The Diary Game - 9 Juli 2021 : Hujan Panjang, Banjir Pun Datang (50% Reward Didonasikan Kepada @steem.amal)

in Steem SEA3 years ago

50% Reward postingan ini saya donasikan kepada @steem.amal untuk program kemanusiaan Steem For Betterlife

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar sahabat steemian? Semoga kita selalu berada dalam lindungan ALLAH swt dan diberikan rezeki yang berlimpah ruah serta keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Suara adzan shubuh yang berkumandang dari mesjid membangunkan saya yang sedang tertidur pulas. Hujan deras belum juga berhenti sejak tadi malam yang membuat suasana pagi ini sangat dingin dan lembab. Setelah shalat shubuh, saya kembali tidur karena ga tau mau ngapain dalam keadaan hujan deras ini. Saya terbangun lagi pada jam 10 pagi. Hujan pun masih menguyur dan belum ada tanda-tanda akan berhenti. Saya khawatir akan datangnya banjir yang pernah terjadi beberapa tahun yang lalu akibat hujan yang berkepanjangan.

Saya tinggal di daerah keutapang tepatnya di desa garot yang mana terkenal sebagai daerah yang rawan banjir. Dulu daerah kami merupakan daerah langganan banjir tahunan. Namun sejak diperbaikinya tanggul sungai krueng daroy sekitar tahun 2000-an, daerah kami sudah tidak pernah lagi banjir karena saluran drainase yang sudah memadai. Seiring pertumbuhan penduduk dan pembangunan perumahan yang pesat di desa garot, dan buruknya sistem pengawasan pemerintahan membuat saluran drainase menjadi semakin sempit sehingga menyebabkan ketidaklancaran aliran air saat musim hujan dan resiko banjir menjadi lebih besar.

Waktu shalat Jum'at pun tiba, saya pergi ke mesjid dengan berjalan kaki dan menggunakan payung karena hujan belum juga berhenti. Setelah shalat Jum'at, saya makan siang dan ngopi di rumah sambil menunggu hujan yang sudah mulai reda. Setelah hujan reda, saya menghidupkan motor dan aplikasi grab driver untuk mulai bekerja on bid grab. Tidak lama kemudian orderan GrabFood masuk dari KFC keutapang, dan saya pun langsung menuju ke restoran tersebut. Sesampai di resto saya tidak perlu mengantri karena sedang tidak ada orang di antrian. Saya mengambil pesanan makanannya dan langsung mengantarkannya ke pelanggan yang beralamat di Lamlagang. Namun saya harus bekerja sedikit ekstra karena ternyata di komplek ibu itu kebanjiran.

IMG20210709163221.jpg

Namun syukur saja banjirnya tidak begitu dalam sehingga motor saya masih bisa lewat walau harus sangat berhati-hati agar tidak salah ambil jalur dan masuk lubang yang mana dapat berakibat fatal pada sistem kelistrikan motor saya. Si ibu yang memesan makanan pun sangat pengertian dan memberikan tips 30.000 rupiah kepada saya. Semoga si ibu dan keluarganya di lindungi oleh ALLAH swt dari musibah dan juga diberi kesehatan serta kelimpahan rezeki.

Setelah mengantarkan makanan tersebut, saya pergi ke kota untuk mencari orderan. Namun tidak berapa lama kemudian hujan pun turun lagi. Saya sudah siap dengan kondisi hujan seperti ini, saya membawa jaket hujan di motor. Saya memakai jaket hujan dan melanjutkan perjalanan ke kota. Dalam perjalanan, orderan GrabFood lainnya pun masuk dari Jala Cafe yang berlokasi di depan stadion harapan bangsa Lhong Raya, dan saya langsung mengarahkan motor saya menuju ke restoran tersebut. Setelah sampai di restoran, saya menunjukkan aplikasi dan mengambil pesanan makanan sesuai aplikasi. Walau keadaan sedang hujan, saya tetap mengantarkannya ke pelanggan yang beralamat di Peulanggahan. Alhamdulilah saya dapat tips lagi walau tidak besar, namun tetap saya syukuri.

Saya bekerja mengantarkan makanan ke pelanggan grab dalam hujan karena saya menggunakan jaket hujan dan orderan pun tidak putus-putus. Setelah hujan reda dan orderan sedang tidak ada, saya kembali ke rumah di sore hari untuk melihat perkembangan situasi di sekitar rumah, dan ternyata dibeberapa lokasi sudah mulai banjir yaitu di dusun teladan.

IMG20210710123445.jpg

Desa garot memiliki 5 dusun, yang mana saya tinggal di salah satunya yaitu dusun korpri. Syukur alhamdulilah dusun saya masih aman dari banjir. Dusun lainnya juga masih aman dari banjir yaitu dusun indah, dusun melati, dan dusun garot. Walau dusun-dusun ini terpantau masih belum ada genangan air atau banjir, namun masih berpotensi banjir apabila hujan turun lagi.

Keadaan banjir seperti ini bukanlah hal yang baru bagi penduduk desa garot, sehingga tidak ada kepanikan pada penduduk desa. Bagi yang rumahnya terkena banjir, mereka pasti telah menyelamatkan barang-barang mereka sebelum air naik. Dan bagi yang tidak terdampak banjir, sebagian dari mereka ada yang memanfaatkan momen untuk mencari ikan yang biasanya keluar dari sarangnya.

IMG20210710123647.jpg

Saya kembali ke rumah untuk bersiap dan merencanakan mitigasi apabila sewaktu-waktu air terus naik dan masuk ke rumah saya. Walau jarak permukaan air masih sekitar 70 cm lagi dari lantai dasar rumah. Namun tetap aja harus waspada dan mitigasi harus dipersiapkan.

Setelah shalat maghrib dan makan malam, saya keluar lagi untuk lanjutkan kerja on bid grab. Syukur alhamdulilah saya dapat menyelesaikan 4 orderan lagi malam ini sampai dengan jam 10.30 WIB. Lalu saya pulang ke rumah untuk istirahat dan tidur.

Selamat beristirahat untuk seluruh moderator dan delegator Steem SEA yang baik hatinya, terutama untuk @anroja, @ernaerningsih, @nazarul, @herimukti, dan @heriadi, semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH swt. Aamiin ya rabbal'alamin...

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
@acehero

Sort:  
 3 years ago 

Deras sangat hujannya bang, mudahan air cepat surut.

masih hujan sampai sekarang, dan air masih terus naik...

 3 years ago 

😱😱😱 semoga menjadi rahmat bang...

Iya bang, rumah jadi bersih dan suci karena otomatis telah di samak oleh air banjir.

Ambil hikmahnya aja... 😔

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 61812.63
ETH 2432.97
USDT 1.00
SBD 2.63