THE DIARY GAME { SELASA, 18 JANUARI 2022} MENGHADIRI RUMAH DUKA

in Steem SEA3 years ago

DIARY ALFIRDAUS

IMG_20220118_173021.jpg

Saat berada di rumah duka


Hari ini merupakan hari pertama saya berada di kampung halaman dan kegiatan di pagi harinya setelah sarapan pagi adalah bekerja yaitu melakukan pemasangan plafon ataupun loteng di teras rumah. Kami bekerja mulai dari pagi hari sampai dengan siangnya dan saat siang hari tiba kami sejenak beristirahat untuk makan siang dan juga melakukan ibadah salat dhuhur. Nah setelah melakukan ibadah salat dzuhur kami sejenak merebahkan badan diatas kasur untuk menghilangkan lelah setelah bekerja di pagi harinya.

Saat jam menunjuki pukul 14.30 kami kembali lagi bekerja yaitu melakukan dan melanjutkan perjalanan di pagi harinya yaiitu menyelesaikan proses pemasangan loteng triplek di teras rumah milik saya sendiri.

IMG_20220118_112532.jpg

Memasang loteng/plavon rumah


Saya hanya bisa membantu sebagian kecil dari pekerjaan tersebut karena memang saya tidak tergolong dalam ahli bertukang, walaupun kurang ahli tapi saya bisa membantu sedikit banyaknya untuk meringankan dan mempercepat proses pemasangan loteng tersebut.

Sesudah melaksanakan ibadah shalat ashar saya mulai menuju ke rumah tetangga yang kebetulan sedang berduka, pasalnya beberapa hari yang lalu salah seorang keluarga mereka telah pulang ke hadirat Ilahi untuk selama-lamanya. Setibanya di sana saya langsung dipersilahkan untuk mencicipi masakan dan makanan yang telah disediakan di meja pran, saya pun tak menunggu lama melainkan langsung mengambil piring di meja peran kemudian mulai mengisi piring kosong tersebut dengan nasi dan juga menu serta lauk yang disediakan di sana, setelah menikmati makanan kemudian saya duduk bersama pemilik rumah untuk mengobrol sedikit banyaknya, dan saat matahari sudah mulai terbenam dari arah barat saya pamit kepada mereka untuk sejenak kembali ke rumah.

Setelah shalat Maghrib saya bergegas kembali ke rumah tetangga tersebut untuk membantu apa saja yang bisa saya lakukan di rumah duka tersebut. Pasalnya sudah menjadi kebiasaan dan adat masyarakat Aceh pada umumnya untuk melakukan kunjungan serta takziah ke rumah duka untuk mengirimkan doa kepada mendiang almarhum yang telah kembali ke pangkuan Ilahi dengan harapan doa dan samadiah yang mereka bacakan tersebut dihadiahkan pahalanya kepada almarhum yang telah kembali ke hadirat Illahi untuk selama-lamanya.

IMG_20220118_220943.jpg

Menikmati sepiring mie di malam hari


Dan setelah membacakan samadiah kami menghidangkan alakadar makanan kepada mereka untuk dicicipi sebelum nantinya mereka akan pamit dan kembali pulang ke kediaman masing-masing, saat setelah semuanya selesai di rumah duka tersebut saya pun mulai menuju ke warung kopi untuk menikmati sepiring mie pada malam hari ini, saya merasakan sedikit lapar dan saya ingin sekali menikmati sepiring mie rebus pada malam hari ini, setelah sepiring mie saya habiskan barulah saya kembali ke rumah untuk beristirahat di malam hari.

Wassalam.

📷 PictureSmartphone
ModelINE-LX2
Android9
Camera usedHuawei Nova 3 i
Photographer@alfirdaus
LocationAceh Indonesia
Edit withLighthroom

Regards : @alfirdaus

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

 3 years ago 

Semoga pemasangan loteng / plafon rumahnya cepat selesai, brother @alfirdaus

Innalillahi wainnailaihi roji'uun
Turut berduka cita pula atas berpulangnya ke Rahmatullah tetangganya brother
Semoga diterima di sisi Allah SWT

 3 years ago 

Amin ya rabbal alamin, terima kasih kak atas supportnya.
Lama tak bersua nih kak, btw how are you kak?

 3 years ago 

Aamiin Allahumma Aamiin...
Sama-sama brother

Ahaha... Iya tah ?!
Alhamdulillah, I am feeling great, brother
What about you there ?

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 60986.47
ETH 2413.18
USDT 1.00
SBD 2.59