THE DIARY GAME - RABU, 21 APRIL 2021 ( Tambak kita )

in Steem SEA3 years ago

IMG20210421163428.jpg

Rabu 21 April 2021 tepatnya pukul 16:40 WIB saya mengunjungi tambak yang letak nya tidak jauh dari rumah saya,setelah terakhir kali saya mengunjunginya seminggu yang lalu,akhir nya hari ini saya menyempat kan diri untuk pergi melihatnya lagi.

Mungkin tahun ini tahun yang kurang baik untuk tambak saya dikarenakan sudah hampir setahun ini ikan yang ada di dalam tambak tidak begitu banyak,ada beberapa diantaranya mati,hilang entah kemana,atau mungkin bisa juga di curi atau di ambil orang lain.
Tapi saya tetap tidak mau berburuk sangka terhadap orang lain,mana tau memang ikan saya sebagian nya sudah mati.

IMG20210421163546.jpg

Tambak ini berusia kurang lebih sudah hampir 25 tahun,karena dari saya kecil tambak ini sudah ada hingga sampai saya besar sekarang tetap masih ada. Untuk kepemilikannya mungkin sudah berpindah tangan dari satu tangan ke tangan yang lain kurang lebih sudah 4 orang pemilik yang berbeda termasuk keluarga saya.

Untuk bibit nya saya sendiri memelihara ikan mujair,udang dan ikan bandeng.
Tapi saya lebih memilih untuk memperbanyak mujair di karenakan mereka tidak perlu terlalu banyak di kasi makan,dan bibit mujair biasa nya sekali beli tahan sampai tiga atau empat kali panen.
Untuk ukuran tambak nya pun sangat cocok bagi mujair, tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit sehingga bisa kita jangkau dan kontrol di malam hari.

IMG20210421163904.jpg

Di sini biasa nya saya meletakkan mesin air nya di saat mulai memanen,kenapa saya letakkan disini? Karena sebelahnya itu tambak juga,air tambak yang di panen di masukkan ke dalam tambak yang ada di sebelah nya,begitu juga sebalik nya di saat tambak sebelah nya panen maka air nya kita masukkan ke tambak yang sebelahnya juga,proses ini sedikit memudahkan kita jika terjadinya kemarau dan stok air kita pun masih banyak di tambak yang lain.

Terakhir kali saya memanen tambak akhir Desember 2020,dan hasilnya sangat lumayan,10 Sampai 15 ekor ikan mujair bisa mencapai 1kg.
Ukuran yang standar jika kita memanennya dalam kurun waktu 4 sampai 5 bulan.

Dan saat ini usia ikan saya sudah berjalan 3,5 bulan,target saya selanjut nya akan memanennya di usia 5 bulan.

Cukup disini saja ya hari ini dan semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua.
Saya sangat senang bisa berpartisipasi di kontes The Diary Game ini.

IMG20210421163959.jpg

SALAM HORMAT SAYA UNTUK
@anroja @nazarul @curiesea @el-nailul @muzack1 @radjasalman @kemal13
Yang sudah mendukung saya.

Salam sukses

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 56924.47
ETH 3086.51
USDT 1.00
SBD 2.41