THE DIARY GAME | RABU, 28 APRIL 2021 | BELAJAR ILMU FARAIDHsteemCreated with Sketch.

in Steem SEA3 years ago

Hai sahabat steemian semuanya.

Kembali lagi bersama saya @abunaz03 di platform ini, apa kabar kalian semua? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt dalam menjalankan aktivas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita dengan sahabat stemian semua tentang keseharian saya selama bulan ramadhan. Mungkin nantinya bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaklumi karena saya masih pemula dan siap dikritik untuk kebaikan saya kedepannya.

Seperti biasanya, sekitaran pukul 04:00 saya bangun untuk menyantap sedikit makanan sahur ditemani dengan kawan-kawan. Kemudian saat waktu subuh tiba, kami melaksanakan shalat subuh secara berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan wirid sampai selesai. Karena sesuai dengan sabda rasulullah, shalat berjamaah itu pahalanya 27 derajat lebih besar daripada shalat sendiri.

Mentari mulai menyinari bumi, sekitaran pukul 07:00 kami sedikit melakukan gotong royong membersihkan halaman dayah dan membersihkan kamar serta dapur dayah. Setelah selesai, saya pun beristirahat. Ketika hampir memasuki waktu dhuhur, kawan membangunkan saya untuk shalat dhuhur.

Tepat pukul 12: 45 kami melaksanakan shalat dhuhur berjamaah di Mushalla dilanjutkan dengan zikir dan wirid sampai selesai. Sambil mengisi waktu luang, saya membaca beberapa ayat al-qur'an dan mengulang pelajaran yang telah saya pelajari. Setelah itu, kami bergegas berangkat ke Dayah Ummul Ayman III untuk belajar ilmu faraidh yang diasuh langsung oleh Pimpinan Yayasan yaitu Tgk. H. Nuruzzahri Yahya atau yang lebih dikenal dengan panggilan Waled Nu Samalanga.

20210427_155945.jpgMasjid di Komplek Dayah Ummul Ayman III tempat kajian ilmu faraidh.

Pembahasan pada hari ini agak lumayan sulit, materinya tentang Masalah Rad (pembahasan jika si manyit tidak meninggalkan ahli waris seorang pun), pembahasan ini salah satu poin yang sulit untuk dipahami dalam ilmu Faraidh sehingga harus benar-benar fokus dalam menyimak apa yang disampaikan oleh Waled. Pengajian disudahi dengan masuknya waktu ashar, azan pun dikumandangkan dan dilanjutkan dengan shalat ashar berjamaah ditambah dengan wirid sampai selesai.

Azan dikumandangkan pada pukul 20:00 pertanda waktu isya telah tiba. Kami melaksanakan shalat isya secara berjamaah dan dilanjutkan dengan shalat tharawih, dan disudahi dengan shalat witir. Selesai shalat tharawih, kami belajar kitab ushul fiqh yang di asuh oleh Tgk. Busairi Fakhrurazi, keponakan dari pimpinan yayasan Tgk. H. Nuruzzahri Yahya.

20210428_202207.jpgShalat isya dan tharawih berjamaah.

Selesai pengajian, kami nongkrong sejenak sambil mengulang pelajaran yang telah dipelajari tadi, hingga pukul 00:00 kami semua beristirahat.

20210429_015626.jpgNongkrong sejenak sebelum beristirahat.

Nah, inilah sedikit cerita saya pada hari ini, lebih dan kurang saya mohon maaf.🙏

SEMUA GAMBAR SAYA AMBIL DENGAN SAMSUNG A21S

Salam hangat dari @abunaz03.

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah bersedia membantu saya.

Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @muzack1, @inwi, @steem-indonesia, @puncakbukit, @nazarul, @ikhsan01 dan komunitas Asia Tenggara lainnya.

Sort:  
 3 years ago 


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Firyfaiz

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

Terimakasih banyak atas dukungannya🙏

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66244.62
ETH 3320.00
USDT 1.00
SBD 2.70