Alhamdulillah, Saya Sudah Sehat Kembali Usai Positif Covid-19

in Steem SEA3 years ago (edited)

IMG_20210809_181904.jpg
Saya masih bertanya-tanya, mengapa saya sempat drop ketika positif Covid-19? Padahal dari beberapa kawan saya sempat mendengar bahwa ketika mereka divonis Covid-19 (setelah tes PCR), kondisi mereka baik-baik saja. Mereka cukup mengonsumsi vitamin, makan buah-buahan, dan istirahat yang cukup.

Sementara saya berbeda. Kondisi saya sempat drop, sampai istri saya yang juga positif Covid-19 sempat syok berat, dan berulang kali memaksa saya untuk mau datang ke IGD Pinere RSUDZA. Ia melihat saya tidak makan nasi dan makanan lain untuk meningkatkan stamina tubuh. Saya hanya mengonsumsi air putih hangat dan selalu berbaring di tempat tidur.

Saya memang memiliki riwayat sakit DBD dan tipes. Itu yang membuat kondisi saya cukup parah. Ini pula alasan mengapa selera makan saya berkurang bahkan tidak memiliki selera makan sama sekali. Banyak orang cerita kalau seseorang punya penyakit penyerta, ketika diserang Covid-19, kondisinya bertambah parah. Tidak jarang berujung pada kematian. Ini, misalnya, terjadi pada pasien Covid-19 yang punya penyakit paru-paru, jantung, dan lambung. Begitu pula dengan pasien yang memiliki penyakit sesak, sangatlah rentan.

Jadi, setelah dipikir-pikir, kondisi saya beberapa kali drop karena saya punya penyakit tipes. Penyakit ini yang membuat selera makan saya hilang sehingga berakibat pada melemahnya kondisi tubuh. Ini diperparah lagi dengan Covid, yang memang menyerang imun tubuh. Beruntung, saya memiliki banyak teman yang memberi informasi vitamin apa yang mesti saya konsumsi. Teman-teman (dan juga istri) memaksa saya untuk mau makan nasi, bagaimana pun caranya. Alhasil, saya makan nasi meski cuma sedikit, dan agar masuk ke dalam perut, saya dorong dengan minum air putih.

Tidak ada rasa sama sekali. Makanan apapun rasanya hambar, tidak enak dan bikin jijik. Ini ditambah lagi dengan hilangnya penciuman. Benda dan makanan apapun seolah-olah tidak ada baunya. Bayangkan bagaimana menontonnya hidup tanpa bau. Kosong. Kita tidak bisa merasakan bau apa-apa. Mengingat hal ini, kini saya jadi senyum-senyum sendiri.

Kondisi saya berangsur pulih ketika saya mulai mau makan nasi. Memang porsi makan saya masih jauh dari porsi normal. Hanya mampu makan nasi sekitar lima-enam sendok makan. Itu pun sudah dipaksa dengan air putih. Tapi itu jauh lebih baik daripada tidak makan apa-apa. “Bagaimana pun, nasi harus dimakan,” kata beberapa teman.

Selama sakit, saya juga mengonsumsi buah-buahan. Jenis buah yang saya makan bisa dihitung, tidak banyak pilihan. Saya misalnya hanya makan nanas, semangka isi kuning, apel dan jamblang (boh jambei kleng). Buah yang terakhir, entah kenapa, saya suka sekali. Saya bahkan sampai beberapa kali ke jembatan Pante Perak untuk membeli buah berwarna hitam pekat ini. Setelah saya mengkonsumsi buah ini, selera makan saya berangsur pulih. Sekarang, ketika sudah sembuh, saya tidak pernah membeli lagi buah hitam ini.

Kini, setelah dua minggu mengurung diri di rumah, kondisi saya sudah jauh lebih baik. Memang, kondisi fisik saya belum kembali seperti semula. Tapi ini jauh lebih baik. Baju yang selama ini kekecilan sudah bisa saya gunakan lagi. Celana banyak yang sudah longgar dan harus diperketat dengan tali pinggang. Saya yakin seiring waktu fisik saya akan kembali seperti sediakala.

IMG_20210811_134816.jpg

Nah, melalui tulisan ini, saya mau mengabarkan bahwa saya sudah pulih kembali, meski saya belum melakukan tes ulang. Pihak Puskesmas pun sudah menyatakan kalau kami (saya dan istri) sudah sembuh dari Covid-19. Terima kasih untuk teman-teman semua yang sudah mendoakan kami. []

Sort:  
 3 years ago 

Alhamdulillah, mohon maaf baru mendengar kabar ini, turut berbahagia atas kesembuhan Anda. Semoga kita semua dijauhkan dari COVID-19 dan embel-embelnya...

Alhamdulillah, setelah 14 hari isoman di rumah, saya sudah sehat kembali.

 3 years ago 

Oh ya, kalau pesan buku "Do'a Orang Gila" dimana, ya? Saya udah nyari di marketplace tapi tokonya udah gak aktif sebulan terakhir.

Alhamdulillah...foto di awal memang terlihat sangat anda begitu lesu, pucat pasi dan seperti hilang semangat hidup...tapi sekali lagi Alhamdulillah, anda sudah sembuh benar dan kembali siap untuk beraktivitas...

Foto pucat nyan wate mantong teungoh saket. Nyoe alhamdulillah ka mulai sehat keulayi.

Oyaya...😁

 3 years ago 

Alhamdulillah, ka puleh teuma... nyan bek that neu mayang sajan ureung positif tapi sengap mantong. sebab na kejadian nyan di Aceh, hasil PCR positif tapi tetap masuk kantor dan menularkan pada semua orang tanpa merasa bersalah sedikitpun.

mudah-mudahan bek terserang lee, virusnya pandai bermutasi soalnya.

Lheuh keunong covid lagee nyoe pasti tanyoe akan leubeh hati2 lom. Lon sampe jinoe hireuen kok bisa lon keunong covid. Rupajih awai positif awak inong lon. Rencana wate toe nyoe neuk jak vaksin sigo

 3 years ago 

nyan lheuh vaksin bek that neu jak keunokeudeh chit enteuk.. saweub rentan sampai keunong vaksin kedua, han jeut hek sagai meubacut

 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah terpilih dalam "Edisi ke #58: 5 Postingan terpilih [11-08-2021]". Kami berharap anda terus konsisten dalam membuat karya yang berkualitas.

Salam Hangat,
Account Manager @steemseacurator

Terima kasih, tulisan saya sudah dipilih. Salam sukses selalu.

Dan semoga sehat-sehat terus bg @acehpungo 💪

Alhamdulillah, semoga makin sehat. Amin

🤲

Kejeut ek keunong Corona roneuh Bang? Ngensoe na neuduk?

Nyan keuh yang hireuen lon, kok bisa keunong covid.

Sang na neu mrmpok bg Andi Lancôk.

Ka trep hana meurumpok ngon Andy. Lon sang keunong dari awak inong lheuh diduek bak socolatte wate uroe raya

Allhamdulillah.. Semoga ini menjadi pelajaran agar kita lebih hati-hati dalam berinteraksi pada masa pandemi ini 🙏🙏

Iya, dengan adanya musibah sakit ini, kita pasti akan lebih berhati-hati lagi.

InsyaAllah bang 🙏

Salam

 3 years ago 

Selamat ya bang @acehpungo.

Semangat terus dimasa pemulihan ini. Saya pernah mengalami jg sampai drop sekali, berat badan turun dan dirawat 15 HR di pinere 😭

#sesama penyintas Covid 19 🤓🤓🤓

Terima kasih ya. Saya sekarang agak berhati-hati dan menerapkan proker dengan ketat. Mengonsumsi buah dan vitamin. Kemarin saya tidak sempat ke Pinere, hanya isoman di rumah.

Semoga ini menjadi pengalaman dan kedepannya agar lebih berhati hati serta selalu mematuhi protokol kesehatan.. Mudah mudahan selamat dan selalu dalam lindungan Allah... Salam hangat steemians

Terima kasih. Semua kita perlu berhati-hati dan menerapkan prokes dengan ketat. Sekarang saya sering pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Tidak enak rasanya sakit :)

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68586.22
ETH 3911.83
USDT 1.00
SBD 3.63