The Diary Game [March 18, 2021]: The Reunions and Forgetten Parties |steemCreated with Sketch.

in Steem SEA3 years ago (edited)

06.jpg
Bertemu dengan Bang Lubis, kawan semasa konflik bersenjata di Aceh. Meski sama-sama di Lhokseumawe, jarang berjumpa.


AKU memulai kegiatan hari ini agak lebih pagi karena mengajar mulai pukul 08.00 WIB. Meski secara online, aku selalu berusaha on time meski terkadang mahasiswa masuk terlambat. Dan aku juga tidak terlalu ketat dengan mahasiswa terlambat, mereka tetap kubolehkan masuk.

Untuk mengajar online mata kuliah Komunikasi Bisnis dan Negosiasi, aku memilih melakukan di kantor saja agar sekalian bisa mengisi abses finger dan lebih mudah untuk sekalian mengerjakan tugas-tugas kantor yang berkaitan dengan kegiatan kampus.

Aku menyukai mata kuliah ini karena komunikasi menjadi passion-ku. Sayangnya, perkuliahan harus dilakukan secara online karena mereka dari semester 6 dan 8. Sedangkan kuliah tatap muka hanya untuk mahasiswa semester 2 dan 4 saja.


01.jpg


02.jpg
Memulai hari dengan mengajar mata kuliah Komunikasi Bisnis dan Negosiasi.


Meski seperti yang dikatakan @darmawanbuchari ada keasyikan tersendiri kuliah daring, bagiku tetap lebih efektif kuliah secara tatap muka.

Hari ini ada pesta di rumah seorang pegawai Universitas Malikussaleh di Bireuen. Aku tidak bisa ikut karena mengajar, tetapi aku melupakan dua pesta lainnya di Lhokseumawe.

Pertama, pesta pernikahan keponakan kawan di Hotel Lido Graha. Dan kedua, pesta sunatan keponakan kawan juga di wilayah Panggoi, Lhokseumawe. Aku tidak ingat sama sekali dan baru sadar pada malam hari.

Dulu, semasa masih menjadi anggota KIP Aceh Utara, aku selalu diingatkan oleh pegawai di kantor bila ada kegiatan pesta dan kegiatan lainnya. Sejak nggak ada jabatan lagi, harus mengingatnya sendiri. Di tengah kesibukan yang sangat padat, itu sering terlupakan.


03.jpg
Mengirim peta untuk kawan yang pergi kondangan.


MALAMNYA, seperti biasa Bang Atha yang muridnya @radjasalman di MIN 3 Kutablang, meminta nasi uduk Berkah 82 di Lhokseumawe.

Tak disangka, di sini aku berjumpa dengan Bang Lubis. Di masa konflik bersenjata di Aceh, kami akrab karena aku sering konfirmasi berita sama Pak Letkol Suyatno, yang masa itu menjabat sebagai Komandan Kodim 0103 Aceh Utara. Bang Lubis adalah ajudan Pak Dandim tatkala itu.

Dari sekian banyak pejabat yang akrab denganku di masa lalu, baik yang sekarang sudah menjadi jenderal maupun yang sudah pensiun, Pak Yatno termasuk yang masih menjaga silaturahim sampai sekarang.


04.jpg
Selfie setelah mengajar online.


AKHIRNYA, kami berbagi kenangan tentang masa lalu yang membuat aku terlambat membawa pulang nasi Bang Atha. Kalau tidak teringat dengan nasi itu, mungkin bisa lebih panjang cerita kami.

Bang Lubis ternyata kenal dekat dengan pemilik Berkah 82 yang belakangan aku tahu namanya Mas Yadi. Dia asal Brebes yang terkenal dengan telur bebek asin dan bawang. Kami malah disuguhi teh hangat karena asyik bercerita.

Banyak pengalaman dan kisah aku dengan Bang Lubis. Kami berswafoto dan kemudian kukirimkan kepada Pak Yatno. Aku ingat ketika meliput PSSB Bireuen vs tuan rumah Persib Bandung, Pak Yatno yang masih aktif sebagai kolonel, waktu itu menjemputku dan mengajak makan.

Jadi ingat dengan sebuah kutipan; Kadang-kadang menjadi teman berarti menguasai seni waktu. Ada waktu untuk diam. Sebuah waktu untuk melepaskan dan memungkinkan orang untuk melemparkan diri ke nasib mereka sendiri. Dan waktu untuk mempersiapkan diri untuk mengambil potongan ketika persahabatan berakhir. – Octavia Butler


05.jpg
Membeli nasi uduk di Berkah 82 dan bertemu dengan Bang Lubis.


Sort:  
 3 years ago 

Selamat ya pak 7 postingan bapak trending semua, kalau ada waktu bisa nggak pak kita duduk untuk sharing2 ilmu pak??

 3 years ago 

Makasih @muhammadrafi. Kalau duduk diskusi sambil ngopi bisa kapan saja kalau ada waktu. Tapi saya tidak terlalu update lagi di Steemit. Di sini banyak suhu untuk kita berguru. Saya sering tanya sama @anroja, @radjasalman, @el-nailul dll. Mereka tidak pelit ilmu dan informasi. Itulah gunanya komunitas. Saleum.

 3 years ago 

Baik pak terimakasih telah merespon komentar saya pak

 3 years ago 

Sama-sama.

Pak cara masuk komunitas steemsea gimana?? Apa saya boleh gabung??

 3 years ago 

Harusnya Bang @anroja yang jawab. Tapi siapa pun boleh bergabung dengan SteemSEA. Cukup mengikuti rules yang sudah di di komunitas SteemSEA.

Baik pak terimakasih sudah membalas komentar saya. Salam pak saya dari Aceh utara,kecamatan samudra.

 3 years ago 

Dear @rebon
Komunitas Steem SEA terbuka untuk semua, untuk bergabung dengan Steem SEA, kami mempersilakan Anda membuat post perkenalan diri dengan menyertakan foto yang memegang secarik kertas yang bertuliskan nama akun anda dan tanggal bergabung dengan Steemit dengan tulisan tangan.
Ini link panduannya
https://steemit.com/hive-172186/@radjasalman/panduan-perkenalan-achievement-1-bagi-pendatang-baru

Baik pak @anjora saya sangat senang dengan dibalaanya komentar ini. InsyaAllah saya akan membuat postingan tersebut.

 3 years ago 

Kami tunggu postingan perkenalan Anda

 3 years ago 

Nah, suhunya langsung datang. Semoga terjawab. Saleum.

 3 years ago 

Terima kasih bang..😊

 3 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57276.13
ETH 2437.84
USDT 1.00
SBD 2.39