The Diary Game : 15-06-2021 | Membuat Logo Untuk Komunitas Steemit

in Steem SEA3 years ago (edited)

48.jpeg

bismillah.png

Halo semuanya, jumpa lagi dengan saya @buyahanan, semoga teman-teman dalam keadaan sehat dan dilindungi oleh Allah. Amiin…

Pada postingan kali ini , Selasa 15-06-2021, saya akan menunaikan janji saya pada postingan sebelumnya.yaitu :

Saya berjanji dalam hati akan membuat konten-konten yang berkualitas yang akan memberikan kontribusi yang nyata untuk steemit dan para steemian. INSYAALLAH


PROLOG

Kesibukan saya hari ini tidak ada yang berubah, masih seperti biasa, berprofesi sebagai freelance designer lepas membuat saya mempunyai sedikit circle social, tidak seperti bg @fajrihasan12 yang sedang mengabdi di negeri Sabah sana, tentu mempunyai jiwa sosial yang tinggi, disatu sisi saya cemburu dengan kesibukannya, wkwk, tapi ya semua punya porsi dan perannya masing-masing.

Mungkin salah satu yang berbeda hari ini yaitu saya memandikan hanan di depan rumah kami / di area terbuka, kenapa? Karena dibarengi dengan mencuci motor pagi-pagi. Anak saya sangat antusias ketika diajak pertama kali mandi di luar rumah, namanya juga bocah ya..wkwk

50.jpeg


MEMBUAT LOGO UNTUK KOMUNITAS STEEMIT


Pada postingan kali ini saya akan lebih menceritakan kesibukan saya dalam membuat logo untuk salah satu komunitas steemit, kebetulan mentor saya @naufal kemaren memberikan info kalo ada kontes logo, dan ketika saya lihat entries peserta yang masuk, sense of design saya terusik * kok giniiii siih*…😑

Dikarenakan saya sudah berjanji dan bertekad akan membuat konten yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi steemit, maka saya putuskan untu ikut serta dalam kontes tersebut.

Buat yang belum tau ya, sebuah logo yang bagus itu membutuhkan waktu yang lama untuk memikirkan konsep dan hasil akhirnya, bermula dari riset yang panjang untuk menciptakan sebuah logo yang professional.

Saya mulai mendesain pukul 09.00 WIB , kerjaan desain lain dipinggirkan dulu. Hanan saya titipkan ke istri, berusaha fokus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Saya akan jelaskan secara sederhana, langkah-langkah seorang desainer logo dalam membuat logo :

Langkah pertama : Riset

Situs-situs yang biasanya saya jadikan referensi untuk riset saya adalah : Shutterstock.com, Pinterest.com, Freepik.com, Google.com

hasil riset dikumpulkan untuk mendapatkan pencerahan / ide baru

Langkah Kedua : Sketsa Ide

Jika teman-teman sudah menemukan pencerahan dari riset yang dilakukan, teman-teman bisa tuangkan terlebih dahulu diatas kertas, corat-coret sampai menemukan komposisi yang pas
47.jpeg

Langkah Ketiga : Eksekusi Desain di Aplikasi

Setelah mendapatkan sketsa yang bagus, dilanjutkan dengan memindahkan rancangan sketsa tadi ke dalam aplikasi desain vector, saya biasanya menggunakan : CorelDraw, AdobeIllustrator, AffinityDesigner.

38.png

Langkah Keempat : buat alternatif

Alternatif ini diperlukan agar hasil akhir desain mendekati maksimal, tidak berpuas diri dengan ide yang pertama

39.png

Langkah Kelima : Buat Presentasi

Agar desain logo kita terlihat lebih menarik dan professional, harus dibuatkan presentasi yang memanjakan mata.

49.jpeg

Disclaimer : Langkah Kerja ini adalah langkah yang biasa saya lakukan, mungkin berbeda bagi designer lainnya.


Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB, kurang lebih sudah 5jam saya duduk didepan laptop nonstop, belum sholat dan belum makan siang ternyat ( Ampuni Hamba Ya Allah ). Setelah presentasi dirasa cukup meyakinkan, saya menulis postingan di komunitas Steemit Iron Chef, untuk mengikuti kontes logo tersebut.

Berikut Link Postingan saya terkait kontes logo steemit iron chef link
Kalian juga masih bisa mengikuti kontesnya jika tertarik, batas waktu hari rabu jam 5 sore,berikut linknya


Mungkin hanya sedikit yang relate dengan postingan ini , karena kontennya lebih spesifik kearah profesi designer, tapi ya begitulah The Diary Game saya hari ini, makanya saya tulis saja, wkwk, semoga menjadi sudut pandang yang baru bagi teman-teman dalam menilai sebuah desain. Ide dan Konsep itu sangat mahal harganya kawan, karena melahirkan sebuah pemikiran baru itu prosesnya panjang, kita yang tidak paham hanya menikmati hasilnya, lalu berkata “gini doaang???” nyesek cuy, seriuss…😑

Mungkin dicukupkan dulu cerita saya hari ini, semoga dapat diambil nilai postifnya ya, jika ada yang kurang pas mohon dimaafkan, Oh ya.. next postingan insyallah saya akan memposting tentang DESAIN INTERIOR dengan tema:
Desain Interior untuk CoffeeShop Nuansa Steemit

Jika teman-teman ada saran atau masukan mengenai Desain interior apa yang harus saya buat, bisa tulis di kolom komentar ya ( siapa tau ada ide yang brilliant)

Disclaimer : Profesi saya bukan designer logo ya, tapi Designer Interior, corat-coret logo merupakan salah satu hobby saya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sort:  

saya justru iri dgn anda @buyahanan , bisa selalu dgn buah hati :D

 3 years ago 

Makonyo capek pulang wkwkwkwk

 3 years ago 

Ini namae alternate color, logonya ya sama aja

image.png

 3 years ago 

Logonya terlihat keren, mantul. Mentornya juga keren . cc @naufal :D

 3 years ago 

iya, tanpa mentor yang hebat kita tidak akan bisa berkembang di steemit, mohon kritik & saran nya ya bg kalo ada postingan yang kurang pas, salam dari kota Padang

 3 years ago 

Salam kenal dari Aceh uda.

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64111.27
ETH 3065.56
USDT 1.00
SBD 4.00