Steem SEA's Red Fish Support Program : The Evaluation and Opinion

in Steem SEA3 years ago (edited)

Salam sTEeMiANs


17 hari yang lalu, saya mengumumkan tentang program mendukung Aneuk Seurideng alias Steem SEA's Red Fish Support Program, dimana ada 13 Steemians terpilih untuk mendapat support dari 3 delegator, yaitu @anroja (1000 SP), @el-nailul (200 SP) dan saya sendiri (100 SP). 14 belas hari yang lalu, saya memberikan hadiah dan menugaskan kepada para delegatee untuk melakukan beberapa tugas yang sangat mudah dan bila dikerjakan bisa membuat mereka berkembang lebih cepat.


ini adalah kondisi terakhir status mereka pada pukul 20:30, Senin 7 Juni 2021, karena saya kelupaan mencatat keseluruhan peserta sehingga harus memperkirakan beberapa hitungan awal sesuai dengan postingan yang mereka lakukan tentang power up. Harap Maklum, kadang-kadang keasyikan sendiri sampai lupa tugas memantau pertumbuhan anggota.
cicisaja-blue.png

Dari daftar di atas yang saya dapat dengan mengubrak-abrik steemworld akunnya untuk menghitung dan melihat aktifitas akun mulai dari nilai SP terakhir, jumlah postingan dan komentar, total vote yang diterima dan diberikan, Nilai kurasi selama 7 hari terakhir, sumbangan kepada steem.amal dalam 7 hari terakhir, SBD dan Tugas Achievement di akun mereka.


tanda bintang pada angka paling atas adalah bobot nilai penghitungan yang saya pakai untuk mendapatkan nilai total nantinya dan saya sederhanakan angkanya menjadi pembulatan terdekat, ternyata 5 tahun ngga pegang laptop dan excel, anak mudanya mumang lheuh😟

🔨 Menghitung SP : saya mendapatkan hasil dari mengurangkan SP kini dengan SP 1 (awal saat mengikuti program), lalu saya kalikan 100. Selisihnya masuk ke kotak itu. Maka angkanya jadi tidak begitu adil karena yang ber-SP 0 pada awal program akan mendapat angka 100 pada akhir program. Namun saya pikir cukup adil karena bobotnya hanya 20%.
🔨 Menghitung Komentar : Saya terpaksa masuk ke akun untuk menghitung komentar yang mereka lakukan dalam 14 hari terakhir kecuali @mirzamg dan @alee75, karena mereka melewati target yang direncanakan yaitu 20/hari atau 280 komentar selama 14 hari. Maka rumus yang saya pakai adalah total komentar dibagi angka 280 dikalikan 100. Komentar saya beri bobot nilai 10 karena saya paham tidak semua Anseur punya waktu untuk membaca postingan orang lain yang kemudian berpengaruh pada pendapatan kurasi mereka juga.
🔨 Menghitung Postingan: Saya membandingkan postingan sebelum program dan sesudah program dan mendapat angka yang menakjubkan pada beberapa Anseur serta angka yang memprihatinkan pada Anseur yang lain. Saya menggunakan angka 14 sebagai pembagi dengan asumsi, paling kuat bikin 1 postingan sehari. Maka selisih postingan awal dan akhir dibagi 14 dikalikan 100. Bobotnya 10 saja karena ini adalah kebiasaan dasar seorang steemian.

cicisaja-green.png

🔨 Menghitung Kurasi: Saya kesulitan benar dengan bagian yang satu ini karena saya sudah lupa semua rumusan yang cocok untuknya, karena itu saya menggunakan modifikasi paling sederhana yaitu nilai kurasi selama 7 hari terakhir saya kalikan saja dengan angka 100. Bobotnya 20 karena ini penting untuk menambah besarnya SP dengan memanfaatkan SP delegasi untuk melakukan kurasi. Ada yang sangat lihai menggunakan "upvote" ada yang sama sekali tidak peduli sepertinya.
🔨 Menghitung tugas Achievement: Karena total achievement yang harus dilakukan oleh newcomer ada 10 postingan, maka saya kalikan saja dengan angka 10. Bobotnya 20 karena ini adalah kunci dari bersteemit dengan gembira dan memahami bagaimana mengeruk keuntungan dari steemit dengan cara-cara yang elegan.
🔨 Menghitung Charity/Amal : Saya masuk ke akun steem.amal di steemworld, lalu melihat bagian tabs Coming Rewards memeriksa lembar demi lembar untuk menemukan nama Anseur yang sangat berjiwa sosial dengan membagi nilai payoutnya yang tak seberapa itu dengan steem.amal. Angkanya saya dapat dengan membagi jumlah postingan dengan angka 7 lalu dikalikan 100. Bobotnya 20 karena ini penting bagi setiap anggota Steem SEA untuk mendukung program Komunitas seikhlasnya.

inilah hasil akhir dari penghitungan yang agak sedikit dipaksakan demi mendapatkan nilai yang bisa memberikan gambaran pertumbuhan para Aneuk Seurideng dalam program ini. Angka ini sekaligus membuat saya harus berrpikir ulang mengenai metoda yang akan saya gunakan untuk melanjutkan program ini pada tahap berikutnya

Mengapa Total Nilai bisa lebih dari 100 padahal bobot nilainya adalah 100?

Tadinya saya ingin menggunakan patokan angka yang seragam saja untuk menghindari margin error yang makin tinggi, tetapi apalah daya, saya tidak mampu melakukan itu😳😳 sekarang baru saya menyesal kenapa saat belajar matematika dengan Alm. Prof. Damhuri sering baca komik dan saat belajar ilmu statistik saya sering kabur dan malah ngajak Alm. Professor Gunawan Ngopi di UK atau nonton tanding bola antar jurusan ketimbang belajar statistik dengan benar💔💔💔. Seharusnya angka totalnya adalah 20+10+10+20+20+20, tetapi ada Anseur yang memperoleh angka lebih dari 10 pada kolom komentar dan postingan karena angka patokannya lebih kecil dari pencapaian mereka. tidak adil bila mengabaikan pencapaian mereka itu maka abaikan saja soal rumusan yang baik dan benar, karena intinya bukanlah pada nilai total tetapi pada capaian yang mereka raih.

Mudah-mudahan @naufal atau @aneukpineung78 bisa membantuku dengan menyediakan rumusan yang lebih baik nanti. Math is really not my cup of tea, Broda!! Heelppp, Please🙌🙌

cicisaja-right-purple.png

Sambil makan kue, kita bahas tentang pencapaian para Anseur secara umum. Saya Memberikan apresiasi kepada @mirzamg, @syakbans dan @alee75 yang masing-masing punya pencapaian terbaik dalam hal keaktifan dalam membuat postingan, berkomentar dan menyumbang pada steem.amal. Keberanian untuk melakukan power up 🚀 juga layak diberikan jempol pada @meutanom, @wet.fish, @ranesa70, dan @ulul12 dengan menyisihkan sedikit dari pendapatannya untuk membeli steem.

Sambil Ngopi espresso juga asyik, apalagi kalau kopinya Arabika Gayo atau Papua. Agak sedih juga melihat Anseur yang tidak memanfaatkan SP delegasi dengan maksimal untuk mendapatkan tambahan SP melalui kurasi. Apalagi tidak meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas achievement yang bisa jadi modal bagus untuk kenal steemit lebih baik, berkelana di komunitas yang memberikan dukungan pada Newcomers dan tidak terpaku pada satu komunitas saja. Saya tidak bisa memaksakan para Anseur untuk mengikuti semua saran yang disampaikan. Steemit hanya salah satu bagian dari kehidupan mereka dan tentu saja tidak semua punya waktu untuk ikut kontes-kontes guna berlatih menulis dan membangun jaringan.


Bila berani melakukan kurasi lebih agresif, maka hasilnya akan terlihat lebih indah, seperti yang dilakukan oleh @mirzamg, @syakbans, @maknaliterasi, @ulul12, @wet.fish, hasil yang didapat juga cukup baik dibandingkan hanya membuat postingan. Semoga mereka melakukannya bukan karena sekedar saya suruh tetapi juga karena mereka sudah paham apa manfaat dari melakukan kurasi atau Upvote alias engkol. Setelah memperhatikan isi wallet dari para Anseur, Saya mengambil kesimpulan bahwa mereka sudah bisa mandiri tanpa bantuan SP delegasi lagi, karena itu, SP delegasi telah dicabut dan diharapkan para Anseur bisa ber-steemit dengan gembira.

Saya ucapkan terima kasih kepada delegator dan juga kepada ex-delegatee @awanilusi, @dania89, @ellia, @meutanom, @rhefaldi, @tooris, @maknaliterasi, @mirzamg, @alee75, @ranesa70, @wet.fish, @ulul12, @syakbans yang telah mengikuti program ini serta menunjukkan keseriusan untuk berinvestasi di steemit, menjadi steemian aktif dan ikut membangun komunitas.

Sebagai penghargaan kepada mereka yang telah mengikuti program dengan baik, saya akan memberikan sedikit hadiah hiburan kepada nama-nama berikut ini:

NamaUntukHadiah
@mirzamgnilai tertinggi3 steem
@syakbanskepedulian3 steem
@alee75keaktifan2 steem
@wet.fishkeberanian1 steem
@ulu12keberanian1 steem
@ranesa70keberanian1 steem
@maknaliterasikeaktifan2 steem

Program ini akan berlanjut dengan metode yang berbeda dan tetap menyasar Newcomers atau mereka yang ber-SP minim sehingga tidak bisa aktif. Mungkin saja anda salah satu yang kami cari dan berhak menggunakan SP delegasi selama 2 minggu syarat dan ketentuan berlaku. Silakan yang ingin jadi delegator tidak dibatasi dan untuk menyasar lebih banyak delegatee, kita atur di angka 50SP. 50% payout untuk @steemseacurator sebagai upaya mendukung komunitas.

cicisaja-green.png

Jangan kelen debat rumus dan metode aku yaa, akupun gugup dan gagap saat menghitung dan menemukan cara mengeluarkan angkanya. Nanti pelan-pelan kubereskan, biar adil sejak dalam pikiran. Kalau ada yang bisa kasih rumus atau formula lebih baik, aku dengan senang hati menerimanya, okhay✌✌

Sampai Jumpa lagi, aku mau nangis dulu gegara kalah 0-4 dari Vietnam😭😭 ulasannya menyusul, Insya Allah kalau mood.

Sort:  

Luar biasa jiwa membangun dari seorang @cicisaja , terima kasih telah berbagi di platform steemit

 3 years ago 

just for fun karena sudah pernah mengalami betapa sulitnya jadi plankton aka aneuk seurideng pak @gourdon, makanya sekarang nyoba jadi jembatan penghubung antara mereka dengan delegator berhati mulia.

terima kasih kembali

 3 years ago 

Support program luar biasa untuk "Aneuk Seurideng". Sampe-sampe Mak Seurideng susah ngitung angka2 karena dulu sering bolos kuliah matematik...he he he

 3 years ago 

Bolos nggak bang, kan komting😁 pegang absen. Cuma ya gitu... Baca komik pas kuliah, ujian dikerjakan teman🤭

 3 years ago 

Bu @cicisaja maaf saya gatal ni untuk komentar kalimat terakhir aja, nangis kan kalah telak? Maka nya saya bilang jangan terlalu bangga bisa menahan Thailand kemaren tu🤭🤭🤭

 3 years ago 

Meski nangis...saya tetap bangga pada timnas, mereka menahan Vietnam tanpa goal di babak pertama juga Dan itu keren. Tapi babak kedua, sepertinya kekacauan terjadi dlm Tim, aneh, bertahan tidak menyerang tidak ... Tetap seru kata saya.

Saya tetap bangga pada timnas, apapun hasilnya💖 sebab jelek buruk timnas Indonesia is my country's rep✌️ merdeka!

btw, benar sekali kak, gak nyangka dicukur 4-0. asli kecewa banget kak.😢😢

 3 years ago (edited)

Aku siyh nggak terlalu heran sebenarnya, udah beda kualitas sejak 2 tahun Lalu, tapi ini beneran menyedihkan...babak kedua hilang arah timnas😭

ikut nimbrung disini ah,,,, Mental nya masih belum oke. Gegara handball gak dilihat wasit jadi hilang fokus semua, wajar skor 4-0 dgn cara tampil semalam. salut dgn vietnam, tim nya gak dirombak-rombak sejak 2018... opa Park Hangseo memang ngeselin, tpi diakui dia hebat membina Vietnam

 3 years ago 

naah itu, padahal kerena waktu babak pertama, masak cuma gegara wasitnya begitu.. mentalnya jatuh, kalau aku lihat siy memang ada masalah di belakang. egy dan witan masuk... agak berubah, tapi nggak cukup

mimpi ke piala teralu tinggi untuk indo, nyaingin negara asean susah

 3 years ago 

Nggak ada yg salah dengan mimpi, sebab kalau tak ada mimpi maka tak pernah tahu artinya mimpi jadi kenyataan.

Setidaknya ada jatah di piala dunia U-21 sebab tuan rumah 🤣

Alhamdulillah karena jd tuan rumah😂😂

 3 years ago (edited)

Terimakasih atas hadiah STEEM nya cut kak☺
Terimakasih juga atas bimbingan serta arahan cut kak selama ini dan juga bang @el-nailul
Saya sendiri merasa sangat senang dan bahagia pernah menjadi aneuk seureudeng cut kak, namun apalah daya setiap pertemuan pasti di akhiri oleh perpisahan 😢

 3 years ago 

Jangan lah jadi Aneuk seurideng terusss...Kan Sudah dapat pengalaman, ayoo gercep jadi minnow!

 3 years ago 

Siap cut kak...

 3 years ago 

selamat kepada pemenang, dan yang belum beruntung jangan pernah berkecil hati, masih ada kesempatan dilain waktu tentunya..dan untuk kakak @cicisaja terima kasih atas segala bantuan serta partisipasinya selama ini khususnya bagi kami para steemian....

 3 years ago 

Ini bukan kontes @rahmadvirgosa 😁 tidak ada pemenang, yang ada hanya mereka yang berkembang lebih keren dalam 2 minggu.

Terima kasih atas perhatiannya✌️

 3 years ago 

Oooppss... Maaf kalau begitu kak @cicisaja, saya kira ini sebuah kontes...😁😁

 3 years ago (edited)

Terimakasih untuk kak @cicisaja , abang @anroja, bang elang @el-nailul dan kepada semua pihak yang terlibat dalam program membantu aneuk seurideng dalam mengembangkan diri agar lebih leluasa berselancar di dunia steemit, kami berharap program luar biasa ini terus berlanjut, dengan berakhirnya kontrak kami sebagai aneuk seurideng yang terjaring pada tahap pertama, bukan berarti hubungan yang telah di bangun juga ikut berakhir, kami masih mengharap bimbingan dan dukungan serta arahan agar terus berkembang dan lebih baik lagi ke depannya...
🙏🙏🙏🙏

 3 years ago 

Sudah saatnya berhenti bergaya sebagai Aneuk Seurideng 👌 Kan Sudah mandiri, saatnya buat bantu yg lain juga. Jangan berhenti berkembang, komunitas Kita butuh orang2 cerdas Dan aktif seperti Mirza 🤗

InsyaAllah kak, siap membantu dan terus berkembang untuk kemajuan komunitas ini, terimakasih kak @cicisaja yang telah mengantar kami hingga tangga yang lebih tinggi dalam mendaki di dunia @steemit 🙏🙏

 3 years ago 

Hahaha...loen cuma tunjuk jalan, usaha droun lah yg peugot mandum berubah👍 salute🙌

Miseu hana yang tunjuk jalan mungken kamoe akan tersesat bak titik tertentu, program ini sangat berarti bagi kami dalam menentukan langkah agar tidak salah arah, terimakasih kak @cicisaja ..

 3 years ago 

Biuat yang cerdas Dan mau, program ini banyak untungnya, tapi buat yang cuek beibeh... Mudah2an juga dapat arahnya.

Aamiin, 🙏🙏🙏

 3 years ago 

Benar sekali, @mirzamg punya potensi untuk berkembang karena memiliki kreatifitas dan kecerdasan..

Alhamdulillah bang, semoga dengan potensi yang Allah singgahkan, saya dapat lebih berkembang demi untuk memajukan komunitas ini dengan segenap kreatifitas yang saya miliki, sejauh jalan yang telah saya tempuh tidak terlepas dari bimbingan dan arahan dari para orang-orang hebat dalam komunitas ini 🙏🙏

 3 years ago 

Sekarang estafet di tangan Anda untuk terus membimbing dan membantu yang lainnya

InsyaAllah bang, kami akan berusaha semampu nya untuk membantu dan berbagi informasi kepada para steemian lainnya , hal ini juga sebagai suatu pembelajaran untuk diri sendri, berbagi informasi akan membuat kita lebih berkembang dalam hal menambah wawasan dan menggali pengetahuan.

 3 years ago 

Sana ikut kontesnya bang arie.steem di SIZ😁 ntar dibuka lowongan greeter helper jgn nggak daftar

InsyaAllah , masih di sibukkan dalam agenda inti bulan syawal (pesta) 🤭 , pasti akan ikut berpartisipasi 🙏

Lon hana roeh,𝕙𝕒𝕙𝕒𝕙𝕒𝕙𝕒 ᥬ🤣᭄

 3 years ago 

Iyaa.. dröen Hana rôh, watee nyan dröen ka deuh jeut keudröe aju😁

 3 years ago 

Nyan tanda-tanda @ikbal43 kajeut Mita pendampeng kak @cicisaja😂

ilon han kumukawen, kuneuk peu jeut ke lajang abadi. 𓆩🤣𓆪

 3 years ago 

4-0 koq sikit x,.. Yg pas 6-0...

 3 years ago 

Nggak lah... 4-0 itu udah nggak pas, goal ke 3 ada kenal tangan dulu. Tapi memang libero kurang mantap tadi malam, keren di Klub tapi nggak kompak di timnas.

Matur tengkiu @cicisaja, sumpah, saya bener2 nyesel ga maksimal menggunakan kesempatan itu. Banyak hari yang bolong terisi postingan juga kurang agresif, harus dielus-elus dulu baru kenceng 😂😂😂

Matur tengkiu buat Abang ganteng @anroja, juga abang-abang yang lainnya yg sudah dengan suka rela mendukung dan menyemangati nenek rempong ini. 🙏

Sukses buat semuanya, salam hangat dan tetap sehat

 3 years ago 

gpp teteh... kan sudah dapat pengalaman. lagian sekarang steem powernya juga sudah lumayan cukup buar bergembira di steemit, terima kasih sudah melakukan power up.

semoga semakin sukses ke depannya nanti

sama say.... sekali lagi matur tengkiu yaaa ❤

 3 years ago 

sami-sami

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64400.67
ETH 3506.16
USDT 1.00
SBD 2.53