|| Club75 || Acts Of Kindness || Lima Kiat Memperkenalkan Steemit Dalam Aktivitas Sosial ||

in Steem SEA2 years ago (edited)

IMG-20220210-WA0019.jpg
Memperkenalkan Steemit Di Sela-Sela Kegiatan Sosial

Hai teman steemianku

Kali ini aku ingin menulis sesuatu yang berbeda dari bisanya. Apabila biasanya aku memposting tentang catatan perjalan satu hariku yang penuh bersama istri yang sedang sakit dan anak. Kini aku ingin membagikan pengalaman memperkenalkan steemit ketika melakukan survey untuk @steem.amal dalam rangka mendata bantuan masa panik yang dibutuhkan oleh korban rumah terbakar atas nama Muhammad Iqbal dan keluarga yang berdomisili di Desa Tanoh Manyang Kabupaten Aceh Jaya.

Sebenarnya, hari ini adalah hari yang sangat padat bagiku. Semenjak pagi hingga sore aku bergelut dengan pekerjaan, membaca, memeriksa dan mengedit surat-surat. Baru pukul 15.00 WIB seluruh rangkain pekerjaan yang aku kerjakan selesai. Karena itu, aku bersama teman steemianku @nasir.steem dan @malek92 baru bisa menuju lokasi survey dimaksud. Dari sinilah perjalanan memperkenalkan steemit di sela-sela survey korban rumah terbakar itu dimulai.

IMG-20220210-WA0022.jpg
Memeriksa kondisi rumah terbakar

IMG-20220211-WA0000.jpg
Menjelaskan Sumber Donasi Steem.Amal Kepada Korban dan Masyarakat Yang Hadir
Garis Aafadjar.png

Langkah-langkah memperkenalkan steemit Saat Melakukan Kegiatan Sosial

Langkah pertama : Perkenalkan diri, Anggota Tim, Komunitas dan steemit

Mula-mula, aku mengucapkan salam dan memperkenalkan diri. Aku sampaikan kepada korban dan aparatur desa bahwa kami dan tim merupakan relawan @steem.amal. Aku menjelaskan bahwa steem.amal adalah komunitas sosial yang digagas oleh steemian Asia tenggara. Aku katakan, bahwa sumbangan steem.amal berasal dari donasi anggota steem.sea dari penghasilan yang didapat para anggota dari penghargaan karena memposting di media sosial steemit. Aku katakan siapapun yang memiliki minat untuk memposting tulisan, foto, puisi, makanan maupun postingan apa saja dapat bergabung di steemit dan bisa menjadi donatur untuk @steem.amal. Saya menunjukkan beberapa rewards posting saya kepada beberapa orang, sebagai bukti bahwa steemit benar-benar menghasilkan pendapatan.

Langkah Kedua : Wawancarai Korban dan Tunjukkan Rasa Empati

Saya bersama tim melakukan wawancara korban dan mendalami apa yang dirasakannya. Kami menanyakan bagaimana kejadian dan apa-apa saja yang menjadi korban dan apa saja yang masih dibutuhkan. Saya menyampaikan bahwa steem.amal menyatakan rasa bela sungkawa, saya tunjukkan beberapa komentar yang ada di posting assesment awal yang ditulis @nasir.steem kemarin. Saya sampaikan, bahwa kami akan menuliskan hasil wawancara kami di steemit agar mendapat perhatian pimpinan steem.amal. Tak lupa saya sampaikan bahwa segala keputusan ada di pimpinan yaitu bro @anroja dan @el-nailul. Apabila memenuhi standar komunitas tentu akan dibantu.

Langkah Ketiga : Meminta Izin Untuk Mendokumentasikan Dampak Kejadian

Supaya adanya trust dari korban, saya memohon izin kepada korban untuk dapat mendokumentasikan dampak kejadian terbakar rumah yang dialaminya. Saya sampaikan bahwa dokumentasi tersebut merupakan data pendukung bagi kami agar dapat membuat posting hasil survey. Untuk mendokumentasikan, saya meminta korban, aparatur desa dan tim relawan untuk mendampingi.

Langkah Ke-empat : Mengajak Untuk bergabung di steemit

Usai mendokumentasikan dampak kejadian bencana, hal penting yang mesti dilakukan adalah mengajak korban dan aparatur desa untuk bergabung di steemit. Saya memberikan nomor memberikan nomor kontak pribadi untuk menghubungi kami apabila ingin belajar tentang steemit.

Langkah Ke-Lima : Memberikan keyword steemit dan steem.amal untuk pencarian google

Sebelum pamit dan izin setelah melakukan survey, saya menyarankan kepada warga yang ada di lokasi yang ingin mengenal steemit dan steem.amal, silahkan melakukan searching di google dengan kata kunci "steemit" dan "steem amal". Saya katakan, anda boleh mencari steemit maupun steem.amal di google dan ketika anda menemukannya, lalu penasaran, silahkan menghubungi kami. Kami akan membimbing anda menjadi steemian.

Garis Aafadjar.png

IMG-20220210-WA0025.jpg
Perjalanan Pulang Dari Survey Rumah Terbakar

Setelah menyelesaikan langkah kelima dalam proses survey dan memperkenalkan steemit, saya bersama tim pamit untuk kembali ke Calang. Sekarang, waktu hampir magrib dan kami pulang.

Itulah beberapa kiat dan pengalamanku ketika memperkenalkan steemit dalam kegiatan sosial survey korban rumah terbakar untuk steem.amal. Semoga bermanfaat.

My Best Regard
@aafadjar

Sort:  

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.
default.jpg

Semoga melalui program steem.amal, akan semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung di steemit.

20220210_170209933.jpg

👍👍👍

 2 years ago (edited)

Semoga..!!
Ayo bersama-sama terus memperkenalkan steemit disela-sela aktifitas apa saja.
Siapa tau kita bisa mengajak orang untuk bergabung lalu berinvestasi..
#welovesteemit

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 63167.88
ETH 3372.02
USDT 1.00
SBD 2.45