Di Steemit, Kamu Tidak Sepenting yang Kamu PikirkansteemCreated with Sketch.

in Steem SEAlast year

pexels-andrea-piacquadio-3760790.jpg

Source: Pexels


"Menulis adalah pekerjaan yang sulit. Karena proses berpikir membutuhkan wawasan yang luas. Jika tidak, berarti butuh pengalaman yang panjang. Belum lagi menyusun kata-kata hingga membuatnya mudah dibaca dan mudah dipahami orang lain. Saya membutuhkan waktu yang lama untuk sekadar satu postingan. Tolong hargai dong!"

Dulu saya berpikir seperti paragraf di atas semenjak mengenal Booming dan Steemcurator. Keinginan mendapat vote yang bernilai tinggi menggebu-gebu. Apalagi, beranda utama selalu diisi dengan orang dengan hasil vote ratusan dolar. Padahal, tulisan mereka terkadang terlampau sederhana.

Saya merasa bahwa dukungan yamg diberikan pada akun-akun di Steemit tidak adil. Orang yang bekerja keras berpikir menggunakan banyak tenaga dan meluangkan banyak waktu untuk menulis pada kenyataannya tidak mendapatkan dukungan. Justru tulisan biasa saja yang mendapat dukungan berlimpah. Jika tidak begitu yang mendapat dukungan vote hanya orang-orang itu saja.

Semakin saya banyak menulis dan mempublikasikannya, rasa memiliki hak untuk mendapatkan vote dengan jumlah yang tinggi semakin kuat. Tapi sekali lagi realita menenggelamkan harapan dan memunculkan kemarahan. Jangankan ratusan dolar, puluhan dolar saja tidak sampai ke postingan saya. Bahkan tak jarang mendapatkan nol koma. Tidak adil. Saya semakin membenci Steemit.

Ya. Dulu saya merasa seperti itu. Meyakini bahwa Steemit tidak adil dan saya adalah segalanya. Saya dulu berpikir bahwa saya adalah tokoh utama yang harus mendapatkan banyak perhatian.

Tapi saat ini pikiran saya berubah. Jika tentang keadilan, apa itu adil? Apakah orang yang mendukung nilai STEEM turun membutuhkan keadilan sedangkan dia merobohkan ekosistem? Jadi bagaimana keadilan sesungguhnya? Ataukah kita benar-benar membutuhkan keadilan?

Saya pikir akar dari permasalahan di atas adalah rasa marah dan tidak bersyukur, ditambah dengan melakukan kegiatan menulis yang tidak dia sukai. Orang akan merasakan hal ini di awal-awal bergabung Steemit jika tujuannya uang cepat. Yaitu ketika wawasan mereka sempit dan pengalamannya kurang, apalagi kontribusinya.

Seharusnya sebelum merasa tidak mendapat keadilan atau perasaan seseorang dikuasai oleh ego, dia harus banyak membaca tentang peraturan dan petunjuk untuk mendapatkan dukungan vote. Tidak ada salahnya patuh aturan dan tidak serakah.

Majukan Keduanya, Diri Anda, dan Steemit

pexels-keira-burton-6147130.jpg

Source: Pexels


Kita bisa belajar dari S.D. Darmono, pendiri sekaligus Chairman Jababeka Group dalam bukunya Think Big, Start Small, Move Fast. Yaitu berkembang atau mencapai keinginan besar bisa dilakukan dengan cara melakukan kerja sama dengan organisasi yang lebih besar darinya.

Kerja sama yang dimaksud adalah menyatukan antara tujuan pribadi kita dan tujuan sebuah organisasi atau dalam hal ini: tujuan pribadi dan tujuan Steemit. Jika sudah menemukan titik tengahnya agar keduanya bisa sama-sama berkembang, itu adalah yang terbaik untuk dilakukan.

Jangan serakah dan hanya mau menang sendiri.

Sejauh yang saya tahu, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah kenali sistem yang dijalankan di dalam ekosistem Steemit. Dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara mendapatkan dukungan dan memberikan dukungan. Apabila kita benar-benar membacanya, banyak kok artikel yang menjelaskan bagaimana cara mendapatkan dukungan dari Steemit.

Bahkan untuk pengguna baru. Steemit memberi dukungan yang cukup besar dan konsisten agar newcomer terbiasa menulis. Tidak tanggung-tanggung, dukungan ini bisa sampai tiga bulan. Menurut Deddy Corbuzier pada podcastnya di Noice, tiga bulan itu waktu yang cukup untuk membangun kebiasaan. Dalam hal ini membangun kebiasaan menulis.

Beradaptasilah. Tidak ada salahnya untuk patuh pada aturan. Karena selain memberikan aturan, pihak Steemit juga memberikan peluang dan dukungan dari berbagai macam cara. Jika tidak mau beradaptasi, maka berinvestasilah, agar Steem Power milikmu banyak dan sekaligus 'kekuatan pengaruh' milikmu di blokchain ini juga besar.

Seperti yang kita tahu. Steemit adalah blokchain yang mendukung pemegang sahamnya. Semakin besar saham ($STEEM) yang kamu miliki, kamu semakin berkuasa.

Rendah hatilah, jangan sombong jika mau belajar dan berproses di Steemit. Dengarkan saran-saran yang terpasang pada pin 📌 komunitas dan pendapat dari orang yang sudah lama berkecimpung di Steemit. Bertanyalah jika tidak tahu harus bagaimana, jangan hanya diam mengutuk keadaan.

Dengan melakukan itu semua maka kita akan tahu bahwa "Di Steemit, kamu tidak sepenting yang kamu pikirkan", kecuali jika kamu telah melakukan kontribusi untuk ekosistem blokchain ini. Teruslah belajar dan teruslah rendah hati. Agar kamu dan blokchain ini semakin berkembang.

pexels-fauxels-3184423.jpg

Source: Pexels

Sort:  
 last year 

Fvccckkk men, saya banget di awal tulisan mu bro kim.

Point nya sekarang kenali bagaimana system di dalam nya bekerja.

Meskipun saya menulis spesifik konten, namun ada wadahnya di dalam komunitas.

Dan tulisan bebas akan real life tentu akan di dukung dengan konsistensi sesuai sistem di tiap tiap komunitas.

Mari terus membiasakan menulis jadi sebuah habbit seperti kutipat Dedy botak 🤗

 last year 

Dedy "botak" 🤣🤣🤣 emang botak sih.
Yooo, mari membangun sebuah habit

 last year 

Tulisan yang sangat menginspirasi mas.
Yang Anda rasakan merupakan perasaan hampir semua yang dirasakan oleh Newcomer. Tapi menurut saya saat ini masih lebih baik jika dibandingkan saat saya bergabung dulu.

Dulu walaupun sudah mengikuti semua aturan, belum tentu kita akan mendapatkan dukungan mereka minimal satu dollar aja. Karena dulu tidak ada booming dan komunitas sangat eksklusif. Tidak ada akun komunitas yang mendukung Anda. Coba Anda lihat postingan para Newcomer dulu seperti saya dan lainnya. Malah dulu kami harus membeli vote untuk menaikkan level kami..😂

 last year 

Hmmm... Terima kasih pendapatnya.

Akhirnya saya menjelajah ke beberapa tahun lalu 🙈 ternyata lumayan betah juga ya menulis dengan reward nol koma..saya lihat tahun 2019 tadi kalo tidak salah cukup panjang bertahan di nol koma.

 last year 

Nah, itu dia yang saya bilang.
Jangan berorientasi ke uang. Kalau orientasinya uang atau reward sudah pasti duluan kabur.

 last year 

Hehe, iya. Banyak yang enggak kuat. Selain itu juga pendekatan promosinya biasanya juga keliru.

Sejauh yang saya rasakan, sebenarnya gak mungkin kalau sampai gak dapat dukungan. Asalkan mengikuti aturan. Misalnya berkontribusi posting konsisten dan melakukan engagement.

Tapi kalau berharap banyak. Sulit juga. Soalnya "banyak" ini kata kata yang cukup serakah dan ga ada batasannya.

 last year 

Nah, harus ada batasannya yaitu bersyukur..😀

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 67317.89
ETH 2666.70
USDT 1.00
SBD 2.70