The Diary Game (18 November 2022) | Bermain Musik Canang Cereukeh ( Alat Musik Tradisional Kota Lhokseumawe-Aceh)

in Steem SEAlast year

Hallo steemians semua...?
Apa kabarnya ni.. udah dua hari ini saya tidak sempat posting di steemit karena banyaknya kegiatan harian dalam beberapa hari ini. Hari ini saya akan mempostingkan mengenai Alat Musik Tradisional Kami di kota Lhokseumawe Aceh yaitu Canang Cereukeh. Canang Cereukeh ini merupakan Alat musik yang berbentuk Canang yang terbuat dari kayu kayu pilihan. Alat musik ini berasal dari Kota Lhokseumawe di Aceh. Dulu sempat hampir musnah dan tidak ada lagi memainkannya sehingga banyak generasi baru di aceh tidak mengenal dengan alat musik tersebut. Jadi kami sebagai seniman di Kota Lhokseumawe membangkit kan kembali tradisi yang sudah pernah hilang di mata masyarakat sehingga kami memainkan alat musik Ini di setiap penampilan musik yang kami tampilkan di kota kami maupun di luar kota sehingga alat musik Canang ini bisa bangkit kembali namanya di kota lhokseumawe.

IMG_20221117_124220.jpg

IMG_20221117_124215.jpg

IMG_20221117_124058.jpg

Alat musik ini sebenarnya kayu yang berbentuk anak canang dan di tempatkan di atas pelepah pisang waktu zaman dahulu, dikarenakan sekarang zaman sudah modern maka kami memberi kayu saja agar bisa dibawa kemana mana. Dulu Alat musik ini dimainkan di saat musim panen padi di sawah untuk menghiburkan para petani disaat memanen padi. Nah sekarang sudah kami modern kan dan saya pun sebagai seniman memainkan nya di sela sela saya tidak lagi bekerja untuk menghilangkan stress. Kebetulan saya kemarin pergi ke rumah kawan, di sana kami memproduksikan Alat Musik Tradisional Aceh, salah satunya itu Canang Cereukeh. Saya pun menuju ke rumah kawan dari rumah saya ke rumah kawan menghabiskan waktu 15 menit lumayan jauh. Saat saya sampai di sana saya langsung menuju ke dalam rumahnya untuk mengambilkan canang dan membawanya ke pondok agar saya bisa memainkan sambil bersantai. Setelah saya mengatur anak Canang tersebut saya langsung memainkan ya sambil menikmati merdunya suara alunan kayu yang berbeda beda suaranya.

IMG_20221117_124006.jpg

IMG_20221117_123954.jpg

IMG_20221117_123951.jpg

IMG_20221117_123948.jpg

Setelah saya memainkan Alat Musik Canang Cereukeh itu dan saya melihat jam sudah menuju pukul 14.10 wib. Saya pun bergegas untuk menyimpan Alat Musik Canang tersebut karena harus pulang untuk mengantarkan istri masuk kantor lagi. Setelah saya mengambil pesanan sama teman yang punya rumah tadi saya langsung pamit dan langsung berangkat. Sampai saya ke rumah rupanya istri saya sudah menunggu tapi saya harus masuk ke dalam rumah dulu untuk mempersiapkan diri agar bisa lebih bersih dan rapi disaat mengantarkan istri saya. Begitu siap langsung berangkat dan istri pun bisa sampai tepat waktu ke kantor dan saya langsung pulang le rumah untuk istirahat sejenak bersama anak anak dirumah.

Terimakasi sudah membaca postingan saya dan mohon komentarnya agar bisa menjadi sedikit ilmu bagi saya kedepannya. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata katanya. Terima kasi...!!

Sort:  
 last year 

jelas sekali, saya baru kali ini tahu kalau ini adalah alat musik tradisional khas kota lhokseumawe.

lon kira lhokseumawe hana warisan alat musik lage nyoe bang.

dile wate PKA 2013 lon na meujak bak stand kabupaten aceh singkil hana salah, awak nyan na alat musik hampir sama lage canang ceureukeh bang, tetapi model kayu bulat di belah dua dan di lentngkan di atas paha dan betis lalu dimainkan dengan alat bantu pemukul, su musik yang di hasilkan mangat.

cuma lon yang nyoe hana pernah lon deungoe dari phoen, canang ceureukeh.

nyoe jeut lestarikan

 last year 

Alhamdulillah bg. Alat musik nyo katrep that mate dan hana yg lestarikan lee.. dan alat musik nyo segalom pisah lhokseumawe ngon aceh utara alat nyan ka hana lee yg lestarikan alias ka mate. Jd karna kamo jino ka meu teupu dan meupu dr segi canang namanya apa maka kami bangkitkan kembali. Jino kamo mainkan di grup RAPAI RUKON Kota lhokseumwe dan di bangkitkan kembali oleh RAPAI ACEH LHOKSEUMAWE( PABRIK PEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH)

iya di singkil na cit nan jih Canang kayu. Meunyo tanyo canang cereukeh. Awak nyo di amen di puduk ateuh gaki. Tanyo sebenr jih yg jameun2 gepeuduk di ateuh bak pisang, cma krn jino ham mgkin ta puduk bak bak pisang maka meupeugot puduk bak kayee, krn han mgken lee setiap taneuk maen hars takoh bak pisang, jd kamo peugot lah rumahnya dr kayu...emang Ka trep that emang tanyo gadoh cuma di singkil yg mantg di lestarikan wate nyan krn mereka mainkan di setiap pesta, bak penerima linto baro.
Alhamdulillh dr 5 thon yg ka u likot ka mulai kamo peu tamong bak sikula sikula..

Alat musik tanyo yang ka musnah na 2 sebenar jih. CANANG CEREUKEH DAN ALEE TUNJANG.
Ban dua nyan jino ka kamo bangkitkan kembali. Dan Alhamdulillah ka di tamong lam WARISAN DUNIA UNESCO.

 last year 

cap jaroe bang.

justru lon hireun kareuna, yang lon teupu dari singkil nyan pih wate bak PKA merumpok

dan ALEE TUNJANG jeut neu peuget tulisan jih bang, sebab menye tamita referensi jih pasti sedikit. jadi dari sumber yang lage dro neuh jeut ta teupu

dukungan dari lon bang lestarikan adat budaya geutanyoe, sayang mate hana sapu tinggai keu aneuk cuco, lah pih na lom canang ceureukeh jino.

 last year 

Masalah ALEE TUNJANG utk posting kedepan. Krn tujuan lon bak steemit ya utk posting alat musik tradisional sebnr jih cma lon pih galom that meuphom pake steemit nyo maka kadg agak lambat postingan lon..
Insya Allah lon pasti lestarikan apalgi tanyo aneuk seni. Insya Allah mandum lon lestarikan. Mnyo na wate rencana lon hars peugot buku mngenai setiap alat musik.

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63851.10
ETH 3059.36
USDT 1.00
SBD 3.85