Club5050 the diary game better life season 3 05032022 | kegiatan pemupukan tanaman cabe di kebun

in Steem SEA3 years ago

10% dedikasi kepada @steem.amal
10% dedikasi kepada @steemseacurator

Salam hangat dari saya @fajar.perangin79 untuk kita semua di komunitas yang menyenangkan ini.

IMG_20220305_205050.jpg
Saya sedang mengaduk pupuk untuk diaplikasikan ke tanaman cabe saya

Hari ini sabtu pagi saya beraktifitas seperti biasa, ke kebun untuk melakukan perencanaan yang sudah saya jadwalkan sebelumnya, memupuk cabe tanaman saya yang baru berumur 1 bulan, saya mengaplikasikannya dengan cara pemupukan cair, pupuk butir yang sudah saya persiapkan saya rendam dengan air agar larut terlebih dahulu maka kemudian saya siram ke setiap batang cabe yang sudah saya tanam dengan takaran 20 mililiter (ml) perbatang dengan mengunakan mesin dengan selang 180 M panjangnya.

Saya melarutkan pupuk 5 kg dengan air di wadah 2 drum (200 ltr per drum) yang sudah di persiapkan sebelumnya, dengan mengunakan mesin jadi mempercepat pekerjaan saya yang biasanya di tempuh waktu 6 jam, dengan mengunakan mesin selesai saya lakukan tempo waktu 2 jam setengah, dan hasilnya lebih merata.

IMG_20220305_204921.jpg
Batang cabe yang baru berumur 1 bulan setelah tanam

Cuaca saat masih musim hujan, jam 10.00 pagi sudah mendung sekali, pengecoran saya masih selesai 1 drum dengan mengunakan mesin, setelah selesai 1 drum pengecoran, hujan sudah mulai turun dengan rintik rintik, saat saya mulai memindahkan ke drum selanjutnya, hujan pun turun dengan derasnya, maka saya harus menghentikan kegiatan pemupukan ini, karena hujan, jika saya paksakan takut sakit melanda saya, saat ini musim sakit sangat di kuwatirkan, harus tetap menjaga stamina dan kesehatan.

IMG_20220305_205243.jpg
Awan mendung yang sangat mendung saat saya ditengah kebun

Hujan turun dari jam 10.30 wib sampai jam 14.00 wib dengan derasnya, saya pun turun dan kembali ke rumah untuk istirahat sambil menunggu hujan reda, sambil menunggu reda hujan saya menikmati segelas kopi yang di sajikan istri tercinta, tidak teras waktu sudah siang dengan azan berkumandang di mesjid dekat rumah saya, dan hujan belum juga reda, kemudian saya pun bersih bersih sesaat lalu makan siang bersama keluarga.

Setelah makan siang hujan sudah mulai menunjukan ada rada rada reda jam pun sudah menunjukan pukul 14.00 wib, saya pun memaksakan melanjutkan pemupukan lagi, hujan pun turun dengan rintik rintik, pemupukan bisa saya lanjutkan kembali, cabe yang saya tanam ada 20 baris panjangnya, yang baru selesai tadi 10 baris, maka tinggal 10 baris lagi yang harus saya siapkan.

Tepat jam 15.30 wib selesai pemupukan tadi, Alhamdulillah terasa lega bisa selesai juga, awan masih tepak dengan mendung nya, dengan sigap saya selesaikan beres beres selang yang masih terbentang di tanah digulung untuk di simpan di gudang, terbayang lamanya 180 M digulung perlahan dan mesin juga harus di simpan kedalam gudang juga, setelah selesai di simpan waktu pun sudah sangat sore sekali, terasa dingin yang berlebih karena kelembapan daerah pegunungan yang membuat kita cepat capek karena sesak, sudah siap disimpan ke gudang semua peralatan kemudian saya pun segera mandi agar tidak terasa dingin nantinya setelah mandi karena badan ini masih terasa hangat karena beraktifitas tadinya, setelah bersih dan mengunakan jaket biasa yang sering saya pakai, sudah siap juga segelas teh susu untuk menghangatkan badan karena dinginnya suhu udara yang sangat lebih untuk saat ini di meja buatan istri saya.

Demikianlah cerita saya hari ini yang saya tuangkan dalam postingan komunitas steem sea ini, dan terima kasih kepada segenap pendukung di komunitas ini dan tim steemit yang selalu senantiasa memberi dukungan kepada steemiant di komunitas ini.

Salam hormat saya @fajar.perangin79

Sort:  
 3 years ago 

Terima kasih bang fajar telah berbagi cerita dan pengalaman. minimal kami sudah tahu tentang cara pemupupakan tanaman cabe.

 3 years ago 

Sama sama bg @ridwant, berbagi ilmu untuk kemajuan bersama, 😄😄😄😄

 3 years ago 

Iya, benar sekali bang..

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.
special.jpg

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 61164.79
ETH 2416.89
USDT 1.00
SBD 2.63