Cara Membuat Sop Kimlo

in #food6 years ago

Selamat siang sahabat steemit semua, sudah lama sekali saya tidak berbagi apapun di steemit. Sungguh saya sangat merindukan platform ini. Untuk mengawali postingan saya kembali membagikan resep dari dapur saya yaitu Sop Kimlo

20180421_085104.jpg

Siang ini menunya yang bening-bening ajah...
Sebenarnya sih bahannya udah saya stock dirumah beberapa hari lalu.. Cuma yaa begitu sebagai emak-emak yang moodi susah untuk konsisten. Resep sudah banyak saya modifikasi dari empunya resep( ikuti selera keluarga).

SOP KIMLO
Versi @putristeem

BAHAN :
300 gr daging ayam tanpa tulang (rebus, suwir)
2 buah wortel, potong
10 buah bakso dipotong (saya bakso kerikil jd langsung aja)
100gr jamur kuping
kulit kembang tahu
1 batang daun bawang iris2
1 batang seledri
1 bungkus kecil Soun
Air secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (saya skip)
1 buah bawang merah, iris
1 buah tomat kecil

BUMBU HALUS
2 siung bawang putih
2siung bawang merah
1 ruas jahe (-+ 2cm)

Langkah:

  1. Tumis irisan bawang merah dengan sedikit minyak, angkat tiriskan. Masukkan wortel kedalam wajan, masukkan air bersih dan air kaldu sisa rebusan ayam serta bumbu halus. masak hingga wortel setengah matang.

  2. Lalu tambahkan ayam suwir dan bakso, masak hingga kuah mendidih dan masukkan tomat.

  3. Setelah wortel cukup empuk, tambahkan kulit kembang tahu, jamur kuping dan soun, bumbui dengan garam aduk rata, masak hingga soun ngembang, lalu koreksi rasanya sesuaikan dengan selera masing-masing kemudian masukkan daun bawang dan seledri.

20180421_085018.jpg

4.Setelah matang angkat sajikan dengan bawang goreng.

  1. Siap untuk disajikan...

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 61911.99
ETH 2585.89
USDT 1.00
SBD 2.56