The Dairy Game, Senin 20 Mei 2024: Fasilitasi Guru SMK Tentang AI

in Steem SEA25 days ago


WhatsApp Image 2024-05-20 at 16.35.23 (1).jpeg

Monitoring pengerjaan tugas

Hai sahabat steemit. Apa kabarnya? Semoga sehat dan sukses selalu. Kali ini saya akan mengisahkan perjalanan saya memfasilitasi guru SMKN 7 Lhokseumawe tentang pemanfaatan AI sebagai asisten guru dalam pembelajaran.

Pada pagi hari, selepas mengantar Bilal di Sekolah Sukma Bangsa, saya menuju Bank Aceh Cabang Lhokseumawe. Saya melakukan complain ke customer bank ini terkait aplikasi Action yang salah transaksi. Kedatangan saya ternyata terlalu cepat. Para karyawan bank plat merah ini belum buka.

Saya menunggu sejenak di dalam mobil. Beberapa saat kemudian, bank tersebut mulai membuka operasionalnya. Saya segera mengambil nomor antrian pada customer. Saya duduk di kursi tamu. Butuh beberapa lama saya menunggu, padahal saya mengambil antrian pertama. Tiba-tiba masuk nasabah tanpa ambil nomor antrian langsung menuju customer service atau cs dan dilayani. Agak mengherankan juga sih.


WhatsApp Image 2024-05-22 at 21.24.36.jpeg

Gedung Bank Aceh Cabang Lhokseumawe

Beberapa saat kemudian security menanyai saya mau ke mana. Saya katakana urusan dengan cs. Baru nomor antrian saya dipanggil. Saya mengomplain transaksi Action yang gagal tetapi saldo tetap dipotong. Bukan persoalan nilainya, tetapi kejadian ini tidak boleh terulang lagi. Setelah complain dan tanda tangan berita acara, saya menuju Dr Kupi untuk minum kopi di café langganan saya ini.

Pukul 10.30, saya menjemput istri untuk pergi kondangan di Matangkuli. Kami sampai di Matangkuli sekitar pukul 12.00 WIB di gampong Rayek Glang Glong. Setelah menyalami tuan rumah dan makan siang, kami kembali ke Lhokseumawe. Saat pulang, kami tidak lupa membeli rujak Nibong yang sangat terkenal itu.


WhatsApp Image 2024-05-22 at 21.24.18.jpeg

Rujak Nibong

Sampai di Lhokseumawe, saya mengantar istri ke kantornya. Kemudian saya menjemput Bilal di sekolahnya. Pukul 13.30, saya sampai di rumah. Saya segera salat dan bersiap-siap untuk menuju SMKN 7 Lhokseumawe. Saya diundang untuk memfasilitasi guru-guru SMKN 7 Lhokseumawe tentang pemanfaatan artificial intelligence (AI) sebagai asisten guru dalam pembelajaran.

Saya menyampaikan materi AI secara umum. Kemudian saya mengajak guru untuk mempraktekkan secara langsung terkait AI dalam pembelajaran. Misalnya untuk mempercepat membuat administrasi pembelajaran, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran. Saya membersamai mereka hingga pukul 16.00 WIB.


WhatsApp Image 2024-05-20 at 16.35.23.jpeg

Fasilitasi Guru Belajar AI

Selesai kegiatan, saya salat Asar di Meunasah Mesjid. Kemudian minum kopi di Bandara Kupi sambil menunggu waktu penjemputan Bilal di tempat ngajinya. Saya menikmati kehangatan ngopi sore hari di warung kopi ini. Kemudian saya menjemput Bilal.

Pada malam hari saya mempersiaapkan bahan ajar untuk guru-guru SMAN 1 Jeumpa tentang perancangan perangkat ajar Kurikulum Merdeka pada PMM berbasis AI. Saya diminta memfasilitasi guru di sana selama 2 hari. Selesai membuat bahan ajar, saya istrirahat malam.

Demikian diary saya hari ini. Semoga bermanfaat.

@darmawanbuchari

About Me

Thank You and Be Useful

Sort:  
 21 days ago (edited)

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

comment

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25
Status Club
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here
 20 days ago 

Thanks.

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 66269.64
ETH 3568.77
USDT 1.00
SBD 3.06