Kreator Steemit Akan Berharga Karena Dukungan Komunitas.

in Steem SEAlast year

1000128306.png

Menilik perjalanan 1 tahun saya di platform ini sebagai creator pada niche yang berbeda dengan creator lainnya.

Ada penggalan kisi-kisi yang saya pelajari dan nilai begitu berarti dan itu sangat berharga sebagai creator.

Dukungan Komunitas

Hal ini cukup krusial untuk membuat pengguna steemit merasa memilik dan menjadi bagian dari platform ini.

Mengutip salah satu komentar teman saya @bukutaqin pada ruang diskusi postingan perjalan saya 1 tahun di Steemit.

Tapi kalau di steemit. Sejauh yang aku lihat. Blokchain ini masih perlu mendorong penggunanya untuk saling melakukan engagement agar punya "rasa memiliki". Agar orang enggak buru-buru jualan tokennya.

salah satu penggalan komentar yang menjadi ulasan tulisan ini

Seperti yang kita tahu engagement hampir ada setiap hari pada tiap-tiap komunitas.

Cara ini dipilih untuk menarik pengguna agar betah dan terus menghasilkan karya-karya mereka di platform blogging berbasis komunitas ini.

Namun di sisi lain, saya melihat komunitas sebagai alur dan ruang diskusi pada topik-topik yang tidak hanya ada pada tema-tema tertentu saja.

Sebagai salah satu creator yang fokus pada niche tertentu saja, seperti saya tentunya engagement tidak akan menjadi hal yang begitu penting bagi tema tulisan yang saya publish.

Terkecuali ada tema yang berkaitan dan spesifik, yang pernah saya ikuti dan bisa di hitung jari.

Hal ini saya lakukan, agar originalitas yang saya publish sebagai blog spesifik konten tetap terjaga.

Disinilah Peran Krusial Komunitas Muncul

1000128316.png

Peran komunitas tidak saya mendukung para Steemians yang berpartisipasi pada engagement yang di adakan.

Tetapi, mereka juga menaungi dan mendukung kreator yang spesifik. Jujur saya merasakan hal itu dalam 3 bulan terakhir dan itu hal luar biasa yang saya rasakan dari komunitas.

Impact yang begitu besar itu, terus memicu saya agar terus fokus pada niche yang spesifik ini, karena saya tidak peduli apakah the biggest mendukung saya atau tidak.

Hal yang saya sangat apresiasi adalah dukungan dari komunitas dimana saya bernaung.

TERIMA KASIH SEBESAR-BESARNYA DARI SAYA UNTUK KALIAN SEMUA

Setiap apresiasi dari komunitas membuat saya selalu terpicu dan bersemangat terus dalam menulis spesifik konten.

Hal Yang Bisa Saya Lakukan Kepada Komunitas

1000128321.png

Tentu saja jika membahas ini kontribusi saya tidak ada signifikan nya kepada komunitas-komunitas lakukan kepada saya selama ini.

Tetapi, saya punya satu hal yang konsistensi saya lakukan dan menjadi kewajiban, mungkin ini opsional bagi sebagian orang.

Beneficiaries Kepada Komunitas

Ya, ini adalah hal yang saya wajibkan kepada setiap komunitas dimana saya melakukan publishing sebuah tulisan.

Tentunya saya selalu melakukan itu, agar pertumbuhan kepada komunitas bisa terus berkembang dan bisa terus mandiri.

Iya, saya sadari yang saya bagikan memang kecil tapi, apabila kita pupuk semua tentunya hal yang saya lakukan sebagai kewajiban dan juga teman-teman lainnya lakukan, maka cepat atau sangat cepat komunitas kita bernaung akan bisa bediri sendiri dan mandiri.

Delegasikan Steem Power

Cara lain yang sedang saya lakukan adalah dengan mendelegasikan Steem Power kepada akun-akun komunitas dimana saya bernaung.

Mungkin saat ini, saya baru melakukan 1 kali saja, mengingat SP yang saya miliki masih begitu kecil. Namun, saya akan mendelegasikan hal ini beberapa hari kedepan pada akun komunitas dimana saya bernaung.

Mungkin, target realisasi saya untuk jangka panjang adalah mendelegasikan 1000 sp kepada setiap akun komunitas.

Hal itu tentu saja tidak membuat saya merugi, karena saya hanya mendelegasikan, dan impact nya adalah kepada saya dan juga kepada anggota komunitas lainnya.

Terimkasih kepada kalian semua delegator-delegator yang mendukung komunitas. Yanga kalian lakukan memberikan dampak positif bagis semua anggota.

Akhir kata tulisan ini bisa mendeskripsikan mengapa kreator akan sangat berharga dengan dukungan komunitas.

Semoga tulisan ini memberikan insight kepada kita semua.

baner steemit.png

If you are interested in the world of cryptocurrency and blockchain in general, you can follow my account.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Mantap. Lanjut 🔥

 last year 

Semoga saja dengan solidaritas kerja kita bersama di steemit membuat kita semua bisa semakin berkembang

 last year 

Nah saya sepakat, rangkulan semua anggota tiap komunitas akan memberikan dampak positif kepada kita semua 🤗

 last year 

Konten bagus dan mendapatkan dukungan kurasi 100% dari saya. Teruslah membuat tulisan berkualitas untuk post di Steem :)

 last year 

Terimakasih dukungan penuhnya pak chadafi 🤗

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58919.17
ETH 2647.00
USDT 1.00
SBD 2.43