Nikmati Sensasi Mie Gurita [Kuliner Silampung]

in #food6 years ago (edited)

image

Siapa yang suka makan mie? Biasanya semua suka mie. Makanan mie memang populer di negara kita tercinta ini. Olahannya pun bermacam-macam. Ada mie rebus, mie tek-tek, soto mie, mie goreng, mie caluk, mie balap, mie lidi, gomak dan banyak lagi. Kalau saya suka sekali dengan mie Gomak, khas Batak. Tapi kali ini saya tidak akan cerita tentang mie Gomak. Tentang mie Gomak mungkin akan di ceritakan di edisi lain. Jadi mau cerita mie apa nih? Jeng-jeng... :)

Mie Aceh

Yupsss... Mie Aceh. Salah satu kuliner Aceh yang sudah go nasional ini memang enak di lidah. Dengan bumbu rempah khasnya, mie Aceh tampil dengan cita rasa yang menggoda. Mie Aceh umumnya tersaji dengan berbagai macam rasa atau pilihan lauk. Ada mie udang, mie daging, mie cumi dan mie kepiting. Kita pun bisa memilih apakah mie rebus, mie goreng atau mie goreng basah. Favorit saya tentunya mie kepiting goreng basah. Selain menu tadi, ada menu yang tidak semua bisa di jumpai di setiap kedai mie Aceh, yaitu mie tongkol, mie lobster dan ini dia yang akan saya kulik yaitu Mie Gurita.

Mie Gurita

Dulu saya fikir gurita di Aceh hanya di buat sate gurita. Itu juga ada si pulau Weh - Sabang. Lihat gurita diasinkan juga di kawasan penjualan ikan di Lhok Seudu. Nah, info tentang mie gurita ini baru saya dapatkan kira-kira satu bulan lalu, dari sebuah media yang mengatakan bahwa ada sebuah warung kopi (warkop) yang mempunyai menu mie gurita. Saya pun penasaran dibuatnya :)

Bagi saya makan gurita bukan hal yang aneh. Dulu di Lampung, abang sepupu saya sering melaut dan mendapatkan gurita. Kami selalu di beri dan oleh ibu saya di masak sup kuah asam. Rasanya memang sedap, kenyal- kenyal macam daging. Olahan lainnya kami panggang dan di makan dengan bumbu kecap.

image

Begitu mendengar adanya mie gurita, saya langsung mencari informasi. Duek Pakat Warkop, inilah warkop dengan salah satu food stall nya menjual mie gurita, yaitu Mie Cek Yan.

Mie Gurita Cek Yan - Duek Pakat Warkop

Tidaklah susah mencari warkop ini. Berada di kawasan Pango yang memang banyak terdapat kedai kopi dan kedai makan. Duek Pakat Warkop juga Warkop yang cukup populer.

Waktu itu saya tidak sendiri, saya beramai-ramai dengan kawan yang baru saja selesai dari acara komunitas. Kami pun langsung memesannya.

Juru masak mie Cek Yan bernama Shahrul. Saya pun minta ijin untuk mengganggunya dengan bertanya dan memotret. Ia mengatakan bahwa menu mie gurita ini belum lama. InsyaAllah selalu tersedia. Harga 1 porsi hanya 20k saja. Jika ingin pesan banyak, bisa booking terlebih dahulu.

Pembuatannya layaknya mie Aceh, hanya saja di beri potongan daging Gurita.

image

image


Selamat Menikmati

Rasanya tidak sabar menunggu chef Shahrul memasak. Langkah-langkah pembuatannya saya ikuti dengan seksama. Akhirnya selsai juga. Mie Aceh Gurita terhidang :)

image

image

Terhidang panas-panas memberi tantangan tersendiri untuk memakannya. Rasa ingin segera mencoba terkendala dengan rasa panas. Dengan kesabaran dan sedikit tiupan, saya langsung menikmati mie ini. Daging gurita yang kenyal memberi sensasi tersendiri. Pokoknya Mangat That alias enak sekali.

Lokasi :

MIE CEK YAN - DUEK PAKAT WARKOP
Jl. Prof Ali Hasyimi, Pango
Gampong Lamteh, Banda Aceh
INDONESIA

Mari Makan :)

image

"Lasaklah ... Sebanyak, Sebisa dan Sejauh Mungkin, Karena Hidup Bukan Diam di Satu Tempat"

Kaki Lasak : All About Travel, Photo & Food




Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Husaini Sani
Instagram kaki lasak ucok silampung
Whatsapp +6282166076131

Sort:  

Hey @kakilasak, i see you like food as much as we do,
and we would love to invite you to our Discord server.
On our discord you can find more people that like food and countless other things.
And it is possible to promote yourself. Keep on posting ;)
http://discord.gg/B6CxGGS

I upvoted you please upvote me

Mari makan.
Mana minya?

Bikin lapar saja nih bang @kikilasak ini, ...jdi baper hahaa.. Mantap bang Mantap..


Postingan ini telah dibagikan pada kanal #Bahasa-Indonesia di Curation Collective Discord community, sebuah komunitas untuk kurator, dan akan di-upvote dan di-resteem oleh akun komunitas @C-Squared setelah direview secara manual.
This post was shared in the #Bahasa-Indonesia channel in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63039.96
ETH 2549.01
USDT 1.00
SBD 2.78