The Diary Game Season 3//Better Life//Rabu 18 Agustus 2021||Puasa sunat tasu'a.

in Steem SEA3 years ago
Assalamualaikum sahabat stemian semua nya.

20210818_173344.jpg

Setelah kemarin kita merayakan hari kebesaran bagi kita bangsa indonesia, maka hari ini kita merayakan dan membesarkan kembali hari besar islam yaitu hari tasu'a dan besok hari 'asyura. Tentu nya bagi kami para santri sudah jadi kewajiban dan rutinitas dalam hal mengagungkan hari tasu'a dan 'asyura di bulan muharam. Seluruh para santri hari ini mengikuti puasa sunat tasu'a dan besok satu hari lagi. Setelah semalam di beri arahan oleh guru bahwa besok wajib melaksanakan puasa sunat, maka para santri menyiapkan bekal untuk berpuasa dengan makan sahur semalam. Masak masak saat larut malam dan makan sahur menjelang waktu subuh.

Hampir semua santri sibuk masak masak dan tidak tidur sampai subuh, hingga berefek saat pengajian subuh. Hingga waktu mengulang pagi saya liburkan sehari mengingat mereka tidak fokus karna mengantuk. Tepat jam 09 saat masuk ke kelas seperti biasa. Karna memang sedang puasa jadi hari ini saya tidak membaca kitab kurikulum, cuma saya buat kerja kelompok dengan mengikrab matan kitab fiqih yang sudah saya baca, mengingat lagi sudah lama saya tidak berikan tugas kepada mereka. Pengajian dhuha selesai sampai pukul 10:30.

20210818_093559.jpg

20210818_093356.jpg
Kerja kelompok mengikrab kitab matan taqrib

Sampai siang dan setelah sholat dhuhur saya hanya tidur tiduran di poli bersama kawan yag lain. Cuasa yang sedikit panas serta di tambah sedikit gerah karna berpuasa membuat kantuk berlebihan, akhirnya kami hanya rebahan sambil main hp sampai ashar. Setelah ashar jam 16:30 para wali santri dan orang tua mulai memenuhi halaman depan mondok untuk berkunjung ke anak nya dan mengantarkan kiriman serta menu berbuka untuk anak anak nya. Memang kalau hari hari seperti ini, tamu meningkat dua kali lipat, dan para santri santri yang ingin menelpon silih berganti berdatangan ke poli bahkan sampai mengantri.

20210818_173347.jpg
Kunjungan wali santri ke pondok

Setelah sholat ashar saya sendiri ingin ke keluar untuk mencari menu berbuka, saya mengajak kawan saya agar lebih mudah membawa pulang belanjaan berbuka. Untuk hari ini saya ingin nya berbuka dengan roti bakar dan thai tea. Kami akan membeli bahan berbuka di pasar lambaro tempat belanja biasa kami. Pertama saya beli dulu roti bakar sekalian kawan saya membeli nasi goreng di sana. Setelah beli nasi goreng dan roti bakar, baru kami mampir ke penjual thai tea. Saya beli thai tea rasa yakult untuk coba rasa baru. Dan setelah itu saya beli kfc baru kami pulang ke pondok lagi.

20210818_182519.jpg

20210818_181137.jpg
tempat membeli roti bakar dan thai tea

Sampai di pondok jam sudah pukul 18:30. 25 menit lagi sebelum waktu berbuka, jadi tiba di poli saya langsung mengambil bahan berbuka dan pulang ke asrama. Menyiapkan nasi dan menu yang sudah saya beli tadi di atas lantai. Menunggu beberepa menit langsung terdengar azan magrib berkumandang. Langsung saja berbuka dengan kawan saya.makan secukup ny dan dan minum thai tea yang sudah saya beli tadi, setelah itu saya turun langsung ke bawah untuk sholat magrib.

20210818_185556.jpg
Berbuka tasu'a bersama kawan

Setelah magrib saya istirahat karna telalu kenyang di poli. Rebahan sambil main hp dan menulis cerita hari ini Rabu 18 Agustus 2021.
Terima kasih untuk sahabat semua nya.
Salam@ anakrantau.

Sort:  
 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah terpilih dalam "Edisi ke #64: 5 Postingan terpilih [19-08-2021]". Kami berharap anda terus konsisten dalam membuat karya yang berkualitas.

Salam Hangat,
Account Manager @steemseacurator

😊😊😊😊 Insya Allah akan selalu istiqamah kami posting dengan dukungan dukungan penyemangat.

Momen puasa sunat di pondok pesantren selalu terasa istimewa.. 😍

Momen terepic lahhh ..👌👍

Iyaa tgk... Walaupun berbuka dengan menu seadanya.. Namun dengan kebersamaan.. Terasa sangat istimewa

Itulah SANTRI selalu kompak sampai beristri 🐟🐟👼

Selamat atas terpilihnya postingan ini 👍👍👏👏

Semoga dgn menjalankan puasa sunah Tasu'a dan Asyura kita mendapatkan pahala dan ampunan Allah 😇

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 62151.48
ETH 2421.34
USDT 1.00
SBD 2.57