First Try Kuah Cue From Aceh, So Tasty!!! (Bilingual)

in food •  18 days ago

Months ago I had a chance to travel to Gerutee, Aceh with some sweet and lovely Steemians. They took me to this restaurant on the way to Gerutee from Banda Aceh to try something that I never tried before. This restaurant is very popular restaurant that sells Kuah Cue, a very unique dishes from a kind of snails called Cue in Aceh language. I know Aceh dishes are yummy, but I was a bit scared in the beginning, though I tried to hide it very much. I was afraid that I would not like it, but well, I didn’t expect it will be very tasty! I love it!

Beberapa bulan lalu saya mendapatkan kesempatan travel ke Gerutee di Aceh bersama beberapa orang steemian yang lucu-lucu dan baik hati. Mereka mengajak saya pergi ke sebuah restoran di pinggir jalan menuju Gerutee dari Banda aceh, untuk memakan sesuatu yang sebelumnya belum pernah saya coba. Restoran itu sangat populer yang menyediakan Kuah Cue, masakan unik dari sejenis keong, yang disebut dengan cue dalam bahasa Aceh. Saya tahu masakan Aceh enak-enak, namun kali ini saya agak ngeri-ngeri juga awalnya, meskipun saya mencoba menutupinya dengan baik. Saya takut saya tidak akan suka, tetapi ternyata enak banget, deh! Saya suka!

image

In Bandung, there is another kind of snails, called Tutut in Sundanese, which are very tasty as well. Tutut habitats’s is at the paddy rice fields and near the river. People used to cook it as spicy soup, just like Kuah Cue without coconut milk. But, it is difficult to find Tutut everyday, we use to have it during Ramadhan month. A lot of people sell Tutut on the street, for snack after the break.

Di Bandung ada sejenis keong lain yang disebut dengan Tutut dalam bahasa Sunda, yang juga sangat lezat. Kalau tutut ini biasanya ada di sekitar sawah dan dengan sungai. Orang-orang di sini biasa memasaknya menjadi kuah yang agak pedas, mirip dengan Kuah Cue tanpa santan. Namun, kita tidak bisa makan Tutut setiap hari, biasanya tutut ini banyak dijual pada saat bulan Ramadhan saja. Ada banyak orang yang menjajakannya di jalan untuk kudapan selepas buka puasa.

image

Kuah Cue is different, we can eat it with rice. They serve it with some potatoes and pumpkin, and the coconut milk with traditional spices really make me want to have more and more. Especially when they also serve their special salty fish, oh my, I could eat a lot! The truth, I miss Kuah Cue at the moment, that is why I am writing about it now. As soon as I go to Aceh, I will definetly will ask someone to take me to that place again. I want to eat Kuah Cue, a lot of Cue!!!

Kuah Cue ini berbeda, kita dapat memakannya dengan nasi. Mereka menyajikannya dengan kentang, labu, dan santan dengan bumbu tradisional yang khas, yang membuat saya ingin lagi dan lagi. Apalagi mereka juga menyajikan ikan asin yang khas, aduh, saya bisa makan banyak! Jujur saja, saya sedang rindu dengan kuah Cue ini, makanya saya menuliskannya saat ini. Pokoknya, kalau ke Aceh lagi, saya mau minta diantar ke sana lagi. Saya mau makan Kuah Cue dengan cue yang banyak!!!

image

I know it is protein and fat, but who cares. Ha! It is ok to have it once in a while, but definetly not everyday. I don’t know how fat I will become if I stay nearby, I might want to eat it again and again. I hope some Aceh restaurant in my hometown, Bandung, will serve this Kuah Cue as well. I am sure plenty of people will love it, but I don’t know if we can get Cue in Bandung. I do believe there is, it just a matter of tradition and culture, perhaps people in Bandung are not familiar with this Cue. I need to find out what it is called in Bandung.

Jelas isinya memang cuma protein dan lemak, tapi siapa yang peduli, deh! Enak! Lagipula tidak masalah bila sekali-kali, tidak setiap hari ini. Saya tidak tahu juga kalau saya tinggal dekat sana, sudah dipastikan saya mau terus. Saya cuma berharap restoran Aceh di Bandung mau menyajikan Kuah Cue ini sebagai salah satu masakan dalam daftar menu. Saya yakin akan banyak orang yang suka, tapi saya tidak tahu bagaimana cara mendapatkan cue di Bandung. Saya yakin pasti ada, hanya soal budaya dan tradisi saja, mungkin orang Bandung tidak terlalu terbiasa dengan cue ini. Saya harus mencari tahu apa sebutan untuk cue di Bandung.

image

Thanks to @kemal13, @levycore, @abduhawab, @cutthara, @orcheva, @fahry, @mubarak, dan @moli for taking me there. You guys are very sweet and lovely, now I cant forget about Kuah Cue, and of course baby Siamang who loves me very much, who thought that I am his mom. Next time, we should go over there again, I am sure that baby Siamang already grown up, but Kuah Cue in that reastaurant should be still very yummy!

Terima kasih banyak kepada @kemal13, @levycore, @abduhawab, @cutthara, @orcheva, @fahry, @mubarak, dan @moli yang mengajak saya ke sana. Kalian memang sangat baik hati, deh, sekarang saya jadi tidak bisa melupakan kuah Cue, dan tentunya bayi Siamang yang cinta banget saya itu1 Lain kali, kita harus ke sana lagi, saya yakin bayi Siamang itu sudah tumbuh menjadi remaja, tetapi Kuah Cue di restoran itu tetap lezat! Ya, kan?!

Bandung, 31 August 2018

Warm Regards – Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Selamat menikmati masaka aceh @mariska.lubis

·

Terima kasih...

Wah kapan ya bisa ke Aceh juga 😂😂
Postingan ini bikin laper malam malam

·

ayo nabung, kita ke Aceh bareng yuk...

Saya merasa bangga sebagai warga Aceh, karena mbak @mariska.lubis sukses mencicipi masakan Aceh. Saya berharap mbak mariska berkunjung lagi ke Aceh, untuk mencoba masakan kuah pliek dan ikan asin kerape😊

·

Kalau plieuk u itu memang enak banget, ikan asin kerape juga sudah cobain dong... Eunak!

·
·

Iya mbak enak banget, saya berharap mbak mariska bisa ke Aceh lagi, saya mau foto bareng sama mbak 😊

Perjalanan yang luar biasa,,saya suka pemandangan di gurutee,, sungguh menakjubkan yang anda lakukan.

·

Gerutee memang cantik banget, saya juga takjub...

·
·

how many times have you been to Aceh?

Mantap,, ada kakak singgah di lhokseumawe?

·

Insyaallah Oktober ini saya ke sana...

Yummy....sensasi radanya pasti ga terlupakan ya mbak @mariska.lubis. apakabar?

·

Alhamdulillah, apa kabar ibu istimewa?

Omaigadddd... Udah rasain Kuah Cue berarti sudah sah ke Aceh Mbak @mariska.lubis.. 😂

·

oh gitu, kalau belum cobain belum ada cap jempol kuah cue-nya yah... hahaha...

·
·

Hahahaha.. Gitulah mbak kira-kira.. 😂

·
·
·

Teh mariska.lubis njan, Nek Nek geuh Aceh hai bro @sammymubarraq, han neupateh neuci mariet bahsa Aceh.. timang 12 pah kira ju.. :p

·
·
·
·

Hahahaha.. Kapanggeh.. Yg beutoi Bang @dilimunanzar?? Ka malee teuh nyoe.. 😂😂😂

Warung kaki kulu memang terkenal, enak sekali masakannya. salam hangat selalu

·

Menurut cerita kawan-kawan ya begitu, dan memang enak banget masakan mereka...

Masakan aceh sangat enak kan @mariska.lubis. salam sukses buat kawan @mariska.lubis

·

Enaklah, saya memang suka masakan Aceh...

@mukhtarilyas, lain lubuk lain ikan padahal isinya sama, casing keong yang berbeda kalau di tanjungpinang namanya gongong mbak @mariska.lubis, tapi kuah cue memang mantap, selamat menikmati.

·

Belum pernah tuh cobain yang di tanjung pinang, harus cobain juga kalau begitu... Terima kasih infonya...

Pernah makan kuah pliek? Itu pun tidak kalah enaknya, pokoknya masakan kami aceh benar-benar eneh,, hehehe

·

Pliek u juara enaknyalah, itu sih nggak usah dibahas lagi hehehe...

Wah luar biasa.. saya sendiri yang asli orang aceh tapi belum pernah mencicipi yang namanya kuah cue 😅

·

Berarti saya orang yang sangat beruntung... wkwkwk...

·
·

Iya benar... maklum saya masih kurang piknik 😢

Kuah yang melegenda apalagi dimasak dengan pliek u alias patarana dan ragam syur di dalamnya. Rasanya khas banget.

·

Iya, memang enak sih ya masakan aceh tuh...

Wowww kakak ku menikbati banget kuah cue gurutee
Pasti pengalaman yang merindukan untuk kembali
Emang enak banget kak
Itu juga merupakan kuah favorit saya kalau mau ke Meulaboeh lewat sana.
Saya yakin di Bandung pasri ada orang Aceh yang membuka warung makan dengan menu ini kok.
Kapan rencana lagi kemari kakak ya !!!
Contek
Salam hangat buat kakak dan keluarga
Sehat selalu pastinya ...amin

·

Sudah nanya, nggak ada yang punya menu ini di Bandung... kalau ada, pasti sudah saya samperin... Insyaallah akhir Oktober saya ke sana lagi... tunggu ya!

·
·

Oc kakak
Oktober menanti
Dalam rangka apa ya kak ?

Kuah Cue ini memang sangat familiar untuk para pelintas barat selatan termasuk saya yang setiap akhir pekan hilir mudik demi anak bini. Sedikit informasi tambahan bahwa lokasi warung makan ini terletak di Kaki Gunung Kulu dan pemilik Warung Makan Kaki Kulu ini bernama Kak Ni, orangnya ramah dan supel sekali dalam memberi pelayanan. Konon kabarnya mantan walikota banda aceh secara rutin memesan Kuah Cue Kak Ni ini. Selain makan di tempat, bisa pula minta dibungkuskan, ini pengalaman saya karena istri minta bungkus.

Posted using Partiko Android

·

Hahaha.... enak banget dirimu, bisa sering mamir ke sana....

·
·

Alhamdulillah rejeki mutasi kesini mbak, kalau dulu di Kepri juga ada sih, tapi bumbunya belum menyentuh hati. Wajar sih karena disana mahal rempah2. Mau dibungkus mbak @mariska.lubis ? Hahaha

Lain kali kalau kakak berkunjung ke aceh jangan lupa mencicipi ade Kak mah dan ade nah mesti sedap punya, saya tahu timphan kakak biasa makan karena ramai kawan kakak orang aceh

·

wah kue itu sudah dari lama saya sudah cobain dong... tapi saya tetap paling suka timphan... hehehe

Kak, kalau sedang makan enak, jangan takut gemuk. Nikmati saja hidangannya. Kalau Kakak takut menghadapi gemuk, biar aku saja yang menghadapinya. :P

·

Biarin ajalah gendut kalau urusan masakan satu ini hahahaha....

·
·

Berarti Kakak penganut azas first thing first. Mantap!

Dear friend join this group and get 40 to 50 upvotes daily. Guaranteed.
https://t.me/joinchat/F5AzkgzQv5FIa3Loj_1hkw

Kalau di Bengkulu namanya liling mbak Mariska

Posted using Partiko Android

·

Oh ada juga ya di Bengkulu... harus cobain juga dong nih...

Kakak tertarik kan sama masakan aceh,,

Pernah makan... Apa.. Yaa... Hmmm.. Ah ga jadi nanya dech.. Katanya juli mau ke Aceh lagi, nih uda september loh.. :p

Wow pasti enak sekali itu masakan jadi pengen nyobak, padahal saya tinggal di Aceh tapih belum pernah pergi ke Banda Aceh maklum enggak ada uang. Hehehe..,,