Krupuk, The Most Important Cracker In Indonesia (Bilingual)

in food •  2 months ago

Indonesian foods are so variety, in every region we have our own speciality with different spices and cooking methods. But, one thing we have in common, most Indonesian likes to eat krupuk (crackers) to accompany our meals. There are hundreds kind of krupuk throughout Indonesia, and this time I would like to introduce krupuk putih (white crackers) which very popular in Java islands, especially in Bandung, my hometown.

Masakan Indonesia sangat bervariasi, setiap daerah memiliki kekhususannya masing-masing, mulai dari bumbu hingga cara memasaknya. Namun ada satu kesamaan, kebanyakan orang Indonesia suka sekali makan krupuk. Ada ratusan jenis krupuk di seluruh Indonesia dan kali ini saya akan mengajukan tentang kerupuk putih yang sangat popular di pulau Jawa, terutama di kota Bandung.

image

I had a chance to visit one of this krupuk putih home industry near my house. It belongs to my friend, Ceu Kokom, and her family. They have been doing this business for years, and she got this factory as heritage from her parents. They used to make this krupuk from scratch, but now they just fried it and add it with spices since the cost of production in big city, such as Bandung, is too expensive. They bought it from their relatives outside the town, in the village, which make them able to keep the price as low as possible.

Saya berkesempatan mengunjungi sebuah pabrik rumahan pembuat krupuk yang tidak jauh dari rumah saya. Pabrik ini milik seorang kawan bernama Ceu Kokom dan keluarganya. Dia mendapatkan pabrik ini sebagai warisan dari orang tua. Dulu mereka memproduksi krupuk ini dari nol, namun karena biaya produksi di kota Bandung semakin tinggi, kini mereka mengambil krupuk yang belum digoreng dari keluarga mereka yang diproduksi di luar kota untuk bisa menekan harga penjualan.

image

Raw krupuk - Krupuk mentah.

This krupuk needs to have sun dried for a few days before it can be fried perfectly. During the rainy season, they have a machine to heat this krupuk which is good but not as perfect as when its sun dried. After that, they are fried in very hot oil and spiced. When its cold, all are packed in plastic bag and ready to be distributed and sold.

Krupuk ini harus dijemur dulu selama beberapa hari sebelum bisa digoreng secara sempurna. Selama musim hujan, mereka biasa dikeringkan menggunakan mesin, hasilnya bagus juga walaupun tidak sesempurna bila dijemur matahari. Setelah itu, baru digoreng di minyak panas dan diberikan bumbu. Setelah dingin baru dimasukkan ke dalam plastik dan siap diedarkan.

image

The price of this white krupuk is varied between IDR 5,000-10,000 per bag which consist of 10 krupuks. We can find it easily on the market, modern and traditional market, all stores, and restaurants. Usually there are people who also sell krupuk from house to house, and it is easy to sell. People love to eat everything combine with this krupuk, some even can't eat without it.

Harga krupuk putih ini bervariasi antara Rp. 5.000-Rp. 10.000,- per bungkus yang berisi 10 krupuk. Kita bisa mendapatkan nya dengan mudah di pasar-pasar, warung-warung, dan juga penjualan makanan. Malah masih ada penjualan yang berkeliling menjajakan krupuk dari rumah ke rumah, soalnya pasti laku saja. Orang banyak yang suka makan krupuk dan malah banyak yang tidak bisa makan tanpa ditemani krupuk.

image

Visitors from Jakarta and other regions used to buy this particular white krupuk from Bandung. They said it tastes much better and they bought a lot as well to stock. Now, they have more variation, from sodden krupuk to a very spice one and all are easy to sell.

Banyak pelancong dari Jakarta dan kota lainnya yang sering membeli krupuk Jeni's ini dari Bandung. Mereka bilang rasanya lebih enak dan mereka biasanya beli banyak sekalian untuk disimpan. Sekarang ada banyak variasinya, mulai dari yang bantat sampai yang sangat pedas, dan semuanya gampang dijual. Laris manis!

Bandung, 29 August 2018

Warm Regards - Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Kalau di Aceh itu namanya kerupuk 'Reungkan' kak @mariska.lubis. Kerupuk ini sangat di minati bukan saja oleh anak-anak, tetapi nenek kakek yang sudah tak bergigi juga suka makan kerupuk ini. Karena kerupuk ini tidak dikunyah pun larut sendiri di dalam mulut. hehe

Salam kaka

·

Iya, bener... bayi sampai kakek nenek yang sama-sama ompong bisa kunyak kerupuk hahaha...

Jajanan segala zaman, disukai semua tingkat usia.

·

sepakat... murah meriah pula...

Indonesia punya beragam makanan, indonesia dengan hasil alam, dan indonesia punya beragam budaya diseluruh nusantara. I love indonesia 😊

Salam hangat untuk bunda @mariska.lubis

·

Indonesia sangat kaya... salam hangat selalu...

yummy🍴 I love 🥄krupuk😊

·

we love krupuk!

Hai kakak mariska salam santun sukses buat kakak @mariska.lubis

·

salam hangat selalu...

Hallo kak, selamat malam, krupuk nya kelihatan enak sekali, saya sudah lama tidak bisa merasakan lezatnya kerupuk nusantara .

Posted using Partiko Android

·

wah sayang banget... tapi memang krupuk ini kalau nggak ada bikin kangen...

Hallo kak, selamat malam, krupuk nya kelihatan enak sekali, saya sudah lama tidak bisa merasakan lezatnya kerupuk nusantara .

Posted using Partiko Android

Seketika saya ingat film "Si Doel Anak Sekolahan" liat kerupuk ini lho Mbak @mariska.lubis.. Asli ingat itu.. 😂

·

hahaha selalu ada krupuk ya di warung dan meja makan...

·
·

Aslii.. Dan itu ciri khas banget.. 🤣

Ditunggu impor kerupuknya ke Aceh

·

nggak ah, berat! wkwkwkwk

·
·

Gitu ya.. Ok, fine! 🙄

Semoga semuanya cinta dengan produk indonesia , kak mariska lubis, salam sejahtera buat kakak mariska lubis sekses selalu dalam setiap pekerjaan, salam hangat buat @mariska.lubis

·

cinta indonesia ya sama dengan cinta pada diri sendiri... salam hangat selalu...

Krupok memang enak darli masa kesemasa tak lapuk di makan masa.

·

iya sepakat banget.... selalu enak ya...

kebanyakan orang Indonesia tidak afdhol kalau makan tanpa kerupuk

·

Termasuk diriku wkwkwk...

Kita menyebutnya, teu tiasa emam teu aya kerupuk mah asa tiiseun.

Posted using Partiko Android

·

sumuhun pisan teh!

·
·

Salam kenal ya teh @mariska. Lubis

Posted using Partiko Android

Krupuk adalah makanan ringan, yang ajib. Apalagi kalau menikmatinya, sambil nonton pertandingan sepakbola, wuihhh tambah asyik 😃

Sukses selalu mbak @mariska.lubis

·

hahaha lebih ringan daripada kacang ya... nggak akan nyelip di gigi... wkwkwk

·
·

hehe, benar banget mbak

Makanan favorite, selain kelanting...
kalo ke toko Indonesia, pasti ini yang diburu,,..

·

Bagus sekarang sudah ada di luar negeri, jaman saya harus sembunyikan di kolong tempat tidur biar nggak cepat habis! hahaha

Malam kakak
Semoga sehat selalu
Malam ini hadir dengar tema yang unik ya.
Tapi itu sangat menarik, dan saya yakin banyak orang menyukai kerupuk,juga saya salah satunya sebagai salah satu yang hobi makan kerupuk dengan nasi.
Di Aceh kerupuk itu diberi nama (kerupuk rengkan)
Banayk otang menilmati dan menyukainya, saya setuju kalau kerupuk ini sudah mendunia sampai keluar negeri.
Terimakasih kakak
Salam hangat dan sehat selalu buat keluarga ...amin

·

Di aceh kebanyakan krupuknya yang warna merah ya, atau emping sekalian yang enak kalau dari sana...

·
·

Iya sih kak
Tapi ada juga yang putih
Namun kalau emping mah uda jadi ciri khas aceh kakak

Renyah dan gurih...

Saya pikir, ini akan sangat menarik bila dikupas dalam sudut pandang Ekonomi Rakyat...

·

Sepakat... krupuk ini sangat merakyat dan tidak pernah tidak dibeli oleh banyak orang, yang menjadi masalah utama dalam soal krupuk ini adalah kenaikan harga bahan baku, gas, dan minyak goreng...

memang krupuk ini luar biasa gurih. saya sendiri sangat menyukai. apa lagi enak di makan pakek nasi atau mie. tempat saya krupuk ini namanya krupuk udang. @mariska.lubis

·

Krupuk memang enak... kalau di sini krupuk udang itu yang pipih dan oval serta berwarna agak kemerahan,...

Ringan juga renyah-renyah gimanaaaa gitu.. Hahahaa makanan ringan segala rasa dapat mengena dilidah 😀😀😀

·

kriuk kriuk nikmatlah pokoknya hahaha...