulan3 tahun 2021 hasil dari sumbangan dari pada steem.amal, dan ini sudah sepatutnya saya beritau kepada pemberi agar hatinya bahagia sebab sipemberi bukan untuk mengukit tapi pengen lihat keberasilan dari modal yang dia beri, di sini saya ingin mengkhabarkan tentang situasi bebek yang saya pelihara saat ini, terlebih dahulu saya lampir kembali postingan sebelumnya.


Sedang membuat obat perangsang agar bebek terjaga dari virus penyakit
IMG_20210524_065027.jpg

IMG_20210524_065845.jpg

IMG_20210524_070329.jpg

IMG_20210524_070720.jpg


Ini laporan dari postingan 2 mai 2021

Dari tanggal 2 april sampai hari ini tanggal 2 mai 2021 bebek yang saya pelihara sudah bertelur setiap pagi 2butir mulai dari hari rabu 28 april 2021, perlu saya sampaikan juga disini ada 2ekor bebek yang sudah kurang, dari 53ekor, disebabkan selama musim panen padi bebek saya lepaskan ke sawah, lebih kurang 2minggu sudah saya lepaskan kesawah, sesudah beberapa hari saya lepat karena kemaren disibukkan dengan kegitan amalku di makam malik as-shaleh ada bebek yang hilang, sudah saya berusaha untuk mencarinya tetapi tidak ketemu. sedangkan 1ekor lagi saya potong karena kena penyakit yang tak mungkin sembuh tapi sebelum nya sudah saya berikan obat, lantaran tidak ada tanda berkurang terpaksa saya sembelih.

Sedangkan satu ekor lagi kemaren ada tetangga yang ada anak nya yatim pingin makan dangin bebek pada dia memohon pada saya untuk mau menjualkan satu bebek,karena mengingat anak yatim sayapun iba apalagi hari mengang lebaran besok .

Dan seterusnya saya laporkan kondisi sekarang bebek ku saat ku tinggalkan selama lebaran yang harus pulang mengunjungi ibu digampoeng di peureulak.Selama4hari disana,menurut laporan dari tetanggaku,sering anak anak disini suka membakar petasan dan mereka leparkan ke kerumunan bebek ku dan itu pernah saya temukan saat pertama kami tiba dirumah yang baru pulang dari perlak saya peringatkan dia sambil dia lari karena takut kepada ku.

Dari sebab diatas juga kondisi sawah yang kering karena cuaca di daerah ku belum hujan jadi di pesawahan kering, sekarang bebek ku kondisinya tidak lagi bertelur, lebih kurang semua telurnya dari hari pertama 28april - 20 mai setiap pagi 2butir sampai6, paling sering 4 butir tiap pagi nya, dari hasil telur yang sudah saya asinkan cuma 50butir saja yang dapat saya jual selebihnaya ada tetangga saya sedekahkan dan juga oleh oleh buat orang tua digampong, untuk jumlah butir telur selama 2minggu lebih saya dapat lebih kurang 150 butir.

IMG_20210524_064302.jpg

IMG_20210524_064455.jpg

IMG_20210524_075034.jpg

IMG_20210524_075531.jpg

Dari kejadian di atas untuk mengatasinya saya sudah biasa memberi vitamit dan obat yang disarankan oleh teman yang sudah pengalaman dalam menternak bebek saya beri daun pepaya, untuk bebek yang belum sembuh benar harus digiling dan dicampurkan dengan gula,Alhamdulillah sekarang bebek sudah mulai normal yang sebelumnya tidak selera makan, cuma 1ekor bebek lagi yang masih belum bisa makan sendiri.

Ini rincian sesudah laporan pada postingan tangal 2mai 2021.

  • Jumlah bebek yang tersisa 50 ekor
  • Yang umur siap bertelur 15 ekor, sisanya masih umur muda.
  • Yang sudah saya jual telur yang telah saya asinkan 50butir harga jua Rp.2200
  • Pakan sudah saya gunakan 200kg/ Rp3000
  • Ditambah pakan untuk bertelur 50kg/ Rp10.000.

Terimakasih untuk semua khususnya bang @el-nailul @curesia karena orang ini yang pertama sekali telah memilihku untuk memberi bantuan berupa bebek untuk saya petelur, juga ucapan terimaksih untuk semua pendukung steem.amal. dan istimewa @anroja.

Di sini saya menampilkan dalam bentuk vidio tentang penyakit anek yang menyerang seekor bebek ku.

Sort:  
 3 years ago 

Semoga penyakitnya cepat tertanggulangi dan bebeknya rajin bertelur guree.

 3 years ago 

Mudah mudahan bang...amin

Cepat sembuh bebek...:)

 3 years ago (edited)

bang @alee75, coba identifikasi dulu ini penyakit bebek, kenapa ulee meuputa lagee kena botulism, tapi tidak terlihat jelas...
coba saja dikasih minum minyak kelapa satu sendok bang @hasinbadir

 3 years ago 

he...he....
kalo ulee meuputa itu disebut "tortikolis" yang merupakan salah satu pathocnomonic symptom (gejala khas) dari penyakit Newcastle Disease (ND) atau sering disebut Ta'eun yang sering terjadi pada ayam dan bebek.
Penyebabnya virus dan penanganannya adalah dengan vaksinasi ND secara rutin pada saat hewan sehat. kalo dah sakit jangan divaksin, bisa2 malah mempercepat kematian hewan karena prinsipnya Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke hewan untuk mendapatkan respon immunologik dari tubuh untuk melawan virus tadi. jadi biarpun sudah dilemahkan bisa saja akan sangat berat bagi hewan yang sedang sakit. penanganan hewan yang sakit, berikan pakan yang baik dan berikan antibiotik dan vitamin, boleh lewat air minum secara ad libitum.
kalo botolismus biasanya karena dia termakan makanan yang mengandung Clostridium Botolinum atau ada luka yang menjadi pintu masuk bakteri. pada bebek sering disebut Limberneck.
karena juga menyerang saraf sehingga gejalanya mirip dengan ND yang kadang-kadang juga disertai dengan diare.
untuk "diagnosa pasti" memang kita harus inspeksi langsung dengan melihat semua aspek serta hasil anamnesa.
kedua penyakit beda penyebabnya, kalo ND penyebabnya Virus sedangkan Botolismus penyebabnya Bakteri.
terapi yang sama bisa diberikan yaitu Antibiotik dan vitamin...
demikian ibu........

 3 years ago (edited)

nah ini salah satu penerima manfaat dari steem.amal sedang mengalami masalah ini di peternakan bebek petelurnya, saya pikir harus ada sesama steemian yang mampu niyh buat bantuin, mungkin ada kenalan vet atau penyuluh di sekitaran nisam?

bang @hasinbadir... kalau bisa segera cari bantuan penanganan, karena ini salah satu penyakit menular pada bebek

 3 years ago 

Alhamdulillah85 persen sudah teratasi kejadian ini 6hari sebulum postingan ini saya buat.

 3 years ago 

dimana posisi aduen hasinbadir....mohon alamat jelasnya dan kontak HP. Ada bantuan vitamin bahkan vaksin ND yang bisa saya berikan keu aduen.....
Cuma untuk vaksin yang ready itu kemasan yang besar jadi kalo mau di pake ulang harus disimpan di pendingin/kulkas.....

mantap, sesama steemian harus saling bantu...

 3 years ago 

siap aduen memang dah tugas saya.....

 3 years ago 

Siap ibu......mohon alamat lengkapnya biar langsung saya tindak lanjuti.....

 3 years ago 

Jet hubungi lewat 085277258767
Tapi ini sudah teratasi 85persen.

 3 years ago 

get aduen.....insya Allah singoh lon meluncur bak droeneuh....

 3 years ago 

Uroe Kamis mantoeng. Na khanduri Blang jet keu conten

 3 years ago 

get...insya Allah aduen.....

 3 years ago 

kop bereih.... chit ka neu teu'oh aju na bahan konten...

 3 years ago 

Apakah dengan daun pepaya bisa penganti vaksin

 3 years ago 

Nggak bisa bang, Coba Tanya sama dokter hewan @alee75, seingat saya... Obat ND cuma Koh taku atawa suntik vaksin

 3 years ago 

Koh takue kerjaan Maraheet bu....he..he....
kalo dah kena ND ga boleh di vaksin lagi.
vaksin hanya utk hewan sehat sebelum sakit.
kalo dah sakit berikan antibiotik dan vitamin serta pakan yang berkaulitas. pemberian daun pepaya sangat bagus utk membantu penyembuhan/pengembalian kondisi ternak apalagi yang sudah difermentasi.
vaksinasi baiknya dilakukan secara rutin 3-6 sekali.....
utk bebek petelur jangan lupa berikan egg stimulan agar produksi telurnya bisa optimal.....

 3 years ago 

vaksin 3 -6 bulan sekali maksudnya.....

 3 years ago 

Di vaksin yg belum kena

 3 years ago 

Yapp....insya Allah kamis besok saya ke lokasi aduen @hadinbadir .....

 3 years ago 

saran saya vaksin tetap diberikan karena sudah jelas efektivitasnya dalam mencegah virus.
untuk daun pepaya sangat baik diberikan untuk ternak karena ada kandungan PAPPAIN dan lain-lain. daun pepaya yg juga bisa sebagai anthelmentik (Obat cacing) alami. Campuran voer sangat baik bila ditambahkan daun pepaya apalagi setelah proses fermentasi menggunakan EM4 atau bisa Yakult dll. saya sendiri membuat dedak fermentasi untuk mensiasati mahalnya harga pakan/voer untuk ayam siam koleksi saya.
Kalo aduen mau saya punya stok vaksin ND dan Vitamin unggas yang bisa saya berikan saat ini...

 3 years ago 

Nyaaaan ban bang @hadinbadir, Neu peugot Janji ju awak droun Dua, loen baca berita keulayi

 3 years ago 

Got kak

 3 years ago 

Apakah Abang di daerah Lhokseumawe

 3 years ago 

saya di aceh utara....sekarang dah tinggal di matangkuli.
sebelumnya saya tinggal di Cunda.
kesehatan hewan itu tugas saya bang, di dinas.....
@gourdon ibu drh. Jamaliah, Azhar mantri, almarhum bg ridwan adam dan lain-lain itu anak buah saya di lapangan (puskeswan).
aduen di nisam toh...? minyeup atau ateuh....!

 3 years ago 

saya mau berangkat ke kantor di lhoksukon ni....kalo aduen mau bisa saya antar vitamin dan vaksin BESOK......tlg alamat dan no, HP biar mudah dihubungi

 3 years ago 

Nisam 085277258767

 3 years ago (edited)

Hari Kamis ada khanduri Blang. Bang @alee75 hari Kamis saja datang

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.031
BTC 68781.96
ETH 3736.20
USDT 1.00
SBD 3.73