The Diary Game [Kamis, 29 Juli 2021]: Tes Tulis dan Wawancara via Daring

in Steem SEA3 years ago

50% Reward aku dedikasikan untuk @steem.amal.


s3 6.png

Hi sahabat steemit. How are you today? I hope you are glad. Hari in aku mengisahkan kegiatanku mengikuti tes masuk Universitas Negeri Medan (Unimed). Doakan ya para steemians semoga aku lulus masuk Unimed.

Pada pagi hari aku berangkat ke sekolah untuk mengajar. Meskipun sekolah di Lhokseumawe kembali melaksanakan pembelajaran secara dalam jaringan (daring), tetapi para guru harus tetap masuk sekolah. Mungkin guru memiliki ketebalan terhadap Covid-19.

Setelah memberikan bahan ajar melalui Microsoft Teams, aku segera siap-siap untuk mengikuti ujian online masuk Unimed via CAT Unimed. Terdapat dua bidang yang diujikan yaitu Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris.


IMG_20210729_102126.jpg

Ujian online masuk Unimed

Setiap bidang terdiri atas 50 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 50 menit. Dengan demikian maka alokasi waktunya adalah 1 menit untuk setiap soal. Tentu waktu yang lumayan singkat. Namun harus tetap kami kerjakan sebagai syarat masuk Unimed.

Aku menyelesaikan kedua bidang tersebut sesuai dengan alokasi waktu tersebut. Aku memang memiliki kewalahan sedikit saat menjawab soal Tes Kemampuan Bahasa Inggris. Tetapi kewalahan tersebut dapat ku atasi dengan baik sehingga semua soal dapat aku jawab.

Selesai tes, aku segera pulang ke rumah. Aku harus mengikuti wawancara secara daring juga sebagai syarat. Wawancara tersebut adalah ekplorasi proposal yang kami ajukan sekaligus dibarengi dengan penggalian personal development dan motivasi. Jadwal wawancaraku adalah pukul 15.00 WIB yang akan diuji oleh dua orang Profesor.

Aku menjemput Bilal di tempat penitipan. Kemudian kami pulang ke rumah. Aku istirahat sebentar agar fresh saat wawancara nanti.

Selesai istirahat, aku melihat Bilal memperhatikan video pembelajaran kiriman gurunya. Bilal memperhatikan dengan seksama video tersebut dan memperagakan gerakan sesuai intruksi gurunya. Bilal memperhatikan video tersebut bersama temannya.


IMG_20210729_124550.jpg

*Bilal memperhatikan video kiriman gurunya

Pukul 14.15, aku segera mempersiapkan keperluan wawancara online. Aku masuk kamar Bilal agar lebih fokus, sementara Bilal di antar Uminya ke tempat pengajian. Aku segera menghidupkan laptop dan memasang headset. Aku masuk Zoom Unimed via link yang diberikan panitia.

Aku masuk pada room utama. Di room utama sudah join semua calon mahasiswa dan Dosen penguji. Panitia memberikan beberapa arahan di room utama. Nantinya kami masuk ke Breakout Room masing-masing sesuai dengan jurusan yang kami lamar.


Tes S3 1.png

Suasana room utama

Aku dipanggil oleh panitia room Teknologi Pendidikan (TP_1) untuk masuk Breakout Room TP-1. Aku segera masuk ke Breakout Room tersebut. Aku melihat calon mahasiswa sebelum aku sedang memaparkan ide risetnya. Aku juga melihat dan mempelajari apa saja yang dieksplor oleh Profesor penguji.


Tes S3 3.png

Salah seorang calon mahasiswa diuji oleh Profesor penguji

Pukul 14.45, setelah calon mahasiswa tersebut selesai diwawancara, aku diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Aku segea mengenalkan diri. Kemudian aku diminta untuk memaparkan ide awal riset. Aku hanya diberikn waktu 8 menit untuk memaparkan proposal.

Aku segera memaparkan ide riset via PPT yang sudah aku persiapkan. Tidak sampai 8 menit, aku sudah selesai memaparkan ide awal riset. Ketua Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Unimed, meminta Penguji II untuk mengeksplor proposalku. Aku disidang dengan beberapa pertanyaan. Setiap pertanyaan aku jawab dengan baik. Penguji tersebut memuji ide riset. Terutama saat aku mengaitkan dengan pelestarian budaya melalui pendekatan sains terintegrasi pembelajaran yang saat ini tergerus oleh perkembangan zaman dan pandemi.


S3 7.png

Pemaparan ide awal riset

Ketua Prodi lalu mengeksplor lebih dalam terkait motivasi, jaminan biaya, dan pengembangan personal. Aku menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan baik dan lancar. Tidak berapa lama wawancara denganku dianggap selesai.

Sore hari sekitar pukul 17.30 WIB, aku diajak oleh teman se-Komplek untuk gowes. Aku segera mengiyakan. Setelah sibuk dengan tes masuk Unimed, aku tentu butuh refreshing. Salah satunya dengan gowes sore. Kami segera gowes dengan rute yang kami sepakati.


WhatsApp Image 2021-07-29 at 18.16.30.jpeg

Gowes sore

Pada malam hari tidak banyak aktivitas yang kulakukan. Setelah Salat Isya, aku mengikuti rapat di komplek terkait permasalahan komplek. Rapatini sangat penting. Selesai rapat aku pulang dan istirahat.

Demikian the diary game saya pada tanggal 29 Juli 2021. Semoga bermanfaat.

@darmawanbuchari

About Me

Thank You and Be Useful

Sort:  
 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah terpilih dalam "Edisi ke #49: 5 Postingan terpilih [30-07-2021]". Kami berharap anda terus konsisten dalam membuat karya yang berkualitas.

Salam Hangat,
Account Manager @steemseacurator

 3 years ago 

Terima kasih

 3 years ago 

Semoga tes nya berjalan lancar dan lulus masuk Unimed ya Cekgu @darmawanbuchari.🙏

 3 years ago 

Amin. Terima kasih ya

Bilal, 😍 doa terbaik untuk nya semoga dapat mengikuti jejak nama yang di sandangkan.. Saya sedikit teringat akan kisah cinta seorang bilal bin rabah kepada Rasulullah.. 😍

 3 years ago 

Amin. Terima kasih bang

Sama-sama bang , 🙏🙏☺

 3 years ago 

Praying for your success! I know you will make to past the test and interview!. Keep steeming @darmawanbuchari!

 3 years ago 

Amin. Thanks for your praying and motivation.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 63718.61
ETH 3390.60
USDT 1.00
SBD 2.62