The Diary Game Season3//Better Life//Sabtu 21 Agustus 2021||Aktifitas di hari sabtu.

in Steem SEA3 years ago
Assalamualaikum sahabat stemian semua nya, semoga sehat sehat selalu.

20210822_010044.jpg

Setelah menjalani 2 hari berpuasa sunat kemarin, maka hari ini kami semua santri sudah menajalani rutinitas pengajian seperti biasa tanpa berpuasa. Libur satu hari untuk bergotong royong kemarin hari jumat dan hari ini mulai kembali rutinitas saya seperti biasa. Selalu setelah turun pengajian subuh saya ke kantin untuk mencari bekal sarapan pagi, baru setelah itu melanjutkan mengulang pagi di balai. Karna hari ini hari sabtu, jatah nya mengulang kitab majmuk khamsin rasail. Mengulang selama 20 menit bel jamaah dhuha sudah berbunyi. Saya langsung turunkan mereka dan saya sendiri langsung bergegas untuk mandi di poli.

20210821_083223.jpg
Mengulang kitab majmuk khamsin

Jam 9 tepat mengambil absen di kantor dan masuk ke kelas untuk mengajar dhuha. Hari ini hari sabtu, belajar aqidatul awam serta jarumiah untuk seluruh kelas satu di waktu dhuha. Saya ulangkan beberapa penjelasan bait yang sudah lalu agar mereka tidak lupa
Baru setelah itu saya lanjutkan materi minggu lalu dan di tutup dengan meminta mereka mengulang penjelasan yang barusan saya jelaskan. Saya buat secara bergilir untuk membaca makna bait ,dan setelah itu lanjut menjelaskan pula secara bergilir per orang satu bait.

Jam 10:30 sewaktu turun pengajian dhuha saya ken kantor sekretariat barang 30 menit barangkali ada santri baru yang ingin mendaftar. Setelah itu baru saya kembali ke asrama untuk tidur siang. Bangun saat azan dhuhur dan turun untuk sholat. Dan naik kembali saat turun jamaah dhuhur untuk makan siang di asrama. Kemarin sempat ibu saya mengirim kiriman lauk kesukaan saya dari kampung, jadi saya tak menyiakan sedikit pun waktu untuk makan karna jarang jarang saya dapat kiriman dari kampung. Selesai makan dan bel pengajian dhuhur berbunyi, saya lekas turun untuk mengontrol santri santri, menertipkan mereka agar tidak lambat naik pangajian dhuhur. Saya lewat ke kelas saya sambil menyuruh mereka membaca nazam bait aqidatul awam.

20210821_135642.jpg

20210821_135626.jpg
Pengajian dhuhur Dayah Ulee Titi

Sampai masuk saktu ashar saya di poli. Membuat apa saja sambil menunggu jamaah ashar selesai. Cuaca agak sedikit panas, lalu saya ambil kesempatan untuk mandi lebih awal sembari membersihkan bak mandi yang sudah sedikit kotor. Mencuci beberapa baju kotor dan sarun yang tidak sempat saya bawa ke loundri. Selesai mandi saya sholat ashar dan santri pun turun dari musalla. Hujan tiba tiba turun, para orang tua yang hendak berkunjung harus mengambil tempat berteduh di bawah bawah balai. Tapi hanya sepuluh menit sudah reda kembali. Santri santri yang butuh obat, rekom dan jasa telpon kami buka sampai lonceng masuk musalla jam 17:30. Sampai waktu bertamu habis dan santri santri jatah masuk musalla, kami langsung menutup poliklinik dan duduk duduk menikmati gorengan serta susu hangat di waktu yang cukup pas lantaran cuaca hujan.

20210821_182954.jpg

20210821_170439.jpg
Suasana sore yang sedikit hujan

Setelah magrib seperti biasa saya naik pengajian di meuligo. Dan setelah turun saya ke asrama untuk muthalah sebentar dan mengulang penjelasan di meuligo tadi. Hujan rintik rintik membuat saya mengurungkan niat untuk kelaur dan bertahan di asrama untuk mengulang saja.

20210822_010243.jpg
Muthalaah dan mengulang di asrama

Setelah mengulang dan muthalaah saya tulis cerita hari ini dulu sebelum lanjut mengulang malam lagi di balai. Sabtu 21 Agustus 2021.
Salam @anakrantau.

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60836.17
ETH 2567.48
USDT 1.00
SBD 2.57