The Diary Game [Rabu, 18 Agustus 2021]: Bersama Guru Fisika Non PNS Peserta PPPK

in Steem SEA3 years ago

50% Reward aku dedikasikan untuk @steem.amal.


IMG-20210819-WA0004.jpg

Hi sahabat steemit. How are you today? I hope you are glad. Pada kesempatan ini, aku mengisahkan perjalananku menjadi Fasilitator kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) guru Fisika non PNS peserta Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pukul 08.00 WIB aku sudah berada di SMAN 5 Lhokseumawe. Sebelumnya aku mengantar Bilal ke sekolahnya yang tidak jauh dari SMAN 5 Lhokseumawe. Aku melihat belum banyak peserta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika yang hadir.

Aku menuju Laboratorium Fisika SMAN 5 Lhokseumawe. Aku bertemu Waka Kurikulum SMAN 5 Lhokseumawe, pak @fadlymatch. Beliau baru saja mengikuti kegiatan zikir di ruang guru. Selanjutnya bertemu Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe, Jamaluddin. Beliau melakukan inspeksi mendadak (sidak).


IMG_20210818_083932.jpg

Foto bareng Kasubbag TU dan Kepala SMAN 5 Lhokseumawe

Pak Jamaluddin menanyakan perihal guru yang belum semua hadir. Aku beralasan mungkin peserta masih dalam perjalanan. Maklum mungkin ada yang rumahnya berjauhan dengan SMAN 5 Lhokseumawe.

Pukul 09.00 WIB, semua peserta MGMP sudah berhadir. Aku memulai kegiatan pendampingan bagi guru Fisika peserta PPPK. Sebagai Fasilitator yang ditunjuk Dinas Pendidikan Aceh sekaligus ketua MGMP Fisika Kota Lhokseumawe, aku tidak perlu memperkenalkan diri lagi. Semua peserta sudah mengenalku. Aku langsung memberikan informasi umum terkait PPPK termasuk jumlah soal dan jadwal PPPK.


IMG_20210818_094759.jpg

Peserta duduk berdasarkan kelompok

Setelah duduk berkelompok, aku memulai memberikan materi sekilas tentang pedagogik. Aku menerapkan model pembelajaran andragogik atau pembelajaran untuk orang dewasa. Model ini mengharuskan peserta lebih banyak bekerja.

Aku membagi beberapa permasalahan atau soal untuk setiap kelompok. Aku meminta mereka untuk menentukan jawaban atau mencari solusi terhadap permasalahan tersebut. Permasalahan tersebut harus dicari solusinya berdasarkan modul yang sudah aku bagikan.


IMG_20210818_094748.jpg

Peserta mengerjakan tugas

Pukul 12.00 WIB, kami istirahat untuk makan siang dan Salat. Aku mengajak pak @fadlymatch untuk ngopi dan makan siang. Kami ngopi dan makan siang di Cafee Antara depan SMAN 5 Lhokseumawe. Kami menikmati kopi Antara dan makan siang yang disediakan Cabdin Lhokseumawe.

Selesai makan siang, kami menuju ruang Waka Kuriklum. Kami Slaat Zuhur di ruangan tersebut. Selesai Salat Zuhur kami ngobrol bersama staf Waka Kurikulum sambil menikmati lezatnya rambutan dan langsat. Alhamdulillah dapat menikmati langsat pemberian pak @fadlymatch yang sangat enak.

Pukul 14.00 WIB, kami melanjutkan kegiatan pendampingan. Setelah peserta mengerjakan tugas, aku meminta mereka untuk mempresentasikan hasil kerja di depan kelas. Satu per satu mereka mempresentasikan hasil kerja. Aku sebagai fasilitator hanya memberikan penguatan seperlunya.


IMG_20210818_164100.jpg

Salah seorang peserta mempresentasikan hasil kerja

Pukul 17.30, kegiatan untuk hari pertama kami akhiri. Aku ngopi di Dr kupi bersama pak Khairuddin. Selesai ngopi, kami membubarkan diri. Aku pulang ke rumah untuk persiapan Salat magrib. Pada malam hari selesai Salat Isya, aku menuju too fotokoi di Cunda untuk mencetak bahan-bahan keperluan dalam bentuk print out untuk dikirmkan ke Sekretariat Pascasarjana Unimed.

Bahan tersebut sebagai salah satu syarat keaktifan kuliah di Unimed. Aku mengirim berkas tersebut via J&T yang terdapat di Sp. Buloh Lhokseumawe. Selesai kirim berkas, aku pulang ke rumah untuk istirahat malam.


IMG_20210818_212928.jpg

Berkas yang aku kirim ke Unimed

Demikian the diary game saya pada tanggal 18 Agustus 2021. Semoga bermanfaat.

@darmawanbuchari

About Me

Thank You and Be Useful

Sort:  
 3 years ago 

Semoga MGMP nya sukses dan yang terpenting mudah-mudahan siang ini dapat makan siang gratis lagi ya, hehehe...

 3 years ago 

Wkwkwkw, siap setiap hari, hahaha

 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah terpilih dalam "Edisi ke #65: 5 Postingan terpilih [20-08-2021]". Kami berharap anda terus konsisten dalam membuat karya yang berkualitas.

Salam Hangat,
Account Manager @steemseacurator

 3 years ago 

Terima kasih. Insya Allah akan selalu konsisten.

Semoga apa yang direncanakan berjalan dengan lancar.. Keseharian yang di isi dengan hal-hal yang luar biasa.. Berbeda dengan kami yang hanya sebatas warung kopi 🙄

 3 years ago 

Amin. Ini ikhtiar besar Dinas Pendidikan Aceh, saya hanya melaksanakan saja. Semoga para guru tersebut lulus PPPK semuanya.

Aamiin Allahumma Aamiin 🤲🤲🤲

Selamat atas terpilihnya postingan ini pak👏👏👍👍

Semoga banyak yg lulus PPPK dgn dibimbing seperti ini , best pak

 3 years ago 

Amin. Terima kasih.

sama2 pak

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.025
BTC 56208.10
ETH 2476.58
USDT 1.00
SBD 2.26