Masa Panen Raya Mangga Gadong

in #fruit5 years ago

image


Nah, ngomong-ngomong soal mangga, anda suka mangga nggak ? Kalau saya suka sekali makan mangga, tapi kalau bicara tentang mangga, saya jadi ingat salah satu orang yang berperan penting dalam hidup saya sedang berulang tahun hari ini. Beliau adalah ibu saya, pecinta mangga.

Selamat ulang tahun Ummi 🎉🎁

Nah, jadi kata ibu saya, beliau itu sangat suka mangga, karena rasanya manis, apalagi pas musimnya. Pilihan jenisnya banyak sekali.


image

Nah, kalau ngomongin mangga, harganya terjangkau juga, ya kan. Dan ini pas sekali, karena di bulan Maret ini adalah musim panen mangga di tempat saya tinggal, Ulee Madon, Kabupaten Aceh Utara.

Inilah kawasan penghasil mangga, memasuki musim panen raya. Seperti di lahan depan rumah saya ini.


image

Setidaknya 1 ton mangga di hasilkan.

Hasil panen sangat tergantung dari pemeliharaan, dan kondisi cuaca, serta bunga mangga keluar.

Hasil panen berlimpah, di ikuti dengan harga jual yang turun.

Jika biasanya perkilogram di jual seharga 15 ribu rupiah, kini turun menjadi 10 ribu rupiah perkilogram.

Mangga saya ini akan memasuki masa panen raya, dan banyak warga setempat datang tak hanya sekedar membeli buah, tapi mereka penasaran dengan cara baru menanam mangga.

Mangga yang masak di pohon ini di petik, lalu di potong tengahnya, setelah itu di putar, mangga siap di makan.


image

Teknik ini pun membuat banyak orang senang. Sementara itu, jika panen sudah tiba, mangga gadong bisa di ekspor hingga Medan, dan ke Lampung. Harga di atas 10 ribu rupiah perkilogram. Mangga gadong ini bisa menopang perekonomian para petani.


image

Spesies nya mangga gadong, tapi ada perlakuan yang di lakukan oleh para petani, karena kultur tanah yang mungkin berbeda dengan daerah lain, kemudian perlakuan pupuk. Ini mungkin berimbang, yang membedakan mangga di sini dengan mangga kualitas gadong yang lain.

Sementara itu para pedagang mangga juga meraup untung, dalam sehari satu pedagang di sepanjang jalan pasar buah Krueng Mane, menjual hingga 40 kilogram mangga.

Harga murah dan rasa yang manis, menarik konsumen yang datang, dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Mangga gadong ini aromanya manis, tapi nggak terlalu harum. Cuma dagingnya enak, lebih empuk.


image

Nah, kalau datang ke Ulee Madon, jangan lewatkan kesempatan menikmati aneka buah mangga ini 😃

Salam Steemian Indonesia 💫

~keep writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

di Indramayu juga banyak kebun mangga. hanya saja sudah ngga musim.

Kalau di sini lagi musim panen mangga, fren 😀

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68244.61
ETH 2640.30
USDT 1.00
SBD 2.69