The Diary Game season 3//Better Life//Kamis 19 Agustus 2021||Buka bersama santri santri kelas satu.

in Steem SEA3 years ago
Assalamualaikum sahabat steemian semuanya.

20210819_194134.jpg

Setelah kemari menjalani ibadah puasa sunat tasu'a, maka hari ini kami semua santri melaksanakan puasa sunat asyura pula. Setelah sahur semalam tepat jam 03 saya tidur lagi hingga watu azan subuh tiba, saya turun ke poly untuk solat subuh baru setelah itu naik lagi ke asrama. Tak sadar saya ketiduran sampai kawan saya membangunkan saat jam menunjukkan pukul 08:30 pagi. Saya jadi kelewatan mengulang kitab majmu' khamsin.

Saya lamgsung bangun dan turun untuk mandi di poli, tapi karna terlalu telat jadi harua mengantri dulu untuk mandi. Sampai hampir selesai jamaah di musalla saya masih belum sempat mandi, akhir nya saya hanya cuci muka dan sikat gigi saja, ganti baju dan langsung menuju kelas. Belajar kitab matan taqrib dan jarumiah satu jam dan sisa waktu saya pakai untuk mengarahkan mereka soal berbuka bersama nanti magrib. Karna hari ini selurus santri kelas satu kami agendakan berbuka bersama dengan memasak dan membuat kolak asyura. Mengutip uang dan lain lain hingga selesai jam 10:30.

20210819_101256.jpg
pengajian hari kamis saat puasa 'asyura

Setelah turun pengajian dhuha saya dan kawan kawan langsung mulai membagi tugas untuk membut persiapan, terutama persiapan untuk membuat kolak. Membali bahan di pasar, mengambil kayu bakar, kuali dan lain lain. Saya bertugas untuk membantu belanja bahan bahan yang akan di gunakan membuat kolak. Sebenar nya bahan membuat kolak hanya perlu beberapa bahan utama saja, cuman karna santri nya cukup banyak jadi bahan nya juga harus banyak. Kami berbelanja hingga pulang saat azan dhuhur.

IMG-20210819-WA0006.jpg
Tempat belanja bahan bahan membuat 'asyura

Setelah siang saat berlangsung pengajian dhuhur, kami yang tidak mengajar mulai mengolah bahan sedikit sedikit, mengupas ubi, ketela, jagung dan lain lain nya, karna jam 03 harus sudah di masak. Sebagain kawan lain nya langsung membawa bahan ke kelas nya agar bisa di bantu oleh santri kelas biar lebih cepat.
Sampai ashar semua bahan dan tempat sudah kami siapkan, tinggal proses memasak hingga selesai. Setelah semua bahan siap, langsung kami bawa ke belakang untuk di masak di tempat masak.

20210819_160631.jpg

20210819_154951.jpg
Proses membuat kolak 'asyura

Semua santri hari ini mendapat jatah kuah beulangong per orang satu bungkus, jadi tidak perlu membali nasi lagi, cuman karna terlalu telat, jadi kelas saya sudah mengumpulkan uang untuk beli nasi goreng, ya sudah saya keluar saja untuk membeli nasi goreng pesanan mereka. Banyak warung yang menjual makanan dan minuman hari ini yang di serbu santri, terlihat banyak sekali antrian di setiap warung dan gerobak penjual nasi goreng. Setelah saya memutar mutar saya mampir ke penjual nasi goreng podoromo yang terlihat sedikit sepi. Karna harus di masak dulu jadi cukup lama saya menunggu disana.

20210819_174103.jpg
Tempat membali nasi goreng podoromo

Setelah membeli nasi goreng saya langsung pulang. Jam sudah menunjuki pukul 17:50. Hampir pukul 7 sore saya masih belum mandi. Jadi saya buru buru mandi setelah saya kasih nasi pada mereka. Mandi mandi sebentar dan ganti baju, saya langsung ke musalla belakang, tempat dan lokasi nya sudah di siapkan oleh panitia lain nya. Semua santri kelas satu di arahkan untuk mengambil air dan kolak nya masing masing, serta langsung duduk di posisi kelas nya sendiri. Tapat jam 19:00 azan magrib sudah berkumandang. Kami langsung berbuka dengan menu special kolak asyura buatan kami sendiri.

20210819_184450.jpg
Berbuka bersama puasa 'asyura seluruh santri kelas satu

Setelah selesai berbuka dan sholat magrib kami membereskan tempat dan alat alat yang di pakai tadi siang untuk di pulang ke pemiliknya. Sampai jam 21 baru kami siap membereskan semua alat alat masak serta balai yang kotor. Setelah iti baru kami beristirahat. Sembil istirahat saya menulis cerita hari ini Kamis 19 Agustus 2021. Terima kasih untuk sahabat yang telah singgah.
Salam @anakrantau.

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60840.29
ETH 2577.70
USDT 1.00
SBD 2.57