Steem Crypto Challenge Month #2 : Diving into DeFisteemCreated with Sketch.

in Steem SEA4 years ago

PicsArt_10-09-10.04.04.jpg

Saat membaca tantangan ini, saya segera mencari tahu ke Google tentang DeFi. Karena selama ini saya tidak mengerti apa itu DeFi. Sekilas saya hanya tahu DeFi itu singkatan dari Desentralisasi Financial atau secara harfiah saya mengartikannya sebagai keuangan yang terdesentralisasi. Untuk memenuhi tantangan ini dalam waktu senggang saya membaca beberapa literasi di internet untuk mempelajari lebih jauh tentang DeFi.

Menurut pemahaman saya setelah membaca beberapa literasi di internet, kehadiran DeFi ini sangat bermanfaat bagi orang yang berkecimpung di dunia cryptocurrency dan blockchain. Tapi bagi orang-orang yang masih berkecimpung di dunia perbankan tradisional, kehadiran DeFi tidak berdampak apapun terhadap mereka.

Kehadiran DeFi akan membuat aset crypto semakin aman, transparan, dan mudah dalam mengakses layanan keuangan karena tidak membutuhkan pihak ketiga. Sehingga kita sebagai pengguna memiliki kendali penuh terhadap aset-aset crypto milik kita sendiri, interaksi ini dapat dilakukan dalam ekosistem DApps (Decentralized Applications). Selain itu dengan kehadiran DeFi juga akan memudahkan kita dalam mendapatkan pinjaman dengan jaminan (agunan) aset crypto yang kita miliki.

Bagi pengguna perbankan tradisional, beralih ke blockchain dan cryptocurrency juga sebuah opsi yang positif untuk akses layanan keuangannya. Karena dengan kehadiran DeFi, pengguna perbankan tradisional dapat memanfaatkannya untuk mengakses layanan keuangan walaupun di tempat yang terisolir. Ini juga menjadi sebuah opsi bagi saya pribadi sejak mempelajari DeFi untuk berinvestasi dan memiliki aset crypto DeFi. Karena sampai saat ini saya belum merambah ke sana, saat ini saya hanya memiliki aset crypto seperti BTC, ETH, TRX, STEEM, SBD dan XLM.

Sejak mempelajari DeFi dalam minggu ini, sebuah opsi lagi juga membuat saya semakin semangat dalam hal DeFi yaitu adanya peminjaman. Kita tahu bahwa selama ini kredit tradisional di perbankan sangat banyak persyaratan dan semakin sulit di akses apabila kita tidak memiliki aset yang nyata seperti bangunan atau tanah sebagai agunan. Selain itu untuk memperoleh pinjaman ini juga butuh persetujuan berbagai pihak, mulai dari pimpinan tempat kerja atau dari pasangan sah kita (suami/istri). Intinya, untuk melakukan peminjaman keuangan membutuhkan waktu lama dan tidak mudah. Tapi dengan DeFi ini, persyaratan-persyaratan tersebut tidak ada lagi dan kita semakin mudah dan cepat dalam mengakses layanan pinjaman.

Karena masih dalam tahap awal mengenal DeFi, saat ini saya belum menentukan aplikasi DeFi mana yang menjadi pilihan saya. Saya masih butuh waktu untuk mempelajari lebih jauh tentang DeFi dan juga proyek aplikasi DeFi. Sehingga suatu saat saya dapat menentukan aplikasi DeFi terbaik untuk melakukan investasi dan transaksi keuangan saya.

Saya merupakan pribadi yang optimistis, apalagi dengan perkembangan kemajuan teknologi saat ini. Begitu juga dalam mencermati kehadiran DeFi dalam sistem keuangan saat ini membuat saya sangat optimis dengan masa depannya. Hal ini dilatarbelakangi dengan sistem yang lebih baik dari pelayanan dan kemudahannya. Tentunya untuk menyukseskan peranan DeFi ini butuh tantangan diantaranya risiko yang dihadapi oleh kita sebagai pengguna. Yaitu saat terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh pengguna karena tidak ada lagi pihak ketiga (perantara). Sehingga tanggung jawab dari sebuah kesalahan akan di tanggung oleh pengguna.

Tantangan selanjutnya adalah bagi kita pengguna masih butuh waktu belajar untuk mengenal lebih dalam tentang DeFi. Sehingga butuh kerja keras agar DeFi ini dapat di terima oleh semua pihak. Apalagi untuk merangkul pihak yang sudah nyaman dengan sistem keuangan tradisional yang mereka gunakan saat ini. Butuh sosialisasi dan kerja keras semua pihak agar DeFi ini dapat diaplikasikan dengan mudah dan memberikan manfaat yang nyata bagi mereka.

Demikian pendapat saya tentang DeFi berdasarkan hasil dari proses belajar dalam beberapa hari belakangan ini. Tentunya pendapat saya dan pengetahuan saya masih sangat sedikit tentang DeFi ini. Saya masih butuh waktu untuk mempelajari lebih detail lagi.

IMG_20201009_223849-01.jpeg
Cc:
@steemitblog
@steemcurator01
@steemitcurator02
IMG_20201009_223849-01.jpeg

Sort:  
 4 years ago 

Share ke Twitter

IMG_20201009_225747.jpg

Link Twitter

Congratulations, your post has been upvoted by @dsc-r2cornell, which is the curating account for @R2cornell's Discord Community.

Curated by @blessed-girl

r2cornell_curation_banner.png

Enhorabuena, su "post" ha sido "up-voted" por @dsc-r2cornell, que es la "cuenta curating" de la Comunidad de la Discordia de @R2cornell.

Hola amigo, me encuentro igual que tu, hasta este desafio no habia escuchado hablar de DeFi y al leer tu articulo no entendi mucho, en verdad no me siento en capacidad de escribir mi participacion, a menos que sea para exponer mi desconocimiento.
Saludos, te deseo mucho exito.

 4 years ago 

Karena kadang yang kita pelajari bukan yang kita senangi..😀

Thank you for setting your post to 100% Powerup.

Keep following @steemitblog for the latest updates.

The Steemit Team

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58833.91
ETH 3155.94
USDT 1.00
SBD 2.44