The Diary Game : 14-06-2021 | Berbeda Pendapat Tentang Steemit

in Steem SEA3 years ago (edited)

38.png

bismillah.png

PROLOG

Halo semuanya, jumpa lagi bersama saya @buyahanan, semoga teman-teman dalam keadaan sehat dan produktif ya.

Di hari senin ini , sama seperti hari lainnya, aktivitas harian saya dipagi hari tidak lepas dari urusan rumah, keluarga, anak, dan kerjaan. Mungkin teman-teman sudah membacanya di Diary game sebelumnya. Oleh karena itu saya akan fokus bercerita tentang meeting saya sore tadi bersama mentor paling ikhlas @naufal, kenapa kok bisa paling ikhlas? Coba saja hubungi dia dan Tanya-tanya soal steemit, pasti akan dijawab dengan gamblang.

Ini merupakan pertemuan kedua kami membahas tentang steemit, rangkuman hasil diskusi pertemuan pertama bisa kalian baca disini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman dari hasil saya berguru dengan mentor @naufal. Oke lanjut baca ya…


BERBEDA PENDAPAT TENTANG STEEMIT


Sore ini saya tiba-tiba ditelpon dadakan oleh @naufal untuk meet up karena kebetulan dia sedang di Kota Padang . luar biasa kan, mentor yang satu ini, tanpa diminta dan tanpa imbalan apapun dengan sukarela mengajarkan saya yang masih awam ini, apa untungnya coba? Gak ada, hanya murni dedikasi untuk steemit. 🙇‍♂️

Maka diaturlah pertemuan di sebuah kafe dekat rumah saya yang bernama Tonggak Coffee. Sesudah Sholat Ashar kami sudah berada di lokasi dan mengobrol apa saja tentang steemit (kurang lebih kami mengobrol selama 2jam) mulai dari 16.00 – 18.00 WIB.

Saya mulai berkeluh kesah tentang susahnya membuat postingan dan mendapatkan vote dari para curator, sampai saya membuat satu statement
“ Di steemit ini kita newcomers akan sulit berkembang, karena hanya berkutat mencari receh imbalan dari para kurator, enak sekali mereka yang sudah berada diatas seperti @anroja @ernaerningsih @arie.steem dll.”

“steemit itu ibarat sebuah sistem kerajaan”, kata saya lagi, yang kecil akan sulit untuk berkembang, kecuali jika kita mengenal secara personal akun-akun besar”

Namun teman saya ini sangat tidak setuju dengan statement saya, dia jelaskan secara detail
“ Saya maklumi antum karena melihat dari sudut pandang orang awam baru mengetahui steemit , tapi coba sekarang sudut pandangnya antum balik, apa gunanya bagi para akun-akun besar meluangkan waktu dan tenaga untuk membina para pendatang baru seperti antum? Akun mereka besar karena buah dari kontribusi mereka untuk steemit selama ini sejak tahun 2017, bahkan ketika steemit lagi ambruk-ambruknya mereka tetap konsisten bersama steemit. antum baru masuk steemit 3 minggu sudah banyak gaya”

Trus saya bertanya lagi “lalu gimana caranya agar kita bisa mendapatkan SteemPower (SP) secara instan dan dalam skala banyak ”

@naufal berkata , “ gampang, tinggal beli aja SteemPower , 1.000SP setara dengan 6jutaan, mau gak? “

“Hehe belum ada duit” ujarku

“Nah kan, yaudah ana tunjukkan cara nya agar antum bisa dapatkan Steem dengan kemungkinan persentase voting yang besar"

disclaimer : sapaan kita menggunakan ana-antum karena lulusan pondok yang sama


Untuk cara mendapatkan peluang persentase voting yang besar, akan saya rangkum dalam beberapa point :

  1. buat konten yang berkualitas (bernilai guna untuk steemit maupun untuk para steemian)
  2. Ikuti kontes-kontes yang banyak diadakan oleh berbagai komunitas.
  3. Buat postingan yang berkelanjutan ( postingan yang mempunyai beberapa bagian sehingga ditunggu oleh para pembaca)
  4. Temukan komunitas yang cocok dengan passion antum.
  5. Kalau sudah dapat steem, jangan langsung di rupiahkan, jadikan dulu SteemPower(SP), persentasenya 90% untuk steempower 10% untuk dinikmati**

Setelah mendapatkan penjelasan dari mentor saya, dari lubuk hati yang paling dalam saya menyesal dan minta maaf untuk para pendahulu di steemit “assabiquunal awwalun”.Terkhusus kepada @anroja, @ernaerningsih, @arie.steem atas su'udzon saya. Memang pemikiran seseorang sangat berpengaruh dengan posisi dan keadaanya saat ini, sangat subjektif lah.

image.png

sumber

Saya berjanji dalam hati akan membuat konten-konten yang berkualitas yang akan memberikan kontribusi yang nyata untuk steemit dan para steemian. INSYAALLAH

saya berusaha untuk mengikuti setiap kontes-kontes yang sesuai dengan kemampuan saya.agar dapat berkontribusi banyak untuk komu nitas yang saya ikuti.

Mungkin cukup sekian cerita saya pada kesempatan kali ini. Sekali lagi saya mohon maaf atas statement saya yang sangat subjektif dikarenakan dangkalnya ilmu dan informasi terkait steemit ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sort:  
 3 years ago (edited)

Cc: @anroja @ernaerningsih @heriadi @nazarul @klen.civil @el-nailul @ayijufridar @zainalbakri @arie.steem @cicisaja, dll

Suhu2 dan Master2 yang saya mention, dengan segala hormat, waktu dan tempat dipersilakan di kolom komentar. Tanggapan, wejangan, dan bimbingannya akan sangat berarti bagi para newcomer. 🙏

 3 years ago (edited)

apa gunanya bagi para akun-akun besar meluangkan waktu dan tenaga untuk membina para pendatang baru

Sedikit meluruskan, maksudnya meluangkan waktu secara spesifik untuk membina kalian. Ngapain, emang kalian siapa? 😂 Cuma saya aja yang mau berbaik hati "menyuapi" kalian terus menerus semua. Maksudnya itu, ini kalian semua udah dikasi panduan, tutor, tips segala macam ya kalau mau serius ya sok atuh silakan dipelajari, didalami.

Saya ingat waktu pertama kali di steemit, angkatan saya dikampus yang ikutan banyaaaak kali. Hampir 50an orang ada saat itu yang tergabung dalam grup. Tapi sekarang berapa orang sampai ada dititik ini? hanya seorang @hattaarshavin yang tetap konsisten, meskipun sudah pindah ke Hive, dan terlanjur invest disana. Sedangkan saya, @goresanpenaanfal @intansariritonga baru aktif lagi sekarang dan menyesal kenapa dulu sempat berhenti.

 3 years ago 

penyesalanku semakin dalam dan sedih. Akan terus berusaha bersenang-senang di steemit

Kalau kata pepatah mah " ada usaha ada hasil", enggak akan ada usaha yang sia-sia, mulai aksi dan nikmati prsosesnya. Jangan berharap besar sama usaha yang kecil, mulai aja dulu, siapa tau waktu susahnya cuma mampir bentar, jangan nyerah sama vote kecil, ntar jadi nyesal kayak kami 😅
sama-sama pasang kuat semangatnya ya bang @buyahanan,
yok kita bisa yookk 😂😂

 3 years ago 

saya ngga tahu mau bilang apa, komentar saya dipostingan buyanya hanan saja tidak dibaca atau dibalas, kecuali pada postingan pertama, saya pikir bisa diajak aktif sehingga pelan-pelan akan mendapat perhatian kurator besar bila membuat postingan yang memang bernilai bagi komunitas.

tidak ada yang instan, tapi pelan-pelan nanti ketemu iramanya. kalau merasa butuh dukungan dalam bentuk lain, silakan ikut dalam penjaringan program Steem SEA's RFSP yang saya kerjakan.

Terima Kasih sudah menyampaikan secara terbuka isi pikirannya dengan cara yang indah.

 3 years ago 

Mohon maaf ya kak cici belum sempat dibalas comment nya. Jangan bosan kasih masukan dan saran untuk saya yang baru bergabung🙏

 3 years ago 

coba baca postingan terbaru saya, kalau bersedia ikut... nanti saya sediakan kuota khusus bila tidak memenuhi syarat. Saya ingin semua teman naufal ikut bersenang-senang di steemit seperti kami, mudah-mudahan tidak melalui jalan berat seperti kami dulu.

 3 years ago 

Siap kak. Insyallah besok dipelajari. Di padang udh setengah satu pagi soalny😅🙏

 3 years ago 

Hanan nggak begadang malam ini? saya sambil nonton bola soalnya..hahaha

 3 years ago 

Nah ini dia poinnya, sampai nemuin pola yang cocok dengan kita

Mungkin itu tidaklah seberapa, karna hanya perbedaan pendapat antara sesama steemian, dan sedikit banyak dijelaskan mungkin akan nampak sebuah jalan menuju kesuksesan, bukan kah begitu uda @naufal 😄

Bayangkan dengan yg saya hadapi, tidak sedikit yang memberi sindiran dan bahkan sampai dibilang agar tidak membawa mereka kepada kesesatan🤣, mungkin bisa di pastikan jika itu terjadi kpada mereka yg kurang kesabaran dalam melakukan @promo-steem, akan lain ceritanya🤣🤣

Pepatah aceh mengatakan Yang han ek bek ta peusak, yang han jak bek ta maba ( yg tidak mau tidak usah dipaksakan dan tidak usah diajak bagi yang tak ingin melangkah) jadi intinya saya telah berbagi informasi atau sebuah energi positif kepada mereka, tentang tanggapan yang akan kita terima itu terserah mau mereka, karena kita memiliki prinsip jika dia tidak menghargai kewarasan kita, maka lanjutkan kegilaan di hadapan mereka

 3 years ago 

Ooo jelasss gausa ditanya lagi, ngomong cukup sekali. Tapi nanti ketika kita sudah menuai baru mereka datang dengan penyesalan kanapa gak dari dulu ikut. 😄

Hahaha.. Kebanyakan dari mereka hanya melihat keberhasilan yg orang lain raih...dan mengabaikan perjuangan dari keberhasilan tersebut... 😄😅

 3 years ago 

“ Di steemit ini kita newcomers akan sulit berkembang, karena hanya berkutat mencari receh imbalan dari para kurator, enak sekali mereka yang sudah berada diatas seperti anroja ,ernaerningsih ,arie.steem dll.”

ini adalah pemikiran yang sudah lumrah sekali, bisa dimaklumi, namun hal seperti ini tidak hanya terjadi di steemit. semua tempat pasti akan ada orang2 yang sudah di zona nyaman ataupun zona berkembang.

orang yang sudah dizona nyaman sudah melewati zona berkembang, jadi tahu persis yang anda rasakan. yang menjadi pembeda adalah bagaimana orang2 yang di zona berkembang bisa mengembangkan diri di steemit.

pengalaman saya di steemit sejak 2017 pasang surut, beda dari orang lain pada umumnya, karna itu saya bisa mencapai zona saat ini. mungkin ketika anda mengajak saudara @naufal untuk duduk berdiskusi lagi , coba tanyakan bagaimana perjalanan saya di steemit, mungkin akan ada poin2 yang membuat terkejut dan wajar saya sekarang di zona nyaman.

namun, walaupun sudah di zona nyaman, bukan berarti sudah selesai, kami juga tetap bekerja keras di steemit untuk selalu dapat bertahan.

yang terpenting adalah, jangan hiraukan pikiran itu dan teruslah berkembang ciptakan inovasi dan kreatifitas yg beda dari, jangan mengikuti orang lain.

salam hangat
arie

 3 years ago 

Saya sudah banyak mendengar cerita tentang @arie.steem dari @naufal. Satu hal yg saya tangkap "ini orang mindsetnya 2-3langkah didepan orang pada umumnya. Karena berhasil membuat sebuah pola baru yang jenius" bisa dilihat dari steemcoffee dan promosteemnya. Mohon bantuannya untuk menemukan sebuah inovasi dan kreativitas baru🙏

 3 years ago 

selamat berpetualang :D

 3 years ago 

bg @arie.steem, akun ada rencana mau posting desain booth portable untuk steemcoffee. itu bisa di post di komunitas promosteem?

7.jpeg

 3 years ago (edited)

boleh silahkan, tambahkan logo steem biru
agar nampak mencolok sedikit dalam design nya.
lebih lebih kental logo steem nya

 3 years ago 

setelah di zona nyaman, tugasnya adalah gimana mempertahankan itu agar tidak jatuh ke zona berkembang lagi 😄

 3 years ago (edited)

Assalamualaikum @buyahanan , pada dasarnya kita semua berasal dari newcommer yang awam tentang Steemit, seiring proses kita sudah bisa memahami apa itu Steemit. Pada tahun 2017/2018 di tempat saya tinggal di Pidie jaya tepatnya di Meunasah Bie, saya hanya sendiri menggunakan platform steemit dan tidak mengerti apa-apa, saya tidak tau bertanya pada siapa saat itu.

Mungkin buyahanan dapat melihat postingan saya sekitar satu hingga tiga tahun yang lalu pasti anda akan kasihan dengan kurasi yang saya dapatkan😊. Namun saya melakukan perjalanan panjang di steemit Dengan konsisten agar terus aktif meskipun tidak mendapatkan kurasi saat itu , hingga saya mengikuti the diary game season dua.

Saya bisa memahami yang anda lalui saat ini, karena setiap steemians berada pada level yang sama pada dasarnya. Namun Steemit sangat luas dan banyak konten yang bisa kita ikuti sesuai dengan kriteria kita. Tetaplah semangat dan konsisten di steemit👍👍🙏

 3 years ago 

Nah ini sama kaya ada satu steemian kita yang di palembang kemaren, saya lupa namanya. Beliau juga sendiri itu sampai sekarang, cuma belajar dari Steem SEA dan berinteraksi dengan member2nyaa

apa yang saya rasa terwakilkan oleh @buyahanan...

tapi diawal bergabung ke steemit saya memang ingin menjadikan steemit ini sarana untuk melatih semangat menulis dan membiasakan menulis lagi, karena ada keinginan merampungkan buku tentang hari-hari saya di Sabah.

jika kemudian ada hal lebih yang didapat dari steemit, tentu akan saya sambut dengan baik. Belajar hal baru dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain itu baik.

 3 years ago 

Justru sebenarnya inilah modal konsisten itu bang, bang fajri sangat beruntung punya hobi dan basic menulis. Semangat terus bang, baraja ka nan sudah2.

 3 years ago 

saya kira sudah sangat jelas, sudah banyak yang memberi pemahaman. lulus AKMIl gak mungkin langsung jadi jenderal, meski bapaknya jenderal. jalani dulu, nikmati prosesnya dan kemudian kuatkan untuk istiqamah.

 3 years ago 

terimakasih banyak pak, saran dan support dari para jendral, sangat membantu untuk para newcommers seperti saya,

 3 years ago 

Closing statement yang sangat manggatuih kalau kata orang minang pak, terima kasih sudah ikut memberikan arahan 😄

 3 years ago 

hanya itu yang bisa saya sampaikan, meski mungkin analoginya kurang tepat. @naufal. intinya tidak ada yang instan.

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Assalamualaikum dek @buyahanan. Semoga sehat selalu dan makin aktif dan konsisten untuk kedepannya. Yang akan saya sampaikan ini sebenarnya sudah diwakili oleh orang lain sebelum nya. Segala sesuatu itu butuh proses. Tidak ada yang instan. Saya juga pernah berada diposisi anda sekarang. Memulai semuanya dari nol. Kalau sempat bisa buka2 postingan saya terdahulu, yang hampir semuanya mendapat $00, pada awalnya. Bahkan saya juga sempat memutuskan untuk berhenti karena hilang semangat. Tapi kembali aktif karena melihat suami saya juga pantang menyerah. Bahkan saat senior2 saya memutuskan untuk berhenti saat harga steem anjlok, saya termasuk salah satu orang yang masih bertahan. Dan Alhamdulillah saya bisa menuai hasilnya sekarang. Dalam setahun saya bisa mengumpulkan SP yang lumayan banyak, dan itu semuanya hasil dari konsistensi saya selama ini. Saya mengikuti banyak kontes yang diadakan oleh senior. Dan hasilnya lumayan bisa membuat saya kembali bersemangat dalam berkarya.
Pesan saya satu, jangan menyerah dan tetap semangat. Temukan passion mu dan tetaplah berkarya.

Semoga sukses selalu.😊😊😊

 3 years ago 

terimakasih kak @ernaerningsih, memang tujuan utama saya dengan @naufal membuat posting ini, agar mendapat feedback dari para senior, sehingga menjadi referensi dan semangat bagi kami para newcommers , salam untuk keluarga ya.

Sama-sama. 😊😊😀

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63179.13
ETH 2573.33
USDT 1.00
SBD 2.72