THE DIARY GAME | JUM'AT, 7 MEI 2021 | KEGIATAN DI HARI JUM'ATsteemCreated with Sketch.

in Steem SEA3 years ago

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai sahabat steemian semuanya.

Kembali lagi bersama saya @abunaz03 di platform ini, apa kabar kalian semua? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cerita dengan sahabat stemian semua tentang keseharian saya selama bulan ramadhan. Mungkin nantinya bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaklumi karena saya masih pemula dan siap dikritik untuk kebaikan saya kedepannya.

Hari jum'at adalah sebaik-baik hari, maka malamnya merupakan sebaik-baik malam dalam setiap minggu. Azan dikumandangkan pada pukul 05:10, menandakan waktu subuh sudah tiba. Saya bergegas ke tempat wudhu untuk berwudhu dan menunaikan shalat subuh berjamaah di Mushalla. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan zikir sampai dengan selesai.

Pukul 08:00, kami semua membersihkan dayah mulai dari halaman depan sampai dengan halaman belakang. Setelah selesai, saya pun beristirahat sejenak, hingga akhirnya saya tertidur karena merasa kelelahan. Sekitaran pukul 12:00, saya sudah bangun dari tidur untuk bersiap-siap pergi ke Masjid guna untuk melaksanakan shalat jum'at secara berjamaah.

Pukul 14:00, sebagaimana biasanya saya mengikuti kajian ilmu faraidh bersama Waled Nu Samalanga. Pengajian diakhiri ketika waktu ashar tiba. Waled memimpin shalat ashar berjamaah dan pembacaan wirid sampai dengan selesai.

Sekitaran pukul 18:00, saya dan kawan sudah mulai mempersiapkan untuk berbuka puasa. Mulai dari menyiapkan takjil, membuat air sirup, dan menghidangkannya ke Mushalla untuk bisa sama-sama disantap ketika waktu berbuka puasa sudah tiba. Setelah selesai berbuka, kami shalat magrib berjamaah dan dilanjutkan dengan shalat isya serta shalat tharawih sampai dengan selesai.

Usai shalat tarawih, saya dan kawan-kawan bergotong royong membantu dayah, ada yang mengecat kamar, ada yang menaikkan pasir dan semen ke lantai dua, dan ada yang mengangkat keramik.

20210505_220448.jpgMengecat kamar santri.

Semua itu kami lakukan supaya besoknya langsung bisa dikerjakan pembangunan kamar santri oleh tukang. Setelah kira-kira cukup, kami semua beristirahat guna untuk melepaskan penat dan mengeringkan keringat.

20210509_222148.jpgAyam yang sudah dipanggang.

Sambil beristirahat, ada sebagian kawan yang memanggang ayam untuk menu makan sahur pada malam ini. Sebagian lagi ada yang menyiapkan air sirup pakai susu. Setelah ayam matang, kami semua menyantap ayam panggang yang rasanya mantap sekali.

20210509_222138.jpgSaatnya menyantap ayam panggang.

Nah, inilah sedikit cerita saya pada hari ini, lebih dan kurang saya mohon maaf.🙏

Wassalamualaikum Wr. Wb.

SEMUA GAMBAR SAYA AMBIL DENGAN SAMSUNG A21S

Salam hangat dari @abunaz03.

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah bersedia membimbing saya.

Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @muzack1, @inwi, @steem-indonesia, @puncakbukit, @nazarul, @ikhsan01 dan komunitas Asia Tenggara lainnya.

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65845.60
ETH 3304.70
USDT 1.00
SBD 2.69