Kilas Balik: Si Merah (Si Serba Bisa)

in Steem SEA5 months ago

IMG_20240401_223519.jpg

Salam hangat Steemian semua
Kendaraan pribadi merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap individu manusia. Saya sendiri memiliki kendaraan pribadi berupa motor Honda C70 yang di beli sejak duduk di bangku SMA kelas XI (akhir tahun 2013). Kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan ke sekolah pada masanya. Motor yang teramat hemat bahan bakar pada waktu itu. Satu liter bensin dapat digunakan selama 6 hari. Kira-kira total jarak tempuh sejauh 48 kilometer.

IMG_20240401_223421.jpg

Motor Honda C70 sempat istirahat cukup lama. Hal ini dikarenakan saya sedang sibuk belajar di Universitas Udayana, Bali (pertengahan tahun 2015). Pada akhirnya motor jarang digunakan oleh keluarga. Apalagi, pajak kendaraan yang telah mati sejak pertama kali di beli. Terkadang, saya gunakan saat pulang dengan sedikit dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

IMG_20240401_223537.jpg

Motor Honda C70 kembali saya gunakan cukup aktif di tahun 2022. Hal ini bersamaan saya telah mengajar di SMP. Pada periode 2020 selepas menyelesaikan studi hingga akhir tahun 2021. Honda C70 hanyalah sebuah motor pajangan dengan banyak kerusakan. Hal ini dikarenakan saya masih biasa menggunakan motor Vega R 2003. Tahun 2022 lah titik awal Honda C70 digunakan dengan aktif setelah di servis.

IMG_20240401_223553.jpg

Motor Honda C70 yang saya beri nama "Si Merah". Hal ini dikarenakan warna motor yang didominasi oleh warna merah. Sejak diaktifkan kembali pada 2022, Si Merah telah membantu seluruh kegiatan saya dengan kisahnya. Beberapa kali menciptakan kisah dengan perasaan frustasi. Kerusakan yang silih berganti harus segera ditangani.

IMG_20240401_223441.jpg

Kegiatan mengantar saya untuk mengajar menjadikannya rutinitas yang paling berkesan. Keausannya tidaklah menjadi suatu kendala. Beberapa bodi yang telah berkarat dan beberapa kali mur dan baut yang terbiasa lepas. Mengingat, jalanan aspal yang biasa saya lalui terdapat lubang dan tambalan. Goncangan menyebabkan beberapa mur dan baut terlepas. Kabel lampu yang terbiasa terbakar menyebabkan beberapa kali lampu depan mati. Namun, ketangguhan Si Merah tidak perlu ditanyakan kembali.

IMG_20240401_223629.jpg

Si Merah pun biasa saya gunakan untuk membawa pulang hasil panen coklat. Kinerja Si Merah sangatlah diandalkan dalam proses membawa hasil panen. Mengingat, beban hasil panen yang berlimpah mencapai 30 kg. Si Merah tetap gagah berani menerjang jalanan aspal yang menanjak.

IMG_20240220_150516.jpg

Terlebih, semenjak memiliki kambing untuk memenuhi kebutuhan makanan kambing. Si Merah teramat bermanfaat untuk mengantarkan saya ke kebun maupun sawah. Apalagi saya terbiasa berkelana ke beberapa sawah untuk memperoleh rerumputan yang segar. Kebutuhan makanan kambing haruslah menciptakan kualitas makanan kambing.

IMG_20240401_223456.jpg

Kegiatan yang tergolong padat inilah yang mengharuskan melakukan beberapa perawatan. Terkadang saya melakukan service pada beberapa mesin. Mengganti oli mesin untuk mempertahankan kinerja yang baik kepada mesin motor. Mengganti ban motor yang semakin menipis.

IMG_20240302_082413.jpg

Pada beberapa kesempatan dikarenakan jalanan yang kejam. Ban depan maupun belakang terbiasa mengalami kebocoran. Saya lumayan sering melakukan tambal ban. Terkadang haruslah terbiasa melihat keadaan ban yang kurang angin. Hal ini agar tidak terjadi kebocoran saat melakukan perjalanan jauh. Rutinitas yang mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran pada ban motor.

IMG_20240401_223615.jpg

Pengalaman yang tidak pernah terlupakan pada saat perjalanan ialah kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Terkadang saya terbiasa menuntun Si Merah untuk membeli bahan bakar eceran terdekat. Si Merah yang merupakan si kuda besi memerlukan tenaga ekstra untuk di tuntun. Jika kehabisan bahan bakar masihlah meringankan beban. Berbeda cerita jika busi yang tergolong kotor dan perlu dilakukan pergantian. Saya teramat was-was jika hal ini terjadi pada saat perjalanan jauh ataupun dekat. Beruntungnya, Si Merah terbiasa mendapatkan pertolongan cepat dalam beberapa kisahnya.

Itulah kisah yang dapat saya bagikan kali ini. Kisah yang menjadi teman baik dalam proses perjalanan hidup. Walaupun terkadang menciptakan suka dan duka. Si Merah tetaplah yang terbaik untuk dijadikan teman perjalanan. Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada saya selama ini...

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59117.70
ETH 2597.31
USDT 1.00
SBD 2.43