Betterlife The Diary Game, 08 November 2021 | Momentum Penyembelihan Kambing Aqiqah di Pondok

in Steem SEA3 years ago

IMG_20211110_133923.jpg

Penyembelihan Kambing Aqiqah

Hai kawan steemian semuanya, mudah-mudahan aktivitas kita hari ini dimudahkan yang Maha Kuasa


Seperti biasanya menjelangnya azan Subuh, suara alarm di tambah ketukan pintu dimana-mana membuat riyuh-piyuh di lorong-lorong rusunawa, para petugas jamaah sedang membangun dan mengajak para santri untuk melaksanakan shalat subuh secara berjamaah di masjid.

Kemudian seusai shalat berjamaah, seperti biasanya diiringi pembacaan Alquran surah Alwaqiah dan Azzariah dan tidak juga tidak lupa sedikit di bumbuhi doa-doa dan di tutupi dengan tiga kali shalawat kepada junjungan 'alam Nabi besar Muhammad SAW.

Semalam saya sudah duduk-duduk membicarakan dengan Tgk Tu, terkait bagaimana tatacara pelaksanaan penyembelihan aqiqah di pondok. Karena pada hari ini di jadwalkan penyembelihan aqiqah punya ponakan saya. Karena sebelum nya abang saya, menyuruh saya untuk membeli kambing yang nantinya akan di aqiqahkan di pesantren saya.

Dua hari yang lalu, saya bersama Tgk Tu pergi ke kandang kambing di Ulim, guna untuk membeli dua ekor kambing, karena ini aqiqah punak anak laki-laki maka harus di sembelih dua ekor kambing yang sudah cukup umur. Maka pantas dan wajar saya mengajak Tgk Tu sebagai pendamping saya, karena beliaulah ahlinya. heheh

Setelah bermusyawarah tadi malam, maka prosesi ini akan di lakukan pada jam 11:00, yang targetnya harus siap sesudah zhuhur. Karena danging ini harus masak menjelang makan sore.

IMG_20211110_134212.jpg

Proses pengupasan daging kambing

IMG_20211110_125746.jpg

Oh ya.! apa sih aqiqah.? aqiqah bisa diartikan sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas kelahiran bayi. Kemudian rasa syukur itu semua di buktikan dengan menyembelih kambing dan di bagikan kepada saudara, tetangga sekitar.

Sedangkan makna aqiqah pada syara' adalah proses penyembelihan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Adapun hukum melakukannya adalah Sunnah, artinya apabila di kerjakan mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan tidak mendapat dosa. Jadi apabila orang tua mampu untuk beraqiqah, maka sangat dianjurkan untuk melakukannya.

Selepas shalat zhuhur sekitar jam 14:40 saya ke bangunan baru yang sedang di bangun, untuk mengecek beberapa pekerjaan, diantara instalasi listrik, dan perpipaan air bersih. Karena dua bidang ini di ebankan kepada devisi kami.

IMG_20211110_125812.jpg

Mengecek instalasi listrik

IMG_20211110_125800.jpg

Terlihat pekerja sedang mendirikan tiang

IMG_20211110_125827.jpg

Di pondok kami, jadwal makan sore itu jam 17:30-18:00. Terlihat di jam itu semua santri berbondong-bondong ke dapur, takutnya tidak kebagian Kuah Beulangong beserta isinya(daging kambing).

IMG_20211110_130001.jpg

Penampakan Beulangong yang sudah kosong

Pada malamnya selepas shalat Insya, saya bersama beberapa kawan-kawan pergi ke Black Premium untuk makan mie Cek Wan, berhubungan tadi sore saya sisain beberapa daging kambing, maka saya mengajak mereka untuk makan mie bersama.

IMG_20211110_130019.jpg

Mie Cek Wan ditambah daging kambing

Inilah cerita saya pada hari ini.
Mohon maaf bila penyusunan kata kurang terarah dalam penulisan.

Mohon bimbingan dan arahan kedepannya dari sahabat-sahabat steemian.


Salam @alfikri04
📷 PictureSmartphone
ModelRedmi Note 10 Pro
Android11
Photographer@alfikri04
LocationAceh

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah mengajak saya berpartisipasi di The Diary Game.

Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @nazarul, @el-nailul, @ikhsan01, @khairil98 dan komunitas Asia Tenggara.

Sort:  

Fotografi nya mantap bg 👌🙏

 3 years ago 

Terima kasih. 😁

Sama-sama bg

 3 years ago 

😀

🙏

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67551.75
ETH 3252.54
USDT 1.00
SBD 2.65