THE DIARY GAME | SELASA, 27 APRIL 2021 | CERITA DI HARI KE 15 RAMADHANsteemCreated with Sketch.

in Steem SEA3 years ago

Hai sahabat steemian semuanya.

Kembali lagi bersama saya @abunaz03 di platform ini, apa kabar kalian semua? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt dalam menjalankan aktivas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita dengan sahabat stemian semua tentang keseharian saya di pondok pesantren selama bulan ramadhan. Mungkin nantinya bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaklumi karna saya masih pemula dan siap dikritik untuk kebaikan saya kedepannya.

Jam menunjukkan pukul 04:00, suara orang yang membangunkan sahur terdengar dari pengeras suara hampir di setiap meunasah/masjid. Saya langsung bangun dari tidur dan bergegas untuk makan sahur supaya tidak keburu imsak.
Setelah selesai menyantap ala kadar makanan, saya bersantai sejenak sambil menunggu waktu subuh.

Waktu subuh pun tiba tepat pada pukul 05:06, saya langsung mengumandangkan azan di mushalla pesantren. Setelah itu, saya membangunkan teman-teman untuk shalat subuh berjamaah. Selesai shalat, kami lanjut membaca wirid dan zikir sampai selesai.

Sekitaran pukul 07:00, kami diamahkan oleh guru kami untuk membantu memindahkan keramik yang ada di samping kantin ke depan ruang kelas. Nantinya keramik itu akan digunakan untuk pembangunan asrama santri.

20210427_060937.jpg Tgk. Fajar saat mengangkat keramik untuk dipindahkan.

Untuk mempermudah pemindahan, kami membuat barisan dan mengoper satu-satu keramik kepada teman yang disamping. Merasa sudah mulai kelelahan sehingga keramik tersebut tidak habis semuanya kami pindahkan karena keramik pun agak banyak.

20210427_064019.jpg Tampak barisan saat memindahkan keramik.

Setelah itu saya pun beristirahat ditemani dengan kawan yang lagi asyik dengan handponenya.

20210427_074400.jpgKawan yang lagi asyik main handpone.

Pukul 12:30 waktunya untuk shalat zuhur, kami pun melaksanakan shalat zuhur secara berjamah dan dilanjutkan dengan wirid sampai selesai. Untuk mengisi waktu luang dan sambil menunggu waktu ashar, saya membaca beberapa ayat al-qur'an dan mengulang pelajaran.

Pukul 16:00 sudah waktunya ashar, saya langsung menunaikan shalat ashar bersama teman-teman secara berjamaah dan dilanjutkan dengan wirid sampai selesai.

Kira-kira Jam menunjuki pukul 18:30, saya pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan dapur dan membeli takjil untuk menu buka puasa bersama di mushalla dengan guru kami.

20210427_174913.jpgSuasana pasar Meureudu menjelang sore hari.

Seperti biasanya, sambil menunggu waktu berbuka sang guru selalu memberikan nasehat, kata motivasi kepada kami untuk menambah semangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar supaya menjadi orang yang berguna di masa yang akan datang.

Nah, inilah sedikit cerita saya pada hari ini, lebih dan kurang saya mohon maaf.🙏

SEMUA GAMBAR SAYA AMBIL DENGAN SAMSUNG A21S

Salam hangat dari @abunaz03.

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah bersedia membantu saya.

Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @muzack1, @inwi, @steem-indonesia, @puncakbukit, @nazarul, @ikhsan01 dan komunitas Asia Tenggara lainnya.

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66244.62
ETH 3320.00
USDT 1.00
SBD 2.70